Comscore Tracker

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggur

Salah satu fase terberat hidup

Sejak dari kelas 3 SMA banyak dari kita sudah harus menentukan akan melanjutkan kuliah dimana dan mempersiapkan segala hal agar bisa diterima di kampus pilihan. Sudah pasti kampus yang paling banyak diminati adalah kampus yang kredibel dan banyak dari lulusan kampus itu yang menjadi tokoh berpengaruh.

Bukan tanpa alasan, kuliah di universitas ternama bisa memberi kebanggan tesendiri karena status 'kampus ternama' yang melekat serta tingkat kesulitan untuk bisa diterima di perguruan tinggi tersebut. Selain itu, banyaknya lulusan yang punya jabatan strategis semakin menambah keyakinan bahwa kuliah di kampus tersebut bisa mengantarkan kita pada kesuksesan.

Setelah berusaha keras dan bersaing dengan puluhan ribu pendaftar lainnya, akhirnya kamu yang beruntung diterima di kampus ini. Perasaan bahagia pasti menyelimuti hari-harimu selama merantau. Empat tahun berlalu dan kamu dinyatakan lulus dari 'kampus ternama' ini. Lowongan pekerjaan yang terbuka lebar, bekerja di perusahaan ternama, serta gaji yang besar pasti pernah kamu bayangkan.

Tapi kenyataannya memiliki pekerjaan impian memang tidak mudah. Sebagai lulusannya, kamu pasti merasakan 8 hal ini ketika belum punya pekerjaan padahal menyandang status 'alumni kampus ternama'.

1. Menyalahkan jurusan yang telah kamu ambil

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurparentingsquad.com

Tiap ada lowongan kerja, ternyata jurusan yang kamu ambil nggak memenuhi kualifikasi. Sebaliknya, ada jurusan tertentu yang sering banget dibutuhkan perusahaan. Kamu langsung merasa dulu ambil jurusan asal-asalan yang penting bisa diterima di kampus itu. Setelah lulus kamu punya keyakinan bahwa jurusan sama pentingnya dengan almamater.

2. Merasa kuliahmu nggak berimbang

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi NganggurGlobalyoungvoices.com

Pasti pernah ada perasaan walaupun IPK kamu tinggi kamu sulit dapat kerja karena kurang pengalaman organisasi atau jadi volunteer. Sebaliknya, kamu yang aktif organisasi tapi dapat IPK pas-pasan juga sadar kalau dengan begitu malah kamu dipandang nggak bisa memanajemen waktu dengan baik oleh HRD. Kamu baru sadar pentingnya IPK waktu perusahaan yang kamu lamar mensyaratkan IPK tertentu yang nggak bisa kamu raih.

3. Malas ketemu orang-orang karena capek kasih jawaban pas ditanya sekarang kerja dimana

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurorensteinsolutions.com

Setelah pertanyaan 'kapan lulus?' berhasil kamu lewati, giliran pertanyaan 'kerja dimana?' jadi momok menakutkan buatmu. Rasanya capek dapat pertanyaan gitu-gitu aja tiap ketemu. Padahal nggak perlu ditanya kamu juga udah berusaha mencari info dan melamar pekerjaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswa

4. Pertanyaan 'lulusan kampus bagus masa belum dapet kerja?' rasanya bikin makin capek

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurtodaysparent.com

Banyaknya alumni yang menjadi orang penting bahkan punya jabatan strategis di suatu perusahaan besar lantas membuat orang-orang berpikir kalau setelah lulus hidup kamu akan terjamin. Masuk BUMN, pegang jabatan strategis, gaji besar, bahkan sebelum lulus sudah mendapat tawaran pekerjaan, itu mungkin hal-hal yang dipikirkan orang-orang tentang alumni kampus mu.

Padahal nggak peduli siapapun kamu, entah alumni PTN bagus atau nggak terkenal sekalipun, kamu tetap harus bersaing dan berusaha keras untuk mendapat pekerjaan. Jarang sekali mereka memahami alumni yang saat ini punya jabatan tinggi, dulunya juga pernah memulai dari bawah dan berusaha keras sampai akhirnya bisa menjadi seperti apa yang orang-orang lihat.

5. Kamu merasa menikah bisa jadi solusi untuk masalahmu

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurunsplash.com/Ivan Cabañas

Kalau dulu waktu maba kamu sering bilang 'pengen nikah aja' pas capek ngerjain tugas kuliah, setelah lulus kamu bisa bilang 'pengen nikah aja' dengan lebih mantap.
Saking capeknya kirim CV, ikut seleksi dari psikotes, interview, sampai medical checkup, tapi nggak lolos lolos akhirnya kamu para cewek mikir nikah kayaknya asyik karena kamu nggak perlu pusing cari nafkah buat diri sendiri.

6. Nyesel nggak kerja part time waktu kuliah

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurmonster.com

Kalau dulu kamu sering kasihan melihat teman kamu yang harus kuliah sambil kerja untuk membiayai uang kuliahnya. Pas lulus kamu baru sadar kalau kuliah sambil kerja adalah ide yang bagus, bahkan jadi nilai plus buat CV.

Walaupun kamu beratatus fresh graduate kamu pasti tetap disuruh menceritakan pengalaman kerja kamu waktu interview. Akhirnya kamu kewalahan menjawabnya karena belum punya pengalaman kerja sama sekali.

7. Mulai berpikir untuk lanjut S2

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi Nganggurcollegiatepartner.com

Bosan karena nggak ada pekerjaan akhirnya kamu mulai berpikir untuk ambil S2 dengan harapan setelah lulus kamu langsung dapat kerjaan. Tapi buat ambil S2 pun kamu galau, mau ambil jurusan yang linear dengan jurusan S1 atau enggak, mau cari beasiswa dimana, kalau nggak dapat beasiswa mau pakai uang orang tua tapi takut ngerepotin.

8. Kadang pengen ambil kerjaan yang nggak sesuai dengan passion kamu

8 Hal ini Pasti Dirasakan Kalau Lulusan Kampus Top Tapi NganggurUnsplash.com/Annie Spratt

Saking capeknya ditolak kerja di perusahaan tujuanmu dan uang mulai menipis, akhirnya kamu merasa pengen ambil kerjaan apa aja, sekedar pengen lepas dari status pengangguran dan yang penting pegang uang. Tapi kadang kamu dibuat galau juga karena pekerjaan itu nggak membutuhkan ilmu yang kamu dapat selama kuliah, nggak ada jenjang karir yang jelas, bahkan perkataan dari orang-orang tedekatmu yang bilang 'nggak sayang apa sama ijazahnya?' atau 'lulusan kampus favorit harusnya kerja di BUMN atau multinational'.

Buat adik adik yang sekarang sedang kuliah di atau akan kuliah. Kuliah di kampus bagus memang memberi kebanggan, tapi jangan sampai kamu jadi terlena dan menganggap usahamu telah berakhir. Jadi, mulai sekarang berusahalah sebaik mungkin dan isi masa masa kuliah kamu dengan hal-hal positif.

Baca Juga: 5 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa Akuntansi Agar Menjadi Akuntan Handal

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya