Comscore Tracker

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!

Justru langkah awal suksesmu dimulai dari sini lho! 

Sebagai manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, tentu saja sesekali kamu pernah salah jalan dalam hidupmu.

Salah jurusan adalah salah satu kesalahan yang mungkin pernah kamu alami. Bisa jadi karena gengsi nama besar perguruan tinggi dan jurusan, akibat faktor eksternal, seperti memenuhi keinginan orang tua atau sekadar ikut-ikutan orang terdekatmu.

Kalau kamu merasa salah jurusan, coba renungkan 6 hal ini! 

1. Tak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!Unsplash.com / bruce mars

Tak ada satu hal pun dalam hidupmu yang terjadi tanpa suatu alasan. Bahkan selembar daun yang jatuh ke bumi pun punya alasan tersendiri untuk jatuh.

Semua terjadi karena kehendak-Nya, bukanlah kebetulan. Dan kamu takkan pernah tahu apa alasan yang ada di baliknya sebelum kamu menjalaninya. 

2. Terimalah bahwa kamu tidak bisa selalu mendapatkan apa pun yang kamu inginkan

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!Pexels/Startup Stock Photos

Bukan hanya kepintaran dan kerja keras saja yang kamu butuhkan untuk wujudkan semua impianmu. Ada faktor lain yang berpengaruh, yaitu keberuntungan dan doa. Jadi, kamu harus mulai belajar untuk menerima kekalahanmu dengan lapang dada. Jadikan itu semua sebagai motivasimu untuk bangkit dan melakukan yang terbaik dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Penyebab Mengapa Mahasiswa Masih Salah Ambil Jurusan Kuliah

3. Cintai apa yang kamu lakukan, jangan hanya melakukan apa yang kamu cintai

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!Unsplash.com / Andreas Dress

Cobalah memandang hidupmu dari sisi berbeda. Mulailah mencintai apa pun yang kamu lakukan, meski itu bukanlah hal yang kamu cintai. Niscaya kamu akan tahu bahwa tak ada perjuangan dan pengorbanan yang sia-sia, semua akan indah pada waktunya. 

4. Sukses tidak melulu tentang prestasi akademis, kembangkan dirimu di bidang lain

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!Unsplash.com / Annie Spratt

Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan passion-mu. Asahlah bakat dan kemampuan nonakademismu di sini. Kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang profesi, belajarlah kisah sukses dari mereka, dan mulailah terapkan dalam hidupmu.

5. Bekerja bukanlah tentang seberapa banyak ilmu yang kamu punya, tapi seberapa besar usahamu untuk belajar mengasah keahlianmu

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!Unsplash.com / Helena Lopes

Meski beberapa pekerjaan butuh latar belakang pendidikan tertentu yang relevan, tanpa usaha lain untuk menekuni bidangmu semasa kuliah tidak akan menjadikanmu seorang profesional.

Sejatinya pendidikan sarjana hanya membantumu mempelajari ilmu dasar saja, bukan keahlian. Level pendidikan ini hanyalah perantara untuk menempa mental dan kemampuanmu berpikir kritis, sistematis, dan terstruktur.

6. Salah jurusan bukanlah akhir dari segalanya

Salah Jurusan Kuliah? Renungkan 6 Hal Ini Agar Tetap Bisa Survive!heysigmund.com

Cobaan akan senantiasa datang silih berganti dalam hidupmu. Kalau kamu sanggup melewati satu kerikil kecil yang menghalangi jalanmu saat ini, mentalmu akan lebih tertempa menghadapi batu besar yang kelak akan menghalangi langkahmu selanjutnya. 

Nah, jangan pernah patah arang saat kamu merasa salah pilih jurusan. Bersyukurlah karena tidak semua orang punya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi hingga sarjana.

Gunakan waktu dan kesempatan yang ada di genggaman untuk mencapai lompatan yang lebih tinggi lagi! Percayalah, kamu pasti bisa karena tak ada sesuatu yang tidak mungkin! 

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah yang Konon Terkenal Menakutkan

BunCan Photo Verified Writer BunCan

Seorang istri, ibu, dan seorang anak perempuan yang punya banyak mimpi, suka menulis, jalan-jalan, dan icip-icip makanan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You