Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu Ketahui

Biar bahasa Inggrismu makin jago!

"Bagai pinang dibelah dua"

"Ayah bekerja banting tulang demi anak-anaknya"

Pasti kamu sering mendengar jenis kalimat seperti contoh di atas, kan? Kalimat di atas merupakan contoh kalimat menggunakan gaya bahasa majas. Majas adalah penggunaan ragam bahasa yang memiliki makna kiasan untuk menciptakan efek-efek tertentu dalam karya sastra. 

Tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki majas yang dikenal dengan sebutan figure of speech. Figure of speech ini terdiri dari beberapa jenis yang bisa kamu pelajari dan praktikan, terutama bagi kamu yang suka berpidato, membuat atau membaca puisi, maupun membuat karya sastra lainnya agar karya sastramu memiliki efek retoris yang jelas lho! Penasaran apa saja? Check this out!

1. Personification (memberikan sifat manusiawi kepada benda)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@andre furtado

Majas ini digunakan ketika seorang penulis memberi sifat atau kemampuan yang dimiliki manusia atau hewan terhadap benda-benda non-manusia/hewan.

Contoh penggunaan majas ini banyak digunakan dalam lagu atau puisi misalnya:

The flowers nodded.
The snowflakes danced.
The thunder grumbled.
The wind howled.

Kalimat di atas memiliki arti: Bunganya mengangguk. Kepingan salju menari. Guntur menggerutu. Angin melolong.

2. Hyperbole (melebih-lebihkan)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu KetahuiPexels/pixabay

Hyperbole, berasal dari kata Yunani yang berarti "berlebihan," adalah kiasan yang menggunakan kata-kata berlebihan untuk menunjukkan penekanan pada suatu hal tertentu. Makna dalam majas ini tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Majas ini dapat membangkitkan efek emosional, bisa tentang amarah, kebahagiaan, romansa, inspirasi, tawa atau kesedihan.

Contoh hiperbola dapat ditemukan dalam literatur fiksi, atau cocok untuk menulis dan komunikasi kreatif, terutama ketika ingin menambahkan warna ke karakter atau humor ke sebuah cerita.

Contohnya dalam kalimat:

I've told you to clean your room a million times!

Arti kalimat di atas adalah "Saya sudah bilang jutaan kali untuk membersihkan kamar Anda!"  Hihihi..berlebihan sekali bukan? Padahal belum tentu mengatakan perintah tersebut jutaan kali.

3. Irony (menyindir secara halus)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@energepic

Majas ironi digunakan saat ada kontras yang ditandai antara apa yang dikatakan dan apa yang dimaksud, atau antara penampilan dan kenyataan. Dalam kata lain, ironi adalah gaya bahasa bersifat menyindir secara halus.

Misalnya ketika kamu mengatakan betapa asyiknya bekerja padahal kamu sudah lelah bekerja sepanjang hari, seperti kalimat di bawah ini:

"How nice!" she said, when I told her I had to work all weekend.

Baca Juga: 8 Idiom Bahasa Inggris Ungkapkan Rasa Bahagia, Anti Mainstream!

4. Metaphor (perbandingan implisit)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu KetahuiPexels.com/@t4hlil

Metafora adalah kiasan yang membuat perbandingan implisit, tersirat, atau tersembunyi antara dua hal yang tidak terkait, tetapi yang memiliki karakteristik atau sifat serupa. Dengan kata lain, kemiripan dari dua objek yang kontradiktif atau berbeda dibuat berdasarkan pada satu atau beberapa karakteristik umum.

Secara sederhana, majas ini digunakan ketika menggambarkan seseorang, tempat, benda, atau tindakan sebagai sesuatu yang lain, meskipun sebenarnya bukan "sesuatu yang lain".

Misalnya pada contoh ungkapan metafora berikut:

My brother, Shean, is the black sheep of the family

Ungkapan tersebut bukan berarti Shean adalah domba hitam. Namun, perbandingan ini digunakan untuk menggambarkan hubungan kesamaan sifat antara domba hitam dengan Shean, yaitu seekor domba hitam adalah hewan yang biasanya tinggal jauh dari kawanannya, di mana orang yang dideskripsikan memiliki karakteristik yang sama dengan domba hitam karena suka menjauh dari keluarganya.

5. Oxymoron (saling bertentangan)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu KetahuiPexels.com/@elevate

Oxymoron adalah majas yang antar katanya saling bertentangan. Sering disebut sebagai kontradiksi dalam istilah. Seperti perangkat retoris lainnya, oxymoron digunakan untuk berbagai tujuan, seperti digunakan untuk membuat sedikit drama bagi pembaca, terkadang digunakan untuk membuat seseorang berhenti dan berpikir. 

Contoh ungkapan oxymoron dalam bahasa Inggris misalnya:

seriously funny

clearly misunderstood

pretty ugly

definitely maybe

6. Simile (perumpamaan)

Memperkaya Wawasan Bahasa Inggris, 6 Majas Ini Perlu Kamu Ketahuipexels.com/@wildlittlethingsphoto

Simile adalah majas jenis perbandingan antara hal-hal atau objek dengan menggunakan kata as yang berarti sebagai atau like yang berarti seperti. 

Contohnya pada kalimat berikut:

  • They fought like cats and dogs (Mereka berkelahi seperti kucing dan anjing)
  • You were as brave as a lion.(Kamu seberani singa)

Dengan belajar figure of speech alias majas dalam bahasa Inggris gak cuma bikin skill bahasa Inggrismu ter-upgrade tetapi juga bikin semakin kreatif. Masih banyak lagi majas dalam bahasa Inggris yang bisa kamu explore lho. Yuk, cari tahu dan pelajari!

Baca Juga: 7 Makna Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Objek Makanan

Mademoiselle D Photo Community Writer Mademoiselle D

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You