Comscore Tracker

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal Ini

Ambisi harus diimbangi solusi

Beranjak dari status pelajar menjadi mahasiswa, pasti sangat dinanti-nantikan oleh sebagian besar pelajar SMA/SMK dan Sederajat yang baru saja merayakan kelulusannya beberapa waktu lalu. Apalagi, selama ini mereka sudah sering membayangkan tentang kehidupan perkuliahan idaman versi mereka. 

IDN Times yakin nih, sebagai mahasiswa baru, biasanya kamu akan berambisi penuh di enam hal ini. Berambisilah dengan hal yang positif, dan percayalah, jenjang pendidikanmu akan sesuai dengan harapanmu dan kedua orangtuamu tentunya.

1. Program Regular Class

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniProgram Regular Class di kampus Y.A.I (Dok. Y.AI)

Biasanya dimulai pagi hingga sore hari, program reguler ini sama halnya dengan perkuliahan pada umumnya. Kamu sebagai peserta didik diminta untuk mengikuti program ini secara penuh waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing kampus. 

Hal ini pastinya menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih perkuliahan. Tentu, setiap kampus punya kebijakan yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yakni memastikan peserta didiknya menerima ilmu yang matang.

Baca Juga: 5 Cara Meyakinkan Orangtua Saat Pilih Kampus Impian

2. Program Hybrid Class

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniProgram Hybrid Class di kampus Y.A.I (Dok. Y.AI)

Berbeda dengan poin pertama, program hybrid class mengusung sistem belajar fleksibel dengan berbasis kombinasi online maupun offline. Sistem ini tentunya sangat membantu di masa pandemik seperti ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus. 

Dengan program hybrid class, kamu bisa mendapat kemudahan akses perkuliahan dengan waktu dan mobilitas yang bisa diatur. Selain itu, jika setelah pandemi berakhir kamu menginginkan pembelajaran penuh waktu secara offline (tatap muka), kamu juga dapat beralih di semester selanjutnya ke Regular Class (*syarat dan ketentuan berlaku). 

Kamu bisa merasakan keuntungan ini ketika berkuliah di Y.A.I, yang memudahkan anak didiknya untuk belajar secara efektif dan efisien baik offline maupun online. Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I yang terdiri dari Universitas Persada Indonesia Y.A.I, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I dan Akademi Akuntansi Y.A.I yang sudah berdiri sejak 1972 ini menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional dengan kualitas pendidikan dan pengakuan internasional, lho.

3. Program International Credit Transfer (ICT)

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniProgram International Credit Transfer di kampus Y.A.I (Dok. Y.A.I)

Program International Credit Transfer (ICT) atau disebut dengan Transfer Kredit Internasional merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain. 

Ini merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi derasnya persaingan global dalam berbagai aspek. Mahasiswa Indonesia didorong untuk mendapatkan peningkatan hard skills dan soft skills, perluasan dan penguatan jejaring, serta pemahaman yang lebih baik tentang sosial budaya bangsa asing melalui interaksi dengan mahasiswa dan masyarakat di luar negeri.

4. Kualitas dosen pengajar

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniKualitas dosen pengajar (Dok. Y.A.I)

Terkait hal ini kamu sudah bisa mendapat segala informasi dengan mudah. Di berbagai perguruan tinggi yang kamu tuju, biasanya menyertakan profil dari setiap dosen berdasarkan program studinya masing-masing. Sebelum masuk kuliah, memang mengenal pengajar merupakan salah satu hal penting yang seringkali terlupakan. Jadi, pastikan kamu sudah membekali diri dengan banyak riset terkait kualitas pengajar ini, ya. 

Di Y.A.I sendiri, setiap pengajarnya sudah diakui memiliki kualitas terbaik yang menjamin anak didiknya juga mendapat kualitas pendidikan terbaik juga. Kamu bisa ‘kepoin’ sendiri soal mereka di http://pmb.yai.ac.id ya!

5. Passion yang kamu miliki

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniAktivitas dan lulusan Y.A.I (Dok. Y.A.I)

Masalah passion ini seringkali bikin bingung. Kamu yang masih bingung memilih program studi di perkuliahan, sebaiknya bertanya ke diri sendiri hal atau bidang apa sih yang paling kamu minati? Tentunya, kalau kuliah sesuai dengan passion, proses belajar itu sendiri bakal terasa lebih ringan. 

Untuk membantumu soal program studi ini, sebaiknya kamu memilih kampus yang memiliki berbagai macam program studi seperti Y.A.I yang menawarkan beraneka ragam program studi sesuai dengan kebutuhan. Tinggal pilih yang paling kamu suka, deh!

6. Cita-cita yang ingin kamu raih

Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Biasanya Akan Berambisi di 6 Hal IniKampus Y.A.I (Dok. Y.A.I)

Selain passion, cita-cita tentu menjadi tolak ukur dari usahamu menempuh pendidikan. Biar makin semangat belajar, menentukan cita-cita sejak dini gak kalah penting dari poin lainnya lho. Ingin jadi apa sih kamu saat sudah lulus kuliah nanti? 

Adakah pekerjaan atau hal khusus yang ingin kamu lakukan di masa depan? Buat kamu yang belum menemukan jawabannya, mulailah mencari tahu dengan menanyakan hal-hal tersebut pada diri sendiri, ya. 

Kamu yang sedang mencari tempat perkuliahan, apakah kamu juga berpatok pada berbagai hal di atas? Kalau iya, selain mempertimbangkan semua poin di atas, pilihan kampus yang kamu tuju bisa jadi jembatan untukmu meraih cita-cita di masa depan. Makanya, kamu bisa mulai merakit mimpimu sekarang dengan mendaftar ke Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I (Universitas Persada Indonesia Y.A.I - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I - Akademi Akuntansi Y.A.I). Untuk informasi lengkap soal pendaftarannya, langsung aja ‘kepoin’ http://pmb.yai.ac.id ya! (WEB)

Baca Juga: Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya