6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Deretan prodi soshum favorit, nih

Peluang kerja setelah lulus menjadi salah satu pertimbangan penting calon mahasiswa saat memilih jurusan kuliah. Hal ini juga bisa dijadikan gambaran singkat tentang apa saja yang akan dipelajari di perkuliahan nanti.

Program studi favorit biasanya memang menjanjikan peluang kerja yang luas. Seperti enam prodi sosial humaniora di bawah ini, banyak pilihan profesi yang bisa ditekuni selepas lulus nanti. Yuk, simak selengkapnya!

1. Ilmu Hukum

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Rawpixel

Siapa bilang Sarjana Hukum cuma bisa jadi hakim dan pengacara saja? Ada banyak peluang kerja yang berkaitan dengan ranah hukum baik secara teori maupun praktik.

Lulusan prodi ilmu hukum banyak dibutuhkan sebagai staf legal di berbagai perusahaan. Hampir semua sektor industri membutuhkan staf legal untuk mengurus surat-surat penting, perjanjian kerja, aset perusahaan, hingga penentuan kebijakan.

Konsultan dan lembaga bantuan hukum juga sangat dibutuhkan saat ini. Kepentingan bisnis maupun pribadi yang berkaitan dengan pasal-pasal pidana atau perdata membutuhkan bantuan seorang konsultan hukum untuk menangani.

2. Manajemen

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Rawpixel

Manajemen bisa dibilang sebagai prodi soshum yang paling luas peluang kerjanya. Prodi ini juga langganan menjadi pilihan favorit para calon mahasiswa di SNMPTN dan SBMPTN.

Kompetensi utama lulusan manajemen adalah memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni. Setiap perusahaan, lembaga, dan sektor bisnis apa pun membutuhkan manajer yang berkualitas untuk mengatur jalannya aktivitas bisnis.

Ada divisi manajemen sumber daya manusia, manajemen risiko, keuangan, hingga pemasaran. Lulusan prodi manajemen punya peluang besar untuk masuk ke sektor-sektor tersebut.

Selain itu, profesi konsultan bisnis dan perbankan juga menarik dijajal. Atau bisa juga menjadi tenaga pengajar, mulai dari guru SMA hingga dosen di fakultas ekonomi.

3. Ilmu Komunikasi

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Kaboompics.com

Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia. Gak heran jika mempelajari ilmu komunikasi secara lebih mendalam membuka kesempatan kerja yang luas bagi lulusannya.

Peluang kerja terbesar ada di ranah media mulai dari reporter, pembawa berita, analis konten, hingga perencana program. Dunia jurnalistik memang lekat kaitannya dengan ilmu komunikasi.

Selain media, lulusan ilmu komunikasi juga bisa menjajal profesi di bidang pemasaran, periklanan, public relation, layanan konsumen, hingga event organizer.

Baca Juga: 5 Fakta Prodi Ilmu Perpustakaan, Kenapa Sepi Peminat ya?

4. Hubungan Internasional

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Tim Gouw

Masih banyak orang yang menganggap prospek kerja lulusan hubungan internasional hanya menjadi staf kedutaan besar saja. Padahal ilmu yang dipelajari sangat luas, lho dan membuka peluang kerja yang beragam.

Lulusan hubungan internasional bisa mengaplikasikan ilmunya di berbagai tingkatan lembaga pemerintahan, badan imigrasi, konsultan politik, hingga dunia jurnalistik.

5. Sastra Inggris

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Porapak Apichodilok

Hapus jauh-jauh anggapan bahwa lulusan sastra pasti menjadi penulis. Peluang kerja prodi yang satu ini juga terbilang luas, lho.

Dunia jurnalistik dan penerbitan membutuhkan kompetensi lulusan sastra sebagai editor, reporter, hingga penulis konten. Apalagi untuk konten dan liputan berbahasa Inggris. Selain itu, profesi tour guide dan penerjemah juga menarik untuk lulusan Sastra Inggris.

6. Administrasi Bisnis

6 Program Studi Sosial Humaniora dengan Peluang Kerja MenjanjikanPexels/Rawpixel

Prodi administrasi bisnis juga termasuk ramai peminat di setiap penyelenggaran seleksi mahasiswa baru. Peluang kerja lulusannya juga cukup luas, karena administrasi bisnis berkaitan dengan pengelolaan sarana prasarana perusahaan.

Di perkantoran, lulusan administrasi bisnis dibutuhkan sebagai staf administrasi, staf HRD, sekretaris divisi, hingga sekretaris eksekutif. Peluang di dunia bisnis juga gak kalah menjanjikan, posisi analis dan konsultan menarik untuk dijajal.

Informasi di atas bisa dijadikan gambaran singkat tentang program studi yang akan diambil. Bisa juga menjadi referensi pilihan pekerjaan setelah lulus bagi kamu yang saat ini sedang menempuh studi di jurusan tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Prodi Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2019, Ada Pilihanmu?

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You