Comscore Tracker

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Ranking

Ada 8 kampus negeri dan 1 swasta

Setiap tahunnya, Quacquarelli Symonds (QS) World Rankings merilis peringkat perguruan tinggi, program studi, hingga profesi di berbagai negara. Daftar kampus terbaik di Indonesia tahun 2020 pun sudah dirilis, berikut sembilan perguruan tinggi yang termasuk. Ada kampus impianmu gak?

1. Universitas Indonesia

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankinginstagram.com/febbyrastanty

Meski secara ranking nasional sempat turun di tahun 2019, Universitas Indonesia menduduki peringkat teratas kampus terbaik di Indonesia tahun 2020 versi QS World Rankings.

Perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia ini juga masuk daftar kampus favorut yang selalu ramai peminat. Persaingannya makin ketat dari tahun ke tahun, jumlah pendaftarnya pun meningkat di tiap seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Di bidang ilmu alam, Pendidikan Dokter menjadi program studi yang paling banyak diincar di kampus ini. Sementara di bidang sosial humaniora, Ilmu Hukum dan Manajemen paling ramai peminat.

2. Universitas Gadjah Mada

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankinginstagram.com/ugm.yogyakarta

Posisi kedua kampus terbaik di Indonesia tahun 2020 versi QS World Rankings diduduki oleh Universitas Gadjah Mada. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini juga menduduki peringkat dua perguruan tinggi terbaik versi Ristekdikti.

Gak berbeda jauh dari Universitas Indonesia, Pendidikan Dokter dan Ilmu Hukum menjadi dua program studi terfavorit di Universitas Gadjah Mada.

3. Institut Teknologi Bandung

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingitb.ac.id

Institut Teknologi Bandung yang menduduki peringkat pertama perguruan tinggi terbaik versi Ristekdikti, justru berada di posisi ketiga pada peringkat yang dirilis QS World Rankings.

Kampus yang berlokasi di Bandung ini adalah institut teknik negeri pertama di Indonesia. Selain program studi teknik, ada Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Sekolah Bisnis Manajemen yang gak kalah ramai peminat.

4. Institut Pertanian Bogor

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingipb.ac.id

Posisi keempat diisi oleh Institut Pertanian Bogor. Kampus ini gak hanya fokus pada ilmu-ilmu di bidang pertanian saja, lho. Ada Fakultas Ekonomi dan Manajemen yang juga banyak diminati dan beberapa program studinya sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT.

5. Universitas Airlangga

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingnews.unair.ac.id

Selain menjadi kampus negeri terbaik di Jawa Timur, Universitas Airlangga juga masuk dalam deretan perguruan tinggi favorit di Indonesia. Dibuktikan lewat peringkat yang dirilis QS World Rankings, Universitas Airlangga berada di posisi kelima.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Kampus dan Pertimbangannya, Jangan Salah Daftar

6. Universitas Padjajaran

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingquipper.com

Satu lagi kampus di Jawa Barat yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World Rankings, yaitu Universitas Padjajaran. Pendidikan Dokter dan Ilmu Hukum juga menjadi prodi favorit di kampus ini.

7. Universitas Bina Nusantara

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingbinus.ac.id

Universitas Bina Nusantara menjadi satu-satunya kampus swasta yang masuk jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World Rankings. Gak heran, kampus swasta yang berlokasi di Jakarta ini memang berkualitas dari segi akademik maupun non-akademik. Banyak program studinya juga sudah mengantongi predikat A dari BAN-PT.

8. Universitas Diponegoro

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingkampussaja.com

Universitas Diponegoro yang berlokasi di Semarang menduduki peringkat kedelapan kampus terbaik di Indonesia versi QS World Rankings. Selain Pendidikan Dokter dan Manajemen, prodi yang berkaitan dengan Ilmu Perikanan dan Kelautan juga menjadi favorit di kampus ini.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

9 Kampus Terbaik di Indonesia Tahun 2020 Versi QS World Rankingits.ac.id

Terakhir, di peringkat sembilan ada Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang merupakan institut teknik tertua kedua di Indonesia setelah ITB.

QS World Rankings sebenarnya hanya merilis tujuh peringkat kampus terbaik di Indonesia tahun 2020. Universitas Bina Nusantara, Universitas Diponegoro, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember memiliki perbedaan skor tipis.

Dari sembilan perguruan tinggi di atas ada kampus impianmu gak?

Baca Juga: Daftar 5 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2020, Cek Kampusmu

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya