Comscore Tracker

Butuh Nyali Besar Jika Ikut 4 UKM di UGM Ini

Siapkan mental dan fisik kamu ya

Buat anak UGM, perkuliahan di dalam kelas saja tidak cukup. Unit Kegiatan Mahasiswa juga diperlukan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian kita. Ada berbagai jenis UKM yang bisa diikuti sesuai minat kita. Mulai dari bidang olahraga, seni dan kerohanian. Kalian suka menyanyi? Ikut saja UKM paduan suara. Suka menulis, bisa asah minat kalian di Badan Penerbitan Pers Mahasiswa Balairung.

Biasanya setiap tahun ajaran mahasiswa baru, akan diadakan Gelanggang Expo sebagai kegiatan untuk memperkenalkan UKM yang ada di UGM. Tentunya diperlukan pertimbangan saat memilih UKM yang sesuai dengan kita. Nah berikut ini diperlukan keberanian tinggi guna mengikuti empat UKM ini. Yuk kita lihat satu persatu.

Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa)

Butuh Nyali Besar Jika Ikut 4 UKM di UGM Iniinstagram:satmenwaugm

Hampir di setiap perguruan tinggi, pasti terdapat Resimen Mahasiswa atau Menwa. Begitu juga dengan UGM. Adakah diantara kalian yang tertarik mengikuti UKM ini ? Diperlukan keberanian dan disiplin yang tinggi loh. Karena Menwa diharapkan dapat menjadi calon pemimpin bangsa yang bermoral dan berkarakter.

Sebelum resmi mendapatkan baret, para anggota harus mengikuti serangkaian pelatihan selama kurang lebih satu minggu. Kemudian dilanjutkan dengan Pendidikan Dasar atau Diksar yang melibatkan TNI AD sebagai pelatihnya. Tidak hanya laki-laki, kalian para wanita juga bisa loh mengikuti Menwa. Wah boleh dicoba nih oleh kalian anak UGM.

Unit Berkuda

Butuh Nyali Besar Jika Ikut 4 UKM di UGM Iniinstagram:unitberkuda_ugm

Tidak sembarang orang dapat akrab dengan hewan yang satu ini. Makanya perlu keberanian untuk mengikuti UKM berkuda ini. Padahal berkuda dipercaya menyehatkan tulang punggung kita. Keberadaan UKM ini hanya ada beberapa di perguruan tinggi loh. Diperlukan proses seleksi selama beberapa minggu hingga ditentukan siapa saja yang lolos menjadi anggota resminya.

Edelweis, John, Donna adalah beberapa nama kuda yang sering digunakan untuk berlatih para anggota. Setiap tahunnya Unit Berkuda UGM rutin mengikuti berbagai perlombaan.

Mahasiswa Pencinta Alam UGM

Butuh Nyali Besar Jika Ikut 4 UKM di UGM Iniinstagram:mapagama

Latihan yang keras dan disiplin selalu melekat dengan kegiatan pencinta alam. Tak hanya itu, fisik yang sehat juga harus dimiliki. Maka sebagian besar anggota UKM ini, merupakan mereka yang memiliki jiwa petualang dan suka akan tantangan.

Kegiatan pencinta alam di UGM ini terbagi dalam 5 divisi, yaitu Divisi Gunung Hutan, Divisi Panjat Tebing (Rock Climbing), Divisi Penelusuran Gua (Cavina), Divisi Lingkungan, Divisi Olahraga Arus Deras (Orad) dan pada tahun 2017 ini dibuka Divisi Paralayang. Benar-benar menguji adrenalin bukan?

Unit Selam

Butuh Nyali Besar Jika Ikut 4 UKM di UGM Iniinstagram:unitselamUGM

Wah harus jago dong renangnya. Tentu saja karena saat proses seleksi kemampuan kita berenang juga dinilai. Selain itu juga harus mengikuti pelatihan-pelatihan dasar. Berbagai ekspedisi Nusantara bawah laut menjadi kegiatan rutin UKM ini, seru ya. Beberapa waktu lalu, ekspedisi bawah laut dilakukan di Pulau Bali. Berminat untuk bergabung?

 

dwi lestari Photo Community Writer dwi lestari

Masih newbie dalam hal tulis menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You