Comscore Tracker

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online 

Lebih banyak suka atau dukanya, guys?

Wahai kaum millennial, masih sehat dan semangat nggak nih menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) alias belajar online? Stop, jangan ngeluh ya! IDN Times tahu banget nih kamu udah mulai bosan, malas, dan nggak semangat. Tapi ingat guys, semua pengorbanan yang kamu lakukan saat ini, pasti ada hasilnya kok buat masa depanmu.

Nah, kali ini IDN Times bakal ajak kamu refreshing sejenak nih. Bener nggak sih kamu merasakan hal-hal ini saat menjalani belajar online, cek bareng yuk!

1. Semakin banyak tugas yang harus dikerjakan

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online Shutterstock/Anatta_Tan

Sudah berapa banyak sih tugas yang sudah kamu kerjakan selama belajar online? Pasti hampir nggak kehitung jumlahnya ya. Para guru memberikan banyak tugas bukan tanpa alasan lho, sebab ada keterbatasan waktu dan jarak ketika belajar via online. Kamu juga harus bisa memaklumi ya. Jadi, solusinya, yuk mulai kerjakan tugasmu satu per satu. Yakin deh nanti juga bakal selesai kok, semangat!

2. Belajar jadi lebih santai, bisa sambil makan camilan

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online Shutterstock/Dejan Dundjerski

Masih ingat nggak sih ketika kamu belajar di kelas, sering merasa bosan, nggak boleh makan camilan, ngantuk, dan banyak godaan lainnya. Nah, saat ini kamu bisa rasakan kondisi yang berbeda nih. Kamu bisa belajar lebih santai, bebas makan camilan, bahkan rebahan! Kenikmatan belajar online ini, harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya ya.

3. Harus online terus, jadi boros kuota deh

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online Shutterstock/Arsenii Palivoda

Memang belajar online itu ada enaknya sih, tapi ada sisi nggak enaknya juga nih guys. Kamu harus selalu online terus, wajib ikut kelas, mengerjakan tugas, sampai cari hiburan saat bosan melanda. Semua itu pasti butuh kuota yang banyak ya, jadi makin boros deh. Apalagi semenjak kamu belajar online, uang saku jadi makin berkurang ya.

Eits, tapi kamu jangan sedih ya, IDN Times bakal kasih tahu kamu solusi biar kamu tetap bisa belajar online tanpa terbebani kuota. Caranya, kamu bisa pakai Kuota Belajar 45GB yang terdiri dari 35GB kuota belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 10GB kuota belajar dari Telkomsel. 

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online IDN Times/Telkomsel

Nah, sebelum memakai Kuota Belajar 45GB ini, kamu wajib pakai nomor Telkomsel dan mendaftarkan nomor ke sekolah atau kampus ya. Gampang banget ya caranya guys! Oh iya, dengan Kuota Belajar 45GB, kamu juga bebas akses ke aplikasi video conference  portal e-learning yang lengkap banget lho. 

Kalau kamu belum memakai nomor Telkomsel, kamu dapat mendaftarkan sekolah atau kampusmu lebih dulu di tsel.me/perdanabelajar. Untuk informasi lebih detailnya, kamu bisa langsung klik di sini ya! Wah, ini sih jadi bikin kamu makin semangat belajar online!

4. Bisa mengerjakan ujian dengan santai

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online Shutterstock/Evgeny Atamanenko

Siapa hayo, yang suka deg-degan kalau lagi pas mau ulangan atau ujian? Hampir semua pelajar pasti pernah alami hal itu ya. Eits, tapi kali ini kamu bisa rasakan ujian dengan sensasi yang beda nih, alias santai. Kamu bisa mengerjakan ujian dengan lebih tenang juga nih, bahkan kamu juga bisa ikut ujian susulan. Tapi, meskipun santai, jangan anggap remeh ujian ya!

5. Nggak bisa merasakan wisuda kelulusan

Suka-Duka Millennial Saat Menjalani Belajar Online bbt.ac

Masih ingat dong, sama wisuda kelulusan online yang diadakan dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi yang sempat bikin galau angkatan tahun 2020. Bahkan di Jepang, wisuda kelulusan ini sempat dilakukan dengan diwakili oleh robot. Meski kamu nggak bisa rasakan wisuda kelulusan pada umumnya, momen wisuda kelulusan online ini bakalan jadi memori yang tak terlupakan seumur hidup. Bahkan bisa jadi bahan cerita saat kamu tua nanti.

Nah, setelah baca lima poin di atas, kamu lebih banyak sukanya atau dukanya nih? Tapi, IDN Times yakin sih, millennial seperti kamu bisa belajar dimanapun, kapanpun, dan dengan kondisi apapun!

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya