Comscore Tracker

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu Kamu

Banyak membuka kesempatan lho

Fase menganggur setelah kuliah adalah fase neraka bagi setiap orang, ya nggak? Apalagi ketika lihat teman-teman satu angkatan sudah berhasil diterima kerja atau mulai membangun bisnisnya sendiri. Nah, supaya kamu nggak merasa tertekan karena hal itu, sebaiknya jalani beberapa aktivitas positif yang bisa mengisi waktu. Penasaran 'kan apa saja?

Ini dia 5 kegiatan pengisi waktu setelah lulus kuliah. Pasti bikin CV kamu lebih bersinar!

1. Magang di kantor yang kamu kagumi

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu KamuShutterstock/fizkes

Baru lulus kuliah langsung ingin gaji di atas 8 juta rupiah? Ya sah-sah saja sih sebenarnya. Hanya saja, jika memungkinkan, memperbanyak pengalaman itu lebih baik daripada memperbanyak harta bagi lulusan baru. Sebab, pengalaman kerja dapat membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih profesional dan kompeten. Makanya, setelah lulus kuliah kamu bisa ambil magang di kantor-kantor yang kamu kagumi. Entah itu di startup, perusahaan multinasional, atau pun di pemerintahan. Apa pun asalkan kamu bisa berkembang di dalamnya.

2. Ambil kursus-kursus peningkatan skill

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu KamuShutterstock/Pressmaster

Mungkin selama kuliah kamu terlalu banyak membahas teori dan asas, sehingga belum banyak kesempatan untuk mengasah skill. Nah, supaya kamu paham teori dan praktik, coba yuk ambil kursus-kursus untuk peningkatan skill. Selain skill yang berkaitan dengan perkuliahan, kamu juga bisa ambil kursus lain yang nggak berhubungan sama sekali lho. Misalnya, kamu kuliah hukum, lalu mau ambil kursus manajemen, tentu nggak masalah. Malah bisa bikin CV kamu semakin kaya.

3. Ikutan organisasi untuk asah soft skill dan tambah relasi

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu KamuShutterstock/Chaay_Tee

Jika kamu selama kuliah nggak mau ikutan organisasi, wah sayang banget lho! Soalnya, organisasi ini adalah wadah untuk kamu mengasah soft-skill sekaligus tambah relasi. Tapi jika sudah terlanjur, ya setelah lulus pun nggak apa-apa karena banyak banget organisasi non-profit yang bisa kamu ikuti. Siapa tahu, organisasi ini bisa membuka kesempatan-kesempatan baru untukmu. Mungkin juga kamu bertemu jodohmu di sini, siapa tahu ‘kan?

4. Datang ke summit atau seminar untuk tambah insights

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu KamuIDN Times/Karsa Adiguna

Setelah lulus kuliah kamu butuh insight banyak tentang bagaimana dunia nyata. Kalau kamu hanya berkutat di rumah, maka sulit untuk mengetahuinya. Makanya, sering-sering datang ke summit, seminar, atau konferensi itu penting banget lho. Salah satunya seperti Indonesia Millennial Summit yang sudah dua kali diadakan oleh IDN Times. Di dalam acara akbar ini, banyak tokoh-tokoh industri dan pemerintahan yang menyampaikan ragam gagasan tentang bagaimana kita sebagai millennial dan Gen Z bisa berperan lebih untuk negara, sekaligus membahas bagaimana Indonesia kedepannya.

Salah satu contohnya seperti dalam sesi Effect of Industry 4.0 on Tourism di panggung Visionary Leaders yang menghadirkan Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, George Hendrata selaku CEO Tiket.com, dan juga Juan Jose Guemes selaku Chairman of the Entrepreneurship & Innovation Center IE University. 

Selain membahas tentang bagaimana cara memajukan industri pariwisata Indonesia, ada satu hal menarik yang disampaikan dalam sesi ini, yaitu adanya program beasiswa summer school yang diberikan oleh IE University.

5. Berangkat summer school ke luar negeri, berani?

Sudah Lulus Tapi Belum Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Bantu Kamuie.edu

Menyambung poin di atas, berangkat summer school ke luar negeri untuk mengisi masa setelah lulus kuliah itu juga bagus lho. Namun, karena terbatasnya informasi terkadang membuat orang-orang kurang aware dengan adanya kesempatan-kesempatan summer school ke luar negeri.

Salah satu kesempatan summer school ke luar negeri ini adalah dengan mengikuti kompetisi #KreatifMenghasilkan yang diadakan oleh IE University dan IDN Media. Dalam kompetisi yang berjalan sejak tanggal 20 Januari hingga 8 Februari 2020 ini telah terpilih dua orang pemenang dengan ide terbaik. Penasaran siapa saja? Ini dia para pemenangnya!

  • Kharolin Hilda Amazona; dan
  • Ranitya Nurlita

Berkat ide kreatif yang di-submit dalam kompetisi #KreatifMenghasilkan, mereka berhak mendapatkan hadiah berupa beasiswa summer school di IE University Madrid. Wah, keren banget! Buat kamu yang belum berhasil keluar menjadi pemenang jangan patah arang ya, karena IE University juga punya program-program menarik lainnya.

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya