Comscore Tracker

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktu

Bukan karena malas kok :(

Lulus kuliah tepat waktu dengan ipk tinggi merupakan keinginan setiap mahasiswa. Sebab dengan itu mereka akan dianggap sebagai mahasiswa yang cerdas dan rajin oleh lingkungannya. Terlebih, adanya anggapan di masyarakat bahwa mahasiswa yang kuliahnya lancar akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, mahasiswa yang nggak bisa lulus tepat waktu biasanya dianggap sebagai mahasiswa yang malas dan kurang cerdas. Padahal, bukan karena malas atau bodoh, banyak faktor lain yang jadi penyebab mahasiswa terlambat menyelesaikan studinya. Berikut ulasannya.

1. Kerja

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktuceritamedan.com

Keinginan untuk belajar mandiri dan nggak merepotkan orang tua membuat banyak mahasiswa akhirnya memutuskan kuliah sambil kerja. Tapi nggak sedikit juga yang kesulitan membagi waktu atau karena asyik kerja dan punya uang sendiri sampai lupa dengan kewajiban di kampus. 

2. Salah jurusan

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat WaktuGlobalyoungvoices.com

Nggak sedikit mahasiswa yang setelah beberapa bulan mengikuti kegiatan perkuliahan justru merasa kalau mereka telah salah mengambil jurusan. Kesulitan memahami materi kuliah, nggak menikmati kegiatan di kampus, sampai nggak menemukan passion di jurusan yang diambil biasanya dirasakan oleh mahasiswa salah jurusan. Tapi walaupun sadar kalau jurusan yang mereka ambil tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, mereka tetap bertahan dan nggak mencoba ikut tes lagi untuk pindah jurusan dengan berbagai alasan seperti: nggak mau mengecewakan orang tua, sayang dengan biaya yang sudah di keluarkan, atau karena usia yang nggak memungkinkan untuk ikut tes lagi.

3. Cuti

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat WaktuCostaricajourneys.com

Nggak jarang ditengah-tengah perjalanan menempuh bangku kuliah mahasiswa terpaksa cuti karena alasan yang mendesak misalnya sakit parah, urusan keluarga, harus bekerja dulu, bahkan terkadang karena terlalu stress kuliah dan ingin refreshing akhirnya mahasiswa memutuskan mengambil cuti. Sehingga, otomatis ada mata kuliah yang tertunda dan kelulusan pun ikut tertunda.

Baca Juga: Lulus Kuliah Mau Kerja Apa? Intip 5 Profesi Bergaji Tinggi Ini Yuk

4. Terhambat dana penelitian

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktuhealthytoday.com

Ini biasanya jadi masalah mahasiswa jurusan ekstakta seperti kimia, biologi, pertanian, pangan, pendidikan kedokteran, kebidanan, keperawatan, dan lain-lain. Tidak ada dana penelitian dan tidak ikut proyek, mau nggak mau mahasiswa harus usaha untuk mengumpulkan dana misalnya dengan bekerja atau cari beasiswa.

5. Dosen pembimbing super sibuk

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktuduniadosen.com

Ini juga masalah banyak mahasiswa yang sedang skripsi. Bingung menentukan judul penelitian dan butuh bimbingan ternyata dosen sibuk dan sulit ditemui. Sekalinya bisa ditemui ternyata dosen nggak bisa lama-lama. Apalagi kalau dosen pembimbing perfeksionis, skripsi dicoret-coret dan harus revisi berkali-kali. Kalau sudah begini mahasiswa cuma bisa sabar dan banyak berdoa.

6. Sakit

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktuunitypoint.org

Aktivitas yang padat, kurang istirahat, makan sembarangan, banyak pikiran, bisa membuat mahasiswa gampang sakit sampai nggak masuk kuliah. Akibatnya banyak materi tertunda bahkan sampai nggak bisa ikut ujian. Kalau begini, mahasiswa harus ngulang mata kuliah di tahun berikutnya. 

7. Sibuk organisasi

Bukan Malas, Ini 7 Alasan Mahasiswa Tak Bisa Lulus Tepat Waktuloveisrespect.org

Ada tipe mahasiswa yang justru lebih fokus dengan kegiatan non akademis seperti organisasi, kepanitiaan, ukm sampai lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk rapat daripada kuliah.
Apalagi kalau mahasiswa punya posisi strategis di kampus, sudah pasti jarang kelihatan duduk manis di kelas.

Sudah tahu kan alasan kenapa mahasiswa bisa terlambat lulus? Terlambat lulus kuliah bukan berarti mahasiswa itu malas atau bodoh ya. Buat kamu mahasiswa yang telah menempuh lebih dari 8 semester, apapun kesibukan kamu diluar sana, tugas kamu sebagai mahasiswa tetap yang utama. Jadi jangan sampai  karena kamu terlalu sibuk dengan urusanmu diluar sampai mengabaikan kuliah dan tau tau dapat surat peringatan. Yuk semangat kuliah.

Baca Juga: Selagi Menanti Dia Lulus, Perbaiki Kualitas Diri dengan 6 Hal Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya