Comscore Tracker

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kos

Jangan sampai ada yang terlewat satu pun ya. Penting!

Bisnis rumah kos rupanya mulai banyak dilirik sebagai bisnis yang menguntungkan. Lihat saja pertumbuhan jumlah rumah kos baru di area sekitar kampus dan perkantoran. Lumayan tinggi juga lho.

Banyaknya pilihan rumah kos dengan berbagai tawaran fasilitas tentu membuatmu para perantau jadi bingung nih mau pilih yang mana. Pilih rumah kos jangan asal murah dan dekat dengan kampus atau tempat kerja saja ya guys!

Banyak sekali pengalaman-pengalaman buruk penghuni rumah kos yang perlu kamu pelajari. Jangan sampai kalian juga mengalami. Nah supaya sedikit tercerahkan, setidaknya 7 hal di bawah ini yang wajib kamu pertimbangkan saat memilih rumah kos.

1. Kebersihan

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Nowshad Arefin

Tinggal di mana saja memang harus memperhatikan kebersihan, termasuk rumah kos. Saat mencari rumah kos, kamu perlu jeli memperhatikan kebersihan rumah tersebut. Utamanya pada bagian kamar mandi dan dapur yang merupakan fasilitas bersama. Kamu tentu tidak ingin bertemu kecoak saat mandi atau bertemu tikus saat memasak kan?

Jangan sampai salah pilih. Kondisi rumah kos yang tidak bersih bisa menjadi bibit penyakit untuk diri sendiri nih. Lebih baik mengantisipasi sejak dini kan, guys. Selain karena sakit menimbulkan biaya pengeluaran ekstra, anak rantau yang sedang jatuh sakit saat jauh dari keluarga juga pasti sedih dan tidak enak rasanya.

2. Ventilasi

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Ana Paula Izurieta

Selain kebersihan, ada dua hal lagi yang perlu kalian perhatikan untuk menunjang kesehatan diri di tanah rantau. Pastikan kamar kos kamu mendapatkan akses cahaya dan udara yang cukup.

Beberapa rumah kos ada yang memang dibangun seadanya tanpa memperhatikan komponen ventilasi. Kamar yang tidak mendapat cukup cahaya tentu cenderung lembab dan bisa berakibat buruk untuk kesehatanmu. Begitu pula dengan kamar yang tidak memiliki akses udara yang cukup, sirkulasi oksigen tentu tidak maksimal hingga dapat mengganggu sistem pernafasanmu.

Bayangkan jika kedua kondisi itu bersatu. Kamar yang lembab dan pengap. Tentu sangat tidak nyaman kan? Apalagi untuk menjadi tempat tinggal selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya. Saat memilih rumah kos, hindari juga rumah kos yang penataan kamarnya berbentuk lorong-lorong panjang. Bentuk kamar yang berada dalam lorong tentu tidak bisa mendapat akses cahaya dan udara yang baik.

3. Kualitas air

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Luis Tosta

Jangan lupa perhatikan kualitas air di rumah kos yang akan kalian pilih ya. Terkadang memang ada beberapa daerah yang terkenal dengan kualitas air yang kotor atau terkenal dengan sumber airnya yang sedikit. Air ini sangat penting sekali untuk kalian perhatikan.

Air yang kotor tentu tidak baik untuk kalian gunakan untuk keperluan mandi, apalagi untuk mencuci dan memasak. Jangan sampai kalian tinggal di rumah kos yang airnya berwarna kecoklatan deh. Apalagi kalau akses airnya sangat terbatas. Keperluan mandi dan mencuci jadi sering terhambat kan?

4. Akses pintu gerbang

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/John Salvino

Kalau kamu anak rantau yang aktif di berbagai organisasi kampus atau pekerja kantoran yang sering harus pulang larut, sebaiknya memperhatikan akses pintu gerbang rumah kos kalian ya. Bukan tanpa alasan, sudah banyak cerita penghuni kos yang terkunci di luar karena pulang larut. Akan lebih baik jika kalian tinggal di rumah kos yang memberikan akses pintu gerbang untuk semua penghuni kos. Pulang larut pun jadi tidak merepotkan lagi.

Tapi kamu juga perlu ingat untuk selalu berhati-hati dalam menyimpan kunci akses rumah kos kalian. Jangan sampai jatuh atau hilang dan ditemukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa berujung pada pencurian juga nih! Jaga baik-baik kunci kalian demi keamanan bersama ya.

5. Keamanan lingkungan

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Warren Wong

Hidup di perantauan memang harus pandai-pandai menjaga diri. Soal keamanan, tentu harus juga menjadi perhatian kalian saat memilih rumah kos. Coba saja lakukan penelitian kecil-kecilan ke orang-orang dekat yang kalian percaya.

Coba tanyakan saja apakah daerah rumah kos yang kamu tuju terkenal dengan berbagai tindak kejahatan, mulai penjambretan, pelecehan, atau pencurian. Kamu juga bisa sedikit melakukan penyelidikan dengan menyusuri lingkungan sekitar rumah kos. Analisalah apakah jalan-jalannya gelap dan sepi serta berpotensi menjadi tempat tindak kejahatan? Hal ini benar-benar penting untuk kalian periksa ya, terutama bagi perempuan.

6. Pusat perdagangan terdekat

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Evan Krause

Jika kamu sedang berada di lingkungan rumah, kamu tentu sudah hafal lokasi pusat perniagaan terdekat dan sangat mudah untuk menemukannya. Lalu bagaimana dengan lingkungan kosmu?

Penting juga lho untuk tahu lokasi-lokasi perniagaan terdekat, seperti toko alat tulis kantor (ATK), jasa foto copy dan pencetakan, warung makan, toko kelontong atau supermarket, jasa bengkel, hingga studio foto. Terkadang saat hidup di perantauan kamu bisa saja mendadak membutuhkan jasa atau barang tertentu.

Nah, itulah pentingnya mengetahui beberapa pusat perniagaan di sekitar rumah kosmu. Biar tidak panik saat kebutuhan mendadak itu datang.

7. Kekuatan sinyal

Catat! Buat yang Baru Merantau, Pertimbangkan 7 Hal Ini Saat Cari Kosunsplash.com/Mia Baker

Hal yang satu ini penting tapi jarang diperhatikan oleh para pencari jasa rumah kos. Ada beberapa pengalaman buruk penghuni kos yang ternyata harus berhadapan dengan buruknya koneksi sinyal operator saat berada di rumah kos. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh lokasi rumah kos yang padat dan bangunan rumah yang tertutup oleh banyaknya kamar kos di dalamnya.

Nah, supaya kamu tidak menyesal, sebaiknya jangan lupa untuk cek kekuatan sinyal kalian ya saat melakukan survei rumah kos. Caranya sederhana saja, masuklah ke dalam rumah kos, jika perlu hingga ke dalam kamar yang akan kalian pilih, lalu lihat tinggi tidaknya indikator sinyal pada layar handphone-mu.

Jangan lupa juga untuk mencoba melakukan kontak telepon dari dalam kamar karena terkadang sinyal yang buruk juga mengakibatkan sambungan telepon cenderung terputus-putus. Satu lagi yang perlu kalian periksa adalah koneksi jaringan internet. Cobalah untuk melakukan browsing, chatting, atau kegiatan lain di handphone kalian yang memang membutuhkan koneksi internet. Analisalah kelancaran jaringan internet kalian ya di dalam kamar kos.

Saat semua kriteria utama ini kamu rasa sudah terpenuhi, artinya faktor kenyamanan sudah bisa kamu temukan di rumah kos pilihanmu. Semoga kamu betah ya!

Dian Lestari Wilianingtyas Photo Community Writer Dian Lestari Wilianingtyas

Numpang nulis buat lepas penat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You