Comscore Tracker

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!

Bakal berguna banget tingkatkan skill bahasa Inggrismu!

Saat belajar bahasa Inggris di sekolah pasti kita pernah ditugasi untuk menceritakan rutinitas sehari-hari di depan teman-teman atau sekedar bertukar cerita dengan orang lain yang kita temui. Seringkali kita menceritakan rutinitas tersebut secara eksplisit menggunakan kata kerja (verb).

Ternyata ada cara lain untuk mengekspresikan rutinitas sehari-hari dalam bahasa Inggris dengan lebih natural seperti penutur asli (native speaker) selain menggunakan kata kerja, yaitu menggunakan idiom.

Idiom merupakan ungkapan berupa kata atau frasa yang memiliki makna tidak dapat diartikan per kata atau secara harfiah melainkan bermakna kiasan. Bermanfaat banget bagi kamu yang sedang meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, yuk simak idiom-idiom berikut ini!

1. Cooking Up a Storm

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!asianwiki.com

Bagi sebagian besar orang, memasak merupakan rutinitas harian yang tidak bisa dilewatkan atau ada juga yang menjadikan kegiatan memasak hanya sebagai sebuah hobi bukan rutinitas harian karena padatnya jadwal. Cooking up a storm merupakan idiom yang digunakan untuk mengekspresikan kegiatan memasak banyak makanan. Jangan diartikan per kata karena jika diartikan per kata maka idiom ini memiliki arti memasak badai. Wah, hebat bukan!

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"You should come over to our house for Christmas eve party ! My mom will be cooking up a storm, and we'll watch movie on television."

Artinya, "Kamu harus datang ke rumah kami untuk pesta malam Natal! Ibuku akan memasak banyak makanan, dan kita akan menonton film di televisi."

2. Hit the hay / Hit the sack

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!asianwiki.com

"I'm going to sleep" atau "Saya akan tidur" adalah kalimat bahasa Inggris yang biasa diucapakan saat kamu ingin pergi tidur. Kamu bisa mengganti kalimat tersebut menggunakan idiom "hit the hay" atau "hit the sack" yang juga bermakna pergi tidur. 

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"I have to get up at 4 tomorrow morning. It’s time to hit the hay."

Artinya, "Aku harus bangun jam 4 besok pagi. Sudah waktunya untuk pergi tidur."

3. Spin a yarn

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!scribendi.com

Spin a yarn secara harfiah memiliki makna memutar benang. Namun, dalam idiom bermakna menceritakan sebuah kisah atau mendongeng. Hayoo, siapa yang suka mendongeng atau diceritkan dongeng setiap hari?

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"Kids like to have their grandparents spin a yarn for them."

Artinya, "Anak-anak senang kakek-nenek mereka mendongeng untuk mereka."

Baca Juga: 8 Makna Unik Dibalik Idiom Inggris Berkaitan dengan Bagian Tubuh

4. In touch

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!dramabeans.com

Rutinitas sehari-hari yang pasti tidak pernah terlewatkan adalah berhubungan dengan orang lain baik secara langsung maupun lewat telepon dan media sosial. Nah, idiom in touch ini bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan rutinitas tersebut.

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"My ex-boyfriend and I tried remaining in touch after we broke up."

5. Hit the books

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!sbs.com.au

Hit the books secara harfiah berarti memukul buku, tetapi dalam idiom bermakna belajar dengan giat. So, kamu bisa banget nih menerapkan idiom ini saat berbicara informal untuk menggantikan kata study.

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"You better hit the books if you want to pass your math exam on Wednesday."

Artinya, "Kamu sebaiknya belajar dengan giat jika kamu ingin lulus ujian matematika pada hari Rabu."

6. Me time

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!koreandramaland.com

Berbagai kesibukan yang dijalani setiap hari kadang membuat kita lelah dan jenuh sehingga kita membutuhkan 'me time'. Ungkapan 'me time' ini pasti sudah tidak asing didengar kan? Me time memiliki arti waktu khusus untuk diri sendiri dengan melakukan kegiatan bersantai atau melakukan sesuatu yang kita sukai.

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"Every day, I’m always busy with the kids, but Sunday afternoon is me time. My husband takes them, and I usually go to the mall."

Artinya, "Setiap hari, aku selalu sibuk dengan anak-anak, tetapi hari Minggu sore adalah waktu untukku. Suamiku membawa mereka, dan aku biasanya pergi ke mall."

7. Take the mickey out of (someone)

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!dramabeans.com

Bagi sebagian orang berbuat jahil kepada teman atau keluarga adalah hal menyenangkan yang tak bisa terlewatkan disela-sela menjalani rutinitas sehari-hari. Rutinitas menggelak tawa tersebut bisa kamu ekspresikan dengan idiom take the mickey out of (someone) yang berarti menggoda, mengejek, bercanda atau menertawakan (seseorang atau sesuatu). 

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"She’s our flat mate. We take the mickey out of her all the time, but we love her."

Artinya, "Dia adalah teman tetap kita. Kami menggoda dia sepanjang waktu, tetapi kami mencintainya."

8. Trip the light fantastic

8 Idiom Bahasa Inggris untuk Ekspresikan Rutinitas Sehari-hari, Unik!tasteofcinema.com

Bagi yang menjadikan menari atau berdansa sebagai rutinitas harian maka kamu bisa menggunakan idiom "trip the light fantastic" untuk menggantikan kata kerja "dance". Idiom ini berasal dari sebuah puisi yang ditulis oleh John Milton pada abad ketujuh belas berjudul L'Allegro.

Contoh penggunaan idiom ini, misalnya:

"There’s a live tango group playing tonight. Let’s go and trip the light fantastic!"

Artinya, "Ada siaran langsung grup tango yang bermain malam ini. Ayo pergi dan berdansa!"

Bagaimana, guys? Itu tadi 8 idiom yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan rutinitas sehari-hari dalam bahasa Inggris yang lebih natural dan pastinya anti-mainstream banget. Yuk, sering-sering dipraktikkan biar bahasa Inggrismu makin jago!

Baca Juga: 7 Makna Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Objek Makanan

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya