Comscore Tracker

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullying

Bisa bahaya!

Cyber bullying merupakan salah satu istilah yang merujuk pada tindakan kekerasan melalui internet atau media sosial. Maraknya penggunaan media sosial di zaman yang semakin modern, tampaknya tak menutup kemungkinan jika siapa saja bisa menjadi pelaku maupun korban dari cyber bullying ini sendiri.

Selain itu, sekarang pun sudah banyak sekali orang-orang yang tak kenal takut, malah bersembunyi di balik akun-akun palsu untuk bisa terus menindas dan memberikan komentar jahat pada orang lain. Bukan tanpa alasan, tapi ini lho 5 alasan yang tanpa sadar bisa menjadikan seseorang melakukancyber bullying atau perundungan!

1. Hanya untuk sekadar bersenang-senang dan mencari hiburan

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullyingprofessorshouse.com

Meski awalnya hanya bercanda dan iseng, namun para pelaku cyber bullying biasanya akan terus melakukan serangan jika dirinya bisa merasa terhibur dan merasa puas. Mereka akan merasa terhibur jika melihat seseorang merasa sedih atau menderita karena komentar yang telah diberikannya. Ya, memang terdengar sangat jahat, tapi memang inilah yang biasanya menjadi alasan para pelaku cyber bullying terus melakukan tindak kekerasan di media sosial.

Baca Juga: 6 Film tentang Bullying Ini Wajib Kamu Tonton Sekali Seumur Hidup

2. Tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi pada dirinya sendiri

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullyinghellogiggles.com

Orang yang cenderung minder dan tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi, biasanya adalah sosok yang cukup tertutup dan malu untuk mengakui keberadaan dirinya sendiri. Mereka akan mencari cara untuk melampiaskan rasa percaya dirinya dengan cara melihat serta mencari kekurangan dan kelemahan yang dimiliki oleh orang lain. Hal itu jugalah yang bisa memicu mereka untuk melakukan tindakan kekerasan melalui internet atau media sosial.

3. Tidak adanya bimbingan dari orangtua maupun keluarga

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullyingmummyconstant.com

Jika kita menelisik lebih jauh lagi, para pelaku cyber bullying sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh orang-orang dewasa saja. Anak-anak remaja, bahkan sampai anak di bawah umur pun saat ini juga bisa menjadi salah satu dari pelaku cyber bullying. Oleh sebab itu, bimbingan dari orang tua dan keluarga saat anak sedang bermain gadget ataupun media sosial pun juga harus diawasi dan dibatasi. 

4. Menyalahi aturan dan tidak bijak dalam memakai media sosial

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullyingsafetrac.com.au

Media sosial sebenarnya dibuat untuk bisa menjalin dan menjaga komunikasi antar teman maupun keluarga. Namun saat ini, sudah banyak sekali orang-orang yang menyalahi aturan dan tidak bijak dalam memakai media sosial. Mereka dengan bangga melempar komentar negatif di sana-sini, sehingga dapat memicu dan menimbulkan sebuah kekacaun dan pertengkaran. 

5. Pernah mengalami bullying di dalam kehidupan nyata

5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullyingwatershedcounselingms.com

Mereka para korban bullying di dunia nyata, biasanya akan mencari pelampiasan untuk bisa melampiaskan perasaan marah yang dirasakan, salah satunya dengan cara cyber bullying. Hal ini dikarenakan di dunia maya, anggapannya orang bebas berbicara dan berpendapat, terlebih bila identitas aslinya ditutupi. Itulah yang terkadang membuat mereka berani untuk menumpahkan dan melampiaskan segala kekesalannya dengan cara mencaci maki bahkan menghina orang lain di media sosial. 

Itulah beberapa alasan yang dapat membuat seseorang melakukan cyber bullying. Meski begitu, kamu tetap harus tahu bahwa cyber bullying bukanlah kegiatan yang harus kamu banggakan. Selain tidak terpuji, kalian para pelakunya juga dapat dihukum pidana jika memang telah melewati batas wajar.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, 6 Hal Ini Menandakan Bullying dalam Dunia Kerja

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Elfida

Just For You