Comscore Tracker

Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!

Perhatikan hal-hal berikut ya sebelum memilih kampus

Siapa bilang semua kampus itu sama? Mungkin, kamu belum coba mempertimbangkan empat hal ini di masing-masing kampus deh. Meski kondisi sedang pandemik, bukan berarti kamu gak cari-cari informasi penting ini ya. Percayalah, ini akan membantumu dalam menemukan pendidikan dan karier yang lebih gemilang.

Sudah siap? Yuk, keep scrolling!

1. Akreditasi

Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!Akreditasi kampus Y.A.I (Dok.Y.A.I)

Akreditasi biasanya menjadi pertimbangan utama bagi mahasiswa sebelum memilih sebuah kampus. Gimana gak, akreditasi sendiri berguna sebagai penjamin mutu sebuah perguruan tinggi dan bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil.

Dalam menentukan akreditasi ini sendiri, kamu butuh lebih jeli sekaligus riset untuk mencari kampus mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dalam memilih kampus berdasarkan akreditasinya ini memang terkadang bikin bingung sih, tapi Kampus Y.A.I, sudah terakreditasi oleh BAN-PT yang otomatis membuatmu gak perlu khawatir lagi soal kualitas kampus.

Baca Juga: 3 Tips Cari Kampus Saat Pandemik, Jangan Salah Pilih!

2. Program studi

Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!Program studi di kampus Y.A.I (Dok.Y.A.I)

Gak kalah penting dari poin pertama, program studi juga membedakan satu kampus dengan kampus lainnya. Sebelum menentukan program studi, kamu butuh mencari tahu lebih dulu bakat dan minat yang kamu miliki agar nantinya bisa dikembangkan melalui program studi yang ada.

Ada berbagai program studi di Indonesia yang sekarang sudah semakin luas dan banyak. Mulai dari ilmu komunikasi, psikologi, ekonomi, bisnis, teknik, maupun kelas internasional, kamu bisa memilih sesuai keinginan dan minatmu, ya.

3. Program kuliah dan kerjasama perguruan tinggi luar negeri

Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!Program kuliah di kampus Y.A.I (Dok.Y.A.I)

Selain akreditasi dan program studi, program kuliah dan kerjasama perguruan tinggi luar negeri juga patut dipertimbangkan. Apalagi, sekarang yang sedang masa pandemik memaksa mahasiswa untuk melakukan program kuliah jarak jauh atau online, dan membuat proses belajar mengajar juga jadi serba terbatas.

Tapi, kamu gak perlu khawatir karena Y.A.I memiliki program kelas Internasional yang telah bekerjasama dengan sembilan perguruan tinggi luar negeri, yaitu, Fachhochschule Nordhausen, CPA Australia Ltd, Northern Arizona University, Algebra University College, SIAS International University, San Beda College, Universität Koblenz Landau, Emilio Aguinaldo College, dan Victoria University Melbourne Australia.

Di Y.A.I, kamu bukan hanya mendapat jaminan mutu pengajaran, program studi yang beragam, tapi juga program kuliah yang jelas dengan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri yang berbobot.

4. Pelatihan dan bursa kerja

Kenapa Harus Bingung Pilih Kampus? Ini 4 Cara Tepat untuk Memilihnya!Pelatihan di kampus Y.A.I (Dok.Y.A.I)

Apakah kampus tersebut memiliki pelatihan dan bursa kerja yang menjamin? Pertanyaan ini jangan sampai kamu lupakan saat sedang memilih kampus nanti. Karena kampus merupakan jembatan penting untukmu sebelum masuk ke dunia kerja, pastikan kampus yang kamu pilih menjamin poin ini juga, ya.

Pelatihan dan bursa kerja merupakan poin penting mengingat setelah lulus bisa mempermudah pencarian pekerjaan. Kalau di Y.A.I sendiri, ada Bursa Kerja Online dan TLC Y.A.I atau Training Learning Center yang pastinya akan memudahkan mahasiswa dalam program magang maupun bersaing di lapangan pekerjaan saat sudah lulus nanti.

Itu dia tadi empat poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sebuah kampus. Selain dari poin-poin di atas, tentunya jangan lupakan juga untuk mempertimbangkan masalah lokasi, biaya studi atau lingkungan sosialnya juga, ya.

Kalau di Lembaga Pendidikan Tinggi Y.A.I, kamu bisa dijamin memiliki mutu pengajaran yang baik dengan program studi dan visi yang jelas untuk masa depanmu nanti. Kamu bisa kok menghubungi call center 021-3916000 atau 0878-5333-1972 (WhatsApp/telepon) atau mendaftarkan diri secara langsung maupun online di http://pmb.yai.ac.id ya! (WEB)

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Mengikuti Organisasi di Kampus

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya