Comscore Tracker

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karya

Penghargaan karya, baik milik sendiri maupun orang lain

Kegiatan mengapresiasi seni merupakan tindakan menghargai sebuah karya, baik itu milik diri sendiri maupun hasil karya yang diciptakan oleh orang lain. Nah, agar kamu bisa lebih memahami, apa itu apresiasi seni. Berikut beberapa hal yang bisa menambah pemahamanmu terkait ini. Yuk, disimak baik-baik, ya.

1. Kegiatan menikmati karya seni yang telah diciptakan 

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karyailustrasi perempuan bernyanyi dan laki-laki bermain alat musik (pexels.com/Yan Krukov)

Apresiasi seni adalah menghargai sebuah seni. Dalam hal ini, kamu perlu untuk bisa menikmati karya seni tersebut. Menikmati karya seni, selain dapat menjadi sebuah hiburan bagimu, kegiatan ini juga merupakan salah satu dari wujud apresiasi seni itu sendiri.

Untuk menikmatinya pun, bisa dengan berbagai cara. Kamu bisa menjadi penonton atau penikmatnya saja, dan bisa juga menjadi pelaku karyanya. Apresiasi seni membutuhkan dua hal yang harus dijalani bersamaan yaitu, berekspresi dan menghargai.

Menunjukkan ekspresi saat sedang mengapresiasi sebuah seni adalah dua hal yang gak bisa dipisahkan. Kegiatan menikmati biasanya diiringi dengan pengetahuan tentang karya seni tersebut. Maka, belajarlah tentang kesenian, agar ketika kamu melihat sebuah karya, kamu bisa mengapresiasinya.

2. Melihat sebuah karya dengan tujuan untuk menghargainya 

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karyailustrasi menonton film (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apresiasi berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya menghargai. Dalam topik ini, dikhususkan pada kesenian. Maka, dapat disimpulkan bahwa kegiatan apresiasi seni juga merupakan tindakan atau perilaku yang dilakukan seseorang saat melihat sebuah karya, dan itu bertujuan untuk menghargainya.

Secara bersamaan, muncul sebuah hal yaitu, seseorang perlu bisa mengerti dan memahami, serta mampu menilai sesuatu yang ada di dalam sebuah karya. Maka dari itu, dalam prosesnya akan melibatkan dua aspek yaitu, aspek pikiran dan perasaan.

Dengan kata lain, seseorang bisa menghargai sebuah karya seni, jika dirinya memiliki pengetahuan, keinginan dan dorongan tindakan terhadap karya seni yang disaksikannya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Apresiasi? Ini 5 Penjelasannya

3. Kegiatan yang penting dalam kehidupan 

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karyailustrasi ruang kerja yang tertata rapi (pexels.com/Jopwell)

Apresiasi seni juga berkaitan dengan kehidupan ini. Sebab, banyak hal yang terjadi biasanya mengandung nilai seni tinggi. Misalnya, dalam hal pekerjaan maupun asmara.

Dalam lingkungan pekerjaan, di sekitarnya pasti ada ruangan atau benda-benda lainnya. Penataan ruang serta barang lainnya, itu membutuhkan seni, agar penampilannya menarik dan mendukung proses bekerja.

Begitu juga dalam hal asmara. Dua orang yang saling memiliki rasa cinta, harus mampu memiliki seni berbicara yang baik, agar hubungan romantisnya bisa memberikan kebahagiaan dan keindahan di dalam hidupnya.

Kegiatan apresiasi seni adalah salah satu kegiatan yang penting dalam kehidupan. Sebab, dengan kegiatan tersebut, seseorang dapat memperbaiki dan mengembangkan kepribadian yang dimilikinya.

4. Proses mengamati hingga menangkap pesan dan memberikan kesan terhadap karya seni 

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karyailustrasi mengamati sebuah lukisan (pexels.com/Victoria Art)

Apakah yang dimaksud dengan apresiasi seni berikutnya? Sebuah proses pengamatan yang dilakukan oleh seseorang, hingga dirinya mampu menangkap pesan yang terkandung di dalam karya seni. Kemudian, orang tersebut memberikan kesan atas sebuah benda atau karya seni lainnya.

Proses pengamatan dilakukan pada suatu objek seni. Misalnya, jika itu sebuah benda, maka cara mengapresiasinya adalah dengan mengamati bentuknya. Lalu, setelah mengamati objek seni tersebut, seseorang menjadi bersemangat untuk mempelajari lebih dalam lagi. Sehingga, dirinya bisa menikmati karya seni yang dilihatnya.

5. Kegiatan mencari nilai-nilai keindahan yang ada di dalam sebuah karya 

Memahami Apa Itu Apresiasi Seni, Menghargai Berbagai Karyailustrasi menghayati sebuah karya (pexels.com/cottonbro)

Apresiasi seni juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam rangka mencari nilai-nilai keindahan atas sebuah karya seni. Dengan demikian, seseorang biasanya mengerti dan memahami karya seni melalui menghayatinya. Setelah itu, akan memberikan penilaian terhadap karya tersebut.

Setelah menilai sebuah keindahan karya, lalu ada kesadaran di dalam dirinya untuk mengembangkan lagi dengan cara meningkatkan kepekaan diri terhadap seni dan segala keindahannya. Maka, dapat disimpulkan bahwa apresiasi seni, tak hanya sebatas pada kegiatan menghargainya saja, melainkan ada proses selanjutnya dengan tujuan mengembangkan kreativitasnya.

Inilah yang menjadi jawaban, mengapa seseorang yang menciptakan sebuah karya, ada yang terwujud karena mendapatkan inspirasi dari karya seni yang dibuat sebelumnya, atau karya seni yang orang lain ciptakan. Sebab, mereka memberikan apresiasi terlebih dulu terhadap sebuah karya seni, sehingga memunculkan ide-ide kreatif yang terinspirasi dari hasil karya sebelumnya.

Apresiasi seni berkaitan dengan kegiatan menghargai karya, baik itu karyamu sendiri atau karya dari orang lain. Tingkatkan lagi kemampuanmu dalam hal mengapresiasi seni. Kegiatan ini bermanfaat baik untukmu, sambil menikmati sebuah karya. Kamu juga akan menjadi pribadi yang penuh simpati, memiliki toleransi, serta selalu menjunjung tinggi sikap saling menghargai, baik terhadap karyamu sendiri maupun hasil karya dari orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat jika Rutin Memberi Apresiasi di Lingkungan Kerja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya