Comscore Tracker

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!

#IDNTimesLife Membaca hingga berbagi kisah inspiratif

Ada yang punya hobi membaca? Beruntunglah kamu yang gemar membaca, karena susah, lho menumbuhkan minat baca pada diri seseorang apalagi sejak usia dini.

Baca.Rasa.Dengar, sebuah klub buku dan komunitas pembaca, menggelar sebuah festival untuk para pembaca dan masyarakat yang ingin meningkatkan minat baca, setiap akhir pekan di tanggal 17 -31 Juli 2021. Yuk, simak lima keseruan yang bakal kamu dapat jika mengikuti acara ini!

1. Re(ad)volution: Baca.Rasa.Dengar Virtual Festival, dari membaca hingga belajar budaya

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!Re(ad)volution Virtual Festival 2021. (Dok. Baca.Rasa.Dengar)

Komunitas Baca.Rasa.Dengar mempersembahkan Re(ad)volution: Baca.Rasa.Dengar Virtual Festival, sebuah festival yang gak hanya mewadahi minat baca tapi juga membuka peluang untuk belajar banyak hal. Mengingat digelar di tengah pandemik, festival ini dilakukan secara virtual.

Menggandeng para penulis kawakan, akademisi, hingga aktivis budaya di Asia Tenggara, program festival ini membedah berbagai isu penting di masyarakat. Isu-isu ini dibahas melalui kegiatan daring seperti lokakarya, diskusi panel dan sesi berbagi yang terbuka.

2. Menggandeng Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, ada tiga program utama di festival ini

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!Re(ad)volution Virtual Festival 2021. (Dok. Baca.Rasa.Dengar)

Co-founder komunitas Baca.Rasa.Dengar, Aqmarina Andira, mengungkapkan bahwa festival ini gak cuma bertujuan meningkatkan minat baca, tapi juga membaca kritis, serta menginspirasi terciptanya ruang membaca yang aman. Re(ad)volution Virtual Festival 2021 ini didukung oleh Yayasan Rumah Cerita Indonesia, Kedutaan Besar Amerika Serikatdi Indonesia, Infermia Publishing, Heha Production, Opera van Batavia, serta IDN Times sebagai rekan media.

Ada tiga program utama dalam festival ini, yang terinspirasi dari nama komunitas Baca.Rasa.Dengar. Ketiga program ini adalah Program Baca yang fokus pada literasi, Program Rasa yang berhubungan dengan seni, serta Program Dengar yang dikemas dalam sesi diskusi.

3. Ada diskusi tentang perpustakaan untuk penyandang disabilitas pada Program Baca

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!Ilustrasi perpustakaan. (Pixabay.com/StockSnap)

Rangkaian acara Re(ad)volution yang pertama adalah Program Baca. Program ini fokus pada inisiatif membaca dan literasi.

Beberapa sesi dari Program Baca yang bisa diikuti di antaranya adalah:

  • Diskusi panel The Importance of Reading for Parents: diskusi tentang peran orang tua yang membaca dan memupuk kebiasaan membaca secara aktif sejak dini
  • Sesi berbagi Inclusive Library: diskusi tentang upaya aktivis literasi dalam membangun dan mengelola perpustakaan bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Produktivitas dalam Menulis, Kamu Pasti Bisa!

4. Bermain seni peran menggunakan metode kesadaran dalam Program Rasa

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!Ilustrasi video call. (Pexels.com/artem podrez)

Membaca juga berpeluang mengenalkan kita terhadap berbagai budaya dan memberi pengalaman yang menarik. Program Rasa berusaha menjembatani antara wawasan yang didapat dari teks bacaan dengan kesenian dan pengalaman langsung.

Beberapa sesi dari Program Rasa adalah:

  • Lokakarya interaktif Mindfulness Acting: lokakarya seni peran menggunakan metode kesadaran dalam berlakon lewat gestur, ekspresi dan emosi
  • Diskusi panel Indigenous Music: diskusi bersama penggiat komunitas musik tradisi dari Indonesia dan Thailand.

5. Banyak kisah inspiratif di Program Dengar

5 Pengalaman Menarik Ikut Baca.Rasa.Dengar Festival 2021, Seru!Re(ad)volution Virtual Festival 2021. (Dok. Baca.Rasa.Dengar)

Program Dengar mengajak peserta untuk mendengarkan kisah-kisah inspiratif dari para aktivis dan profesional di berbagai bidang. Contoh programnya antara lain:

  • Sesi What We Don’t Talk About When We Talk About Education for Indigenous People: sesi berbagi kisah aktivis pendidikan masyarakat pedalaman dan pentingnya program pendidikan dan literasi yang inklusif
  • Diskusi panel Hidup untuk Bumi atau Bumi untuk Hidup?: diskusi tentang langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk hidup dan merawat bumi dengan berkesadaran dan tanggung jawab.

Berikut tadi lima keseruan yang bakal kamu dapat jika mengikuti Re(ad)volution: Baca.Rasa.Dengar Virtual Festival 2021. Tertarik ikutan? Cari tahu info lengkapnya di sini, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis Buku Harian di Kala Pandemi

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya