Comscore Tracker

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulan

#EdFunFact Kamu mendaftar salah satu satunya?

Jumat (27/04) ini menjadi hari terkahir pendaftaran SBMPTN 2018 untuk tes tertulis yang dilaksanakan tangga 8 Mei nanti. Setiap peserta memiliki kesempatan memilih 3 program studi, 2 di antaranya harus di PTN yang berada di wilayah ujian.

Dari tahun ke tahun jumlah pendaftar SNMPTN dan SBMPTN terus meningkat. Kursi yang disediakan universitas pun sudah ditambah, tapi belum mampu menaikkan presentase peluang lolos secara signifikan.

Meski begitu, 6 PTN unggulan di bawah ini punya beberapa jurusan yang sepi peminat. Bukan berarti buruk, ini justru kabar baik buat kamu lho! Persentase peluang lolosmu menjadi lebih besar. Coba cek yuk, siapa tahu kamu sudah mendaftar salah satunya.

1. Universitas Gadjah Mada, jurusan Fisika punya peluang hampir 10%

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanecurrent.fit.edu

Di ranah sains dan teknologi, jurusan Fisika memang tergolong sepi peminat. Para pendaftar sudah takut duluan, membayangkan pelajaran fisika yang rumit dan memusingkan seperti saat SMA. Padahal, akan banyak kegiatan seru di laboratorium dan pengetahuan baru yang bisa didapat di dalamnya.

Tahun lalu pendaftar jurusan Fisika UGM hanya 362 orang dengan kuota tahun ini sebanyak 34 kursi. Jika jumlah peminatnya gak banyak berubah, persentase peluang lolosnya masih di angka 10% lho! Jauh lebih besar ketimbang prodi Kedokteran yang peluangnya hanya 1-2%.

2. Universitas Indonesia, melirik Sastra Jawa boleh juga nih!

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanpinterest.com

Kalau kamu menyukai dunia sastra, program studi Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa Universitas Indonesia masih membuka peluang besar. Tahun lalu pendaftarnya hanya berjumlah 301 orang, sementara tahun ini kuota ditambah menjadi 38 kursi. Persentase lolosnya masih di kisaran 13% nih!

3. Universitas Padjajaran, tertarik mempelajari Sastra Rusia gak?

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanpixabay.com/jill111

Masih dari ranah sastra, Universitas Padjajaran yang terkenal selalu ramai pendaftar dari tahun ke tahun menyisakan space agak longgar di jurusan Sastra Rusia. Tahun ini disediakan kursi untuk SBMPTN 2018 sebanyak 30. Dilihat dari pendaftar tahun lalu yang berjumlah 366, peluang lolosnya sekitar 8-9%.

4. Institut Pertanian Bogor, jurusan Fisika masih membuka peluang besar

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanjustscience.in

Sepertinya jurusan Fisika memang banyak ditakuti. Gak cuma UGM, kelas Fisika di Institut Pertanian Bogor juga memberimu peluang lolos cukup besar. Tahun lalu jumlah pendaftarnya 388 orang, sementara kuota tahun ini 30 kursi. Peluangnya masih berada di kisaran 7-8%.

5. Universitas Diponegoro, berminat jadi ahli Sejarah?

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanpixabay.com/Dariusz Sankowski

Siapa nih yang doyan mengungkit-ungkit masa lalu? Jurusan Sejarah cocok buat kamu yang tertarik dengan peristiwa penting, insiden yang monumental, adat kebudayaan, dan tokoh-tokoh berpengaruh. Lewat ilmu ini kamu bisa mempelajari rentetan kisahnya beserta aspek-aspek yang memengaruhi.

Nah, jurusan Sejarah di Universitas Diponegoro menyediakan 35 kursi untuk SBMPTN 2018 ini. Jumlah peminat tahun lalu ada 346 orang, artinya persentase peluang lolos masih cukup besar di kisaran 10%. Gimana, berminat?

6. Universitas Brawijaya, kursi Sastra Cina dan Seni Rupa Murni masih 'longgar'

Peluang Lolos Lebih Besar, Ini Jurusan Sepi Peminat di 6 Kampus Unggulanpixabay.com/James De Mers

Universitas Brawijaya yang berlokasi di Kota Malang juga masuk dalam deretan kampus favorit pendaftar SBMPTN. Di sini ada 2 jurusan yang masih membuka peluang lolos cukup besar, yaitu Sastra Cina dan Seni Rupa Murni.

Untuk Sastra Cina, tahun lalu pendaftarnya berjumlah 236 dengan kuota tahun ini sebanyak 24 kursi. Sementara Seni Rupa Murni membuka 20 kursi dengan jumlah peminat tahun lalu 215 orang. Keduanya punya persentase peluang lolos di kisaran 10-11%. Cukup besar ya?

Dari sederet program studi di atas, adakah salah satunya yang kamu pilih? Meski peluang lolosnya masih cukup besar, kamu jangan sampai lengah ya! Tetap belajar dengan giat agar hasilnya memuaskan. Selamat belajar!

Arthasalina Photo Verified Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya