Comscore Tracker

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!

Pernah dengar istilah "blizzard"?

Bencana alam kerap menjadi perbincangan hangat di berbagai media sosial. Oleh karenanya, bukan hal sulit untuk mendapatkan informasi seputar bencana alam yang terjadi di berbagai belahan dunia.

Tidak hanya diberitakan dengan bahasa di mana bencana itu terjadi, informasi bencana alam yang terjadi di manapun tak luput diberitakan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional agar dapat dipahami oleh masyarakat luas. 

Namun, tahukah kamu dengan istilah-istilah bencana alam dalam bahasa Inggris? Biar gak gagal paham, yuk pelajari sembilan istilah bencana alam berikut ini!

1. Flood

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!Unsplash.com/@chriswebdog

Banjir menjadi salah satu bencana alam yang kerap melanda beberapa daerah di Indonesia bahkan dunia. Peristiwa ini kini menjadi masalah yang semakin kompleks karena terjadi bukan hanya disebabkan oleh faktor alam, melainkan dipengaruhi juga oleh faktor sosial, ekonomi, dan budaya.

Banjir dalam bahasa Inggris disebut flood. Banjir didefinisikan sebagai keadaan di mana suatu daerah atau daratan yang biasanya kering tergenang oleh air dalam jumlah yang besar. 

Contoh penggunaan: After the flood, it took weeks for the water level to go down.

2. Earthquake

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!unsplash.com/@adliwahid

Sebagai salah satu negara yang berada dalam jalur Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), tak heran jika Indonesia kerap dilanda gempa, letusan gunung berapi, hingga tsunami. Gempa bumi adalah getaran yang terjadi akibat pelepasan energi secara tiba-tiba di dalam lempeng bumi atau akibat aktivitas gunung berapi yang menciptakan gelombang seismik.

Dalam bahasa Inggris, gempa bumi disebut earthquake atau dikenal juga dengan istilah quake, tremor, dan temblor.

Contoh kalimat: A large earthquake struck the city of Tokyo in Japan causing many fatalities and injuries.

3. Volcanic eruption

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!Unsplash.com/@marcszeglat

Dikutip dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indonesia memiliki 127 gunung api aktif di mana jumlah tersebut 13% dari total jumlah gunung api aktif di dunia.

Kondisi tersebut berkonsekuensi Indonesia sering ditimpa letusan (erupsi) gunung berapi atau dalam bahasa Inggris disebut volcanic eruption. Letusan gunung berapi sendiri adalah proses keluarnya magma, abu vulkanik, dan gas dari perut bumi ke permukaan bumi. 

Contoh kalimat: The volcanic eruption on Krakatoa had an explosive power equivalent to 20,000 tons of TNT.

4. Tsunami

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!grenadabroadcast.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tsunami adalah gelombang laut dahsyat (gelombang pasang) yang terjadi karena gempa bumi atau letusan gunung api di dasar laut. 

Kata tsunami adalah serapan dari bahasa Jepang, tsu berarti pelabuhan, dan nami berarti gelombang yang secara harfiah berarti ombak besar di pelabuhan. Mulanya istilah ini hanya dikenal dalam bahasa Jepang, namun kini telah mendunia merujuk pada gelombang laut dahsyat yang bersifat merusak. 

Contoh kalimat: We moved to adjacent land with a higher elevation in case there was a tsunami after the earthquake.

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Nama Makanan, Pernah Dengar?

5. Drought

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!pexels.com/@pixabay

Jika banjir terjadi akibat suatu daratan ditimpa air yang berlebih, maka drought bisa diartikan sebagai lawan dari peristiwa banjir. Sudah tahu apa itu drought?

Drought atau dalam bahasa Indonesia disebut kekeringan, merupakan peristiwa yang terjadi jika kekurangan pasokan air yang berkepanjangan, baik kekurangan air di atmosfer (curah hujan di bawah rata-rata), air permukaan atau air tanah.

Banyak orang sering memandang kekeringan bukanlah bencana alam seperti gempa bumi, tornado, atau banjir karena tidak memiliki kemampuan merusak secara langsung, tetapi kekeringan bisa menjadi bencana alam jika terjadi dalam jangka panjang dan berkonsekuensi sangat serius.

Contoh kalimat: The drought has made farmers anxious about the harvest.

6. Tornado

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!Unsplash.com/@noaa

Menurut Cambridge Dictionary, angin topan atau tornado dalam bahasa Inggris dapat diartikan sebagai "a strong, dangerous wind that forms itself into an upside-down spinning cone and is able to destroy buildings as it moves across the ground". Artinya, angin kencang dan berbahaya berbentuk kerucut terbalik yang mampu menghancurkan bangunan-bangunan saat bergerak melintasi permukaan tanah. Tornado juga secara umum dikenal dengan sebutan twister.

Contoh kalimat: In March 1890, a tornado caused great loss in life and property in the city.

7. Hurricane

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!pexels.com/@pixabay

Hurricane atau dalam bahasa Indonesia disebut badai merupakan sistem badai yang berputar di sekitar area bertekanan rendah yang menghasilkan angin kencang dan hujan lebat.

Hurricane juga dikenal dengan istilah cyclone dan typhoon tergantung pada daerah tempat mereka berada yang seluruhnya mengacu pada badai tropis (tropical storm). Di Samudra Atlantik Utara dan Samudra Pasifik Timur Laut lebih dikenal dengan istilah hurricane, sedangkan Pasifik Barat Laut disebut typhoon dan tropical storm di Pasifik Selatan dan Samudra Hindia.

Contoh kalimat: The town was considerably damaged by the great hurricane of the 8th of August 1899.

8. Landslide

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!weatherwizkids.com

Sejak di Sekolah Dasar pasti kamu tidak asing dengan informasi bahwa kerusakan hutan atau penebangan pohon di lereng dan perbukitan dapat menyebabkan bencana tanah longsor.

Dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengartikan tanah longsor dengan istilah landslide. Tanah longsor sendiri terjadi ketika massa batuan, tanah, atau puing bergerak menuruni lereng. Tidak selalu disebabkan oleh pengaruh kerusakan hutan, tanah longsor bisa terjadi akibat hujan lebat, gempa bumi, atau letusan gunung berapi yang dapat memicu pergerakan massa tanah.

Contoh kalimat: In other places, landslide debris was strewn across the road barring the way.

9. Blizzard 

9 Bahasa Inggris Jenis Bencana Alam, Pemula Wajib Tahu!bestlifeonline.com

Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menyebut istilah badai salju dengan snowstorm. Namun untuk jenis badai salju hebat dapat disebut blizzard.

Blizzard adalah badai salju parah yang ditandai oleh angin kencang yang kuat dan berlangsung selama jangka waktu yang lama, biasanya tiga jam atau lebih. Bencana ini biasa terjadi pada daerah beriklim sedang dan kutub atau pegunungan tinggi pada musim dingin.

Contoh kalimat: Blizzard is a snowstorm that traps people in their houses for days.

Nah, itulah beberapa istilah bencana alam dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari. Istilah mana nih yang baru kamu ketahui? Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata 'Dog', Maknanya Beragam!

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya