Comscore Tracker

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Kece

Tambah istilah baru biar makin kece berbahasa Inggris

Idiom merupakan rangkaian kata-kata yang nggak bisa diartikan satu persatu namun memiliki artian yang tersirat. Contohnya dalam bahasa Indonesia itu seperti kambing hitam, panjang tangan, kembang desa, dan sebagainya. Kehadiran idiom bisa menambah unsur estetik pada tulisan maupun ucapan seseorang.

Semakin hari penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi harian semakin banyak ditemui. Nggak hanya percakapan biasa, kadang menulis caption pun beberapa orang sering kali menggunakan bahasa Inggris. Jadi, bisa terlihat jika masyarakat saat ini sudah mulai melek dengan bahasa Inggris.

Ada beberapa idiom yang bisa kalian gunakan dalam percakapan sehari-hari supaya bahasa Inggris kalian bisa terdengar seperti seorang native. Yuk, simak 10 idiom yang bakal bikin kamu semakin keliatan keren pas lagi ngomong!

1. Rain on someone's parade 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi saling memberi dukungan emosi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Penggambaran hujan di tengah-tengah parade itu memang mirip sesuatu yang bisa merusak suasana menyenangkan, ya. Idiom ini memang berarti merusak kesenangan seseorang. Kalian bisa menggunakan ungkapan ini sebagai awalan ketika hendak mengatakan sesuatu hal buruk berikutnya. Contoh kalimatnya bisa seperti berikut:

I dont want to rain on your parade, but I think you’ve made a huge mistakes in your report.”

2. Play something by ear 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi menonton film di bioskop (pexels.com/Bence Szemerey)

Idiom ini mengartikan untuk merencanakan sesuatu dengan cara improvisasi dan memutuskan unuk melakukan apa selanjutnya. Maksudnya di sini kalian bisa saja sedang berada di posisi yang siap siaga untuk menanggapi apapun jika ada perubahan atau kejadian tak terduga di luar rencana kalian.

Misalnya, kalian mau nonton film premiere yang tayang di hari pertama tapi kalian nggak masalah kalau harus antri panjang bahkan bisa kehabisan, kalau kehabisan mungkin kalian bisa aja belok melakukan kegiatan lain seperti nongkrong. Contoh penggunaan pada kalimatnya yaitu:

“I’m going to go to the cinema to watch the premiere of Doctor Strange tonight but I just to play it by ear.”

3. Rock the boat 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi menyelesaikan masalah bersama (pexels.com/Fox)

Kalian bisa mengucapkan ini ketika ingin memperingatkan seseorang untuk tidak menimbulkan masalah yang bikin runyam keadaan runyam. Idiom rock the boat kalau diterjemahkan satu persatu artinya memang menganyunkan perahu, walaupun maksud tersiratnya adalah gak melakukan atau mengatakan sesuatu yang bisa menimbulkan masalah. Contoh kalimat penggunaannya bisa seperti ini:

“The marketing team has done their best so far for this project, shall not rock the boat.”

4. Pull yourself together 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi meditasi (pexels.com/Cottonbro)

Arti dari frasa ini adalah memulihkan kendali emosimu. Idiom ini ingin mengungkapkan bahwa kalian bisa mengatasi gejolak emosi yang sedang membuat gelisah dan murung. Terkesan sangat optimis sebab dengan ungkapan ini, kalian mengatakan jika sedang termotivasi untuk keluar dari jebakan emosi negatif. Contoh penggunaan dalam kalimatnya yaitu:

“Losing my dog is hard for me but I need to pull myself together.”

5. To paint the town red 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi berjalan (pexels.com/ciao)

Ungkapan ini maksudnya kalian pergi keliling kota dan menjajal setiap tempat-tempat untuk bersenang-senang. Idiom ini mengambil kebiasaan seseorang yang akan memberi tanda seperti mencoret atau menyilang daftar berisi nama tempat kunjungan dengan tinta merah. Ya nggak harus tinta merah juga, sih, alat tulis apapun bisa. Ungkapan yang cocok buat yang hobi jalan, nih. Kalimat contohnya:

“I’m going to paint the town red with my old friend today.”

Baca Juga: 12 Idiom untuk Menggambarkan Berbagai Kondisi Hati Seseorang

6. See eye to eye

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi mengobrol (pexels.com/Christina Morillo)

Idiom yang cukup singkat dan artinya adalah setuju atau memiliki kesamaan pendapat. Kalian bisa menggunakan ungkapan ini sebagai pengganti kalimat "I agree with you" jika dirasa cukup bosan, ya. Jadinya perbendaharaan kata kalian terkesan lebih kaya bila menggantinya dengan ungkapan ini. Contoh kalimatnya:

“I always see eye to eye with my friend on everything”

7. Sit on the fence

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi seorang wanita bingung memilih pakaian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ungkapan yang mengatakan jika ingin menghindari membuat keputusan atau menjatuhkan pada suatu pilihan. Duduk di atas pagar dan bingung ingin melompat masuk atau keluar. Kalau kamu sedang kesulitan memilih, idiom ini akan menambah kesan keren pada kalimat atau tulisanmu. Kalimat contohnya itu bisa seperti ini:

“I sit on the fence, I don’t know which best dress is to wear for this date!”

8. Let the cat out of bag

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi menyembunyikan hadiah (pexels.com/Yan Krukov)

Ini bukan berarti keluarin kucing dari karung ya, kawan. Arti idiom ini maksudnya mengungkap rahasia. Frasanya unik menggunakan objek kucing di dalamnya dan terkesan jika objek tersebut adalah hal yang bakal bikin terkejut. Daripada bilang "Keep it secret" sepertinya frasa ini bisa lebih memperkaya kosa kata kalian. Contoh kalimatnya seperti ini:

Dont let the cat out of the bag because this news is a surprise!”

9. Miss the boat 

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi seorang pria sedang frustasi (pexels.com/Tim Gouw)

Kalau diartikan satu persatu memang maksudnya ketinggalan perahu, tapi arti sesungguhnya idiom ini adalah terlalu lamban dalam mengambil keuntungan dalam kesempatan. Intinya memang terlambat. Contoh kalimatnya seperti ini:

“I’ve waited too long for this concert but I missed the boat. The ticket has sold out now.”

10. Out of someone's league

10 Idiom Bahasa Inggris ini Bikin Gaya Bicaramu Semakin Keceilustrasi interaksi kerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Idiom ini artinya terlalu baik atau terlalu mahal untuk dimiliki. Bisa seseorang atau benda, ya. Seseorang yang terlalu baik menurut kalian atau benda yang terlalu mahal untuk dipakai sama kalian. Contoh kalimatnya seperti ini:

“My boss is really out of my league, he always gives his employee a bonus for every work we’ve finished.”

Mengartikan dan mengenali idiom kadang bisa menjadi kendala bagi orang-orang tertentu. Namun, gak ada salahnya kalau kita nabung kosakata sedikit demi sedikit untuk meningkatkan kemampuan bicara atau menulis dalam bahasa Inggris. Ayo, pelan-pelan dipraktikkan, semoga berhasil!

Baca Juga: 8 Idiom Bahasa Inggris yang Sering Digunakan dalam Bekerja

Elva Yudista Photo Writer Elva Yudista

Sedang berusaha menyelesaikan buku-buku bacaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya