Comscore Tracker

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupan

Diaplikasikan di hampir semua bidang kehidupan #IDNTimesLife

Di sekolah, matematika adalah mata pelajaran yang sangat disukai oleh beberapa murid, tapi juga dibenci oleh sebagian lainnya. Padahal, di luar pelajaran sekolah, matematika sangat penting dalam kehidupan kita. Hukum matematika mengatur segala sesuatu di sekitar kita. Adapun, tanpa pemahaman yang baik, seseorang mungkin akan menghadapi kesulitan dalam memecahkan banyak masalah hidup.

Agar kamu lebih menyukai dan tertarik belajar matematika, baca penjelasan di bawah ini sampai selesai untuk mengetahui beberapa manfaat dari belajar matematika.

1. Sangat baik untuk fungsi otak

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupanilustrasi otak (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Otak mengembangkan jalur saraf penting untuk memproses informasi dan matematika memainkan peran penting dalam perkembangan otak dan keterampilan analitis. Laman Life Hacks menjelaskan bahwa saat kita memahami matematika dan sampai pada solusi logis, pikiran akan lebih siap ketika kita menghadapi masalah nyata. Kita bisa mencari logika terbaik, melihat solusi yang mungkin, dan menghubungkan data yang kita miliki untuk mencapai kesimpulan.

Studi lain yang dilakukan oleh peneliti dari Stanford University menunjukkan bahwa anak-anak yang mengetahui matematika mampu merekrut wilayah otak tertentu dengan lebih andal dan memiliki volume materi abu-abu yang lebih besar di wilayah tersebut daripada mereka yang kinerjanya lebih buruk dalam matematika. Hal ini kemudian dikaitkan dengan berbagai tugas kognitif yang melibatkan perhatian visual dan pengambilan keputusan.

2. Meningkatkan keterampilan memecahkan masalah

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupanilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/Oleg Magni)

Alan Turing adalah ahli matematika yang dikreditkan sebagai bapak komputasi modern. Menurut penjelasan laman Independent, dia telah memecahkan kode Enigma Nazi di antara banyak kemajuan matematika penting lainnya. Ini membuktikan bahwa menjadi kompeten dalam matematika dan mempelajarinya dengan serius dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.

Pemecahan masalah adalah pusat disiplin ilmu matematika. Pemecahan masalah telah memainkan peran sentral dalam pemikiran para ahli teori pendidikan. Sebagai pembelajar matematika, kamu akan mengembangkan sistem yang lebih baik untuk pemecahan masalah. Adapun, mempelajari bagaimana matematika terapan memecahkan masalah dunia nyata.

Baca Juga: 9 Kata dalam Bahasa Minang dan Bahasa Ocu Ini Mirip Banget

3. Dibutuhkan hampir di semua karier

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupanilustrasi laki-laki sedang bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Pengetahuan matematika dan kekompleksitasnya dapat membantu di hampir setiap karier. American Mathematical Society menjelaskan bahwa karier yang berpusat pada matematika memberikan banyak peluang. Banyak bidang pekerjaan yang memanfaatkan matematika dan aplikasinya untuk membangun dan meningkatkan pekerjaan penting dalam sains, bisnis, keuangan, manufaktur, komunikasi, dan rekayasa.

Beberapa karier yang membutuhkan karyawan dengan keahlian matematika termasuk pemrogram komputer, ahli statistik, aktuaris, guru matematika, bahkan manajer bisnis. Semua karier ini memang berbeda, tetapi satu kesamaan yang mereka miliki adalah bahwa pekerjaan ini membutuhkan keahlian matematika yang dikembangkan dengan kuat. Matematika juga dibutuhkan dalam bidang lain yang lebih luas, seperti pedagang, kontraktor, analis, peneliti, dan banyak karier lainnya.

4. Membantu memahami dunia dengan lebih baik

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupanilustrasi globe (pexels.com/Craig Adderley)

Belajar matematika memungkinkan kita semua untuk memahami dunia dengan lebih baik. Mengetahui cara kerja matematika dapat membuka mata kita dan membantu melihat dunia dengan cara baru.

Misalnya, menurut penjelasan Quanta Magazine, teori relativitas membuktikan bahwa cara berpikir Einstein tentang matematika telah membawanya lebih dekat tentang simetri alam semesta. Bukan hanya Einstein, ada banyak ahli yang berhasil membuka misteri alam semesta melalui matematika.

5. Membuat aktivitas berbelanja lebih mudah dan asyik

5 Manfaat Luar Biasa Belajar Matematika, Penting untuk Kehidupanilustrasi berbelanja (pexels.com/Anna Tarazevich)

Keterampilan matematika sangat membantu kamu dalam berbelanja. Pengetahuan tentang persentase dan cara menghitungnya dengan cepat dapat membantu kamu menghemat waktu saat berbelanja barang yang diobral di mal, misalnya untuk menghitung harga diskon dengan cepat atau menentukan apakah pelayan memberikan tagihan yang benar saat kamu hendak membayar.

Kamu memang tidak perlu mendapatkan gelar sarjana hingga doktor di bidang matematika hanya untuk berbelanja. Namun, untuk kamu yang suka berbelanja, memahami matematika akan membuat aktivitas belanja terasa semakin mudah dan mengasyikkan.

Singkatnya, matematika sangat dibutuhkan di sekitar kita. Karenanya, penting untuk lebih giat dalam belajar matematika dan jangan sampai kita membenci matematika.

Baca Juga: Banyak Manfaatnya, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Belajar Bahasa Inggris  

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya