Comscore Tracker

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!

Apakah kamu salah satu pendaftarnya?

Pendaftaran SBMPTN 2019 resmi ditutup pada Senin (24/6) lalu. Para pendaftar tinggal menunggu pengumuman hasilnya pada 9 Juli 2019 mendatang. Siapa, nih yang sudah mulai harap-harap cemas?

Tiga perguruan tinggi negeri unggulan, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali dibanjiri peminat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah deretan program studi favorit di tiga universitas unggulan tersebut, lengkap beserta angka peluang lulusnya. Mau tahu?

1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB (STEI)

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Alexander Dummer

Fakultas Teknik Elektro dan Informatika atau lebih dikenal dengan STEI, langganan menjadi prodi paling ramai peminat di ITB tiap penyelenggaraan SBMPTN. Tahun lalu jumlah peminatnya mencapai 4.800 orang.

Melihat daya tampungnya pada SBMPTN 2019 ini yang berjumlah 168 kursi, perkiraan peluang lulusnya sebesar 3,49 persen saja. Wah, ketat banget, ya!

2. Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM)

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Rawpixel

Posisi kedua disusul oleh Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) yang tahun lalu tercatat memiliki 4.147 pendaftar. Sementara itu, daya tampungnya pada SBMPTN 2019 hanya 96 kursi saja. Peluang lulusnya makin kecil nih, perkiraan hanya menyentuh angka 2,3 persen saja.

Baca Juga: 7 Pigura Unik yang Bisa Jadi Ide Dekorasi di Rumah

3. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB (FTMD)

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Anamul Rezwan

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) mengekor di posisi ketiga dengan jumlah pendaftar tahun lalu sebanyak 3.215 orang. Dengan daya tampung 120 orang, prediksi peluang lulus di SBMPTN 2019 ini sebesar 3,73 persen.

4. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB (FTSL)

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Rawpixel

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) punya angka prediksi peluang lulus sedikit lebih besar. Tahun lalu, jumlah pendaftarnya menyentuh angka 2.981 orang.

Jika jumlah peminatnya gak berbeda jauh di SBMPTN 2019 ini, prediksi peluang lulusnya ada di angka 4,56 persen.

5. Fakultas Kedokteran UI

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!spencerandcollier.com

Beralih ke perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia, Fakultas Kedokteran masih jadi pilihan favorit di UI. Tahun lalu saja pendaftarnya mencapai angka 3.955 orang.

Padahal, daya tampungnya di SBMPTN 2019 hanya sebanyak 72 kursi. Maka, prediksi peluang lolosnya sangat kecil, hanya 1,8 persen.

6. Fakultas Hukum UI

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!lawyersweekly.com.au

Di ranah soshum, Fakultas Hukum Universitas Indonesia gak pernah sepi peminat tiap tahunnya. Pada SBMPTN 2018, jumlah pendaftarnya cukup fantastis mencapai angka 4.568.

Melihat daya tampungnya pada SBMPTN 2019 ini yang menyediakan 167 kursi saja bagi calon mahasiswa lolos seleksi, maka peluang kelulusannya hanya sebesar 3,65 persen.

7. Fakultas Psikologi UI

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Buro Millennial

Fakultas Psikologi mengekor di belakang Prodi Hukum dengan jumlah pendaftar sebanyak 4.271 orang pada SBMPTN 2018 lalu. Tahun ini, kuota yang disediakan ada 80 kursi. Prediksi peluang lolosnya gak kalah ketat dari Fakultas Kedokteran, yaitu sebesar 1,9 persen saja.

8. Fakultas Manajemen UI

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!sheerid.com

Prodi soshum lainnya yang menjadi rujukan favorit di UI adalah Manajemen. Tahun ini daya tampungnya sebanyak 84 kursi. Melihat jumlah peminat pada SBMPTN tahun lalu yang berjumlah 3.965 orang, angka peluang lolosnya 2,1 persen saja.

9. Fakultas Kedokteran UGM

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!rawpixel.com/Jira

Satu lagi kampus unggulan yang menghuni peringkat tiga besar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Universitas Gadjah Mada juga dikenal memiliki Fakultas Kedokteran dengan reputasi sangat baik.

Jumlah peminatnya pada SBMPTN 2018 lalu mencapai 4.444 orang. Dengan daya tampung yang hanya dibuka sebanyak 79 kursi, prediksi peluang lulus di SBMPTN 2019 adalah 1,8 persen. Persaingan super ketat!

10. Fakultas Hukum UGM

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!coachdavelive.com

Fakultas Hukum menjadi prodi terfavorit kedua di UGM dengan jumlah pendaftar tahun lalu sebanyak 4.130 orang. Daya tampungnya memang cukup banyak dibanding prodi lain, Fakultas Hukum UGM menyediakan 149 kursi bagi calon mahasiswa yang lolos SBMPTN.

Bermodalkan dua angka tersebut, prediksi peluang lolos SBMPTN 2019 di Fakultas Hukum UGM sebesar 3,6 persen.

11. Fakultas Psikologi UGM

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!unsplash.com/Antenna

Gak kalah ramai dengan Prodi Hukum, Fakultas Psikologi UGM mendapat 3.925 pendaftar di SBMPTN 2018 lalu. Tahun ini daya tampungnya tetap 102 kursi, jadi bisa dihitung angka prediksi kelolosannya sebesar 2,6 persen.

12. Fakultas Manajemen UGM

Prodi Favorit di 3 Universitas Negeri Unggulan, Persaingan Ketat!Pexels/Tirachard Kumtanom

Prodi soshum berikutnya yang selalu banjir peminat di UGM adalah Manajemen. Daya tampungnya pada SBMPTN 2019 hanya 59 kursi, sementara peminatnya tahun lalu mencapai 3.490 orang.

Jika dihitung-hitung, prediksi peluang lolos Fakultas Manajemen UGM di SBMPTN 2019 hanya 1,7 persen. Apakah kamu termasuk salah satu pendaftarnya? Bersiap menghadapi persaingan ketat, ya!

 

Angka peluang lolos di atas hanya sebatas prediksi yang dihitung dengan membandingkan jumlah peminat tahun lalu dengan daya tampung di SBMPTN 2019.

Prediksi kelulusan 2,3 persen dibaca sebagai: ada 2 orang yang berpeluang lolos dari 100 pendaftar. Jika pendaftarnya mencapai 3.000 orang, jumlah peserta yang lolos diprediksikan sekitar 60 orang.

Melihat angka prediksi di atas, kamu jadi makin deg-degan gak, nih? Semoga mendapat hasil yang memuaskan saat pengumuman nanti, ya!

Baca Juga: Tata Cara Melakukan e-Filing Pajak

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Elfida

Just For You