Comscore Tracker

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresi

Menari adalah kegiatan berekspresi dan bereksplorasi

Menari merupakan sebuah ekspresi yang ditunjukkan melalui berbagai gerakan. Seseorang yang menari disebut sebagai penari. Menari berbeda dengan berolahraga, meski sama-sama bergerak, tapi dalam menari seseorang perlu menyadari bahwa dirinya sedang membawakan sebuah tarian.

Jadi, bukan hanya sedang bergerak bebas, bukan pula sedang berolahraga saja atau melakukan gerakan tanpa sesuatu yang tak memiliki ekspresi dan makna. Ketika, kamu sedang menari, itu berarti kamu sedang mengungkapkan sesuatu dari tarian yang kamu bawakan. Bisa berupa perasaan, pikiran, kisah hidup, pesan moral dan sebagainya.

Pada intinya, menari itu adalah kegiatan bergerak sambil berekspresi. Untuk lebih jelas lagi, berikut ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang apa, sih menari itu? Yuk, baca sampai selesai, ya.

1. Berekspresi dan bereksplorasi melalui gerakan tarian 

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresiilustrasi mengeksplorasi gerakan tari (pexels.com/cottonbro)

Menari adalah ekspresi dari perasaan seseorang yang diungkapkannya melalui gerakan yang tertata dengan indah. Maka dari itu, menari berbeda dengan seseorang yang sedang bermain sambil berlarian, berbeda juga dengan kegiatan bersenam. Sebab, saat menari dibutuhkan kesadaran bahwa dirinya sedang membawakan sebuah pesan tertentu dari tarian yang dibawakannya.

Sebuah pertunjukan tari memiliki unsur yang perlu dipelajari yaitu, mengenai gerak dan irama. Kedua hal tersebut menjadi kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Dalam menari, penari harus bergerak mengikuti iramanya, dan ekspresi pun berbicara melalui gerakan yang dibawakannya.

Kedua hal tersebut akan membuat pertunjukan menjadi indah dan bisa dinikmati. Menari juga membuat seseorang mengeksplorasi dirinya dari tarian yang sedang ditarikannya. Akan ada berbagai hal yang didapatkan, salah satunya yaitu, pengalaman baru dari kegiatan menari.

2. Gerakan dari tubuh seseorang yang telah ditata dengan indah bersama unsur lainnya 

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresiilustrasi menari mengikuti irama musik (pexels.com/Mike)

Melakukan gerakan-gerakan dari keseluruhan tubuh seseorang yang telah ditata dengan indah dan menyesuaikan irama disebut dengan menari. Gerakan dan musik yang selaras dengan ekspresi, hingga menghasilkan penghayatan yang sesuai dengan tarian adalah keberhasilan seseorang dalam menari.

Menari selalu memiliki makna dan tujuan. Apakah untuk media hiburan, memberikan pesan-pesan kehidupan sosial, menyampaikan gagasan, dan sebagainya. Makna dan tujuan tersebut dikemas dalam gerakan yang disesuaikan dengan irama dan musik iringan, lalu dihayati dalam jiwa. Kemudian, diungkapkan ke penonton melalui sebuah tarian.

Menari memang memiliki banyak unsur seperti, ekspresi, musik pengiring, gerakan, dan pakaian atau kostum tari. Ketika, semua hal tersebut ditata dengan indah, maka seseorang yang sedang menari akan menyampaikan sebuah makna secara maksimal.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Bantu Belajar Menari, Cepat Mahir!

3. Gerakan yang diciptakan untuk dirasakan 

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresiilustrasi menghayati gerakan tari (pexels.com/Silvio Barbosa)

Menari bukan hanya sekadar bergerak saja. Maka dari itu, gerakan-gerakan dalam tarian telah diciptakan oleh manusia, agar nantinya bisa dinikmati dengan menggunakan rasa. Sehingga, menari juga memainkan perasaan dan pikiran yang ditunjukkan lewat gerakan.

Menari mengajarkan seseorang tentang penghayatan, baik dari gerakan maupun musiknya. Semua orang juga bisa melakukannya, memang membutuhkan proses. Namun, jika kamu berlatih secara rutin, maka menari dengan penghayatan tinggi pasti bisa kamu lakukan. Inilah yang akan menambah nilai keindahan dari sebuah tarian.

4. Berekspresi dengan penuh keindahan menggunakan media tubuh manusia 

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresiilustrasi berekspresi melalui gerakan tubuh (pexels.com/Pixabay)

Menari juga menggunakan media, lho. Media yang digunakan itu adalah tubuh dari manusianya sendiri. Berekspresi tak hanya dari wajah saja, karena dalam kegiatan menari, tubuh manusia pun menjadi sarana dalam mengungkapkan ekspresi. Sehingga, dalam kegiatan menari manusia bergerak dan berekspresi secara estetis dengan menggunakan bagian tubuhnya. Sebab, tarian berkaitan erat dengan penataan koreografinya.

Penataannya sudah dirancang dengan seindah mungkin dan menyesuaikan tema dari tarian tersebut. Tubuh manusia yang digerakkan menjadi medianya. Gerak-gerak yang ditampilkan dari anggota tubuh pun, harus sesuai dengan irama dan musiknya, serta makna dan tujuan dari sebuah tarian.

5. Menggerakkan tubuh secara teratur dalam sebuah ruangan 

Apa yang Dimaksud dengan Menari? Bergerak sambil Berekspresiilustrasi orang sedang menari (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Tarian memiliki beberapa unsur seperti, gerak, irama, waktu dan ruang. Maka dari itu, menari juga bisa dikatakan sebagai kegiatan menggerakkan tubuh manusia secara teratur dalam sebuah ruangan. Dalam kegiatan menari, ruang berkaitan dengan posisi penari.

Posisi berkaitan dengan arah dalam bergerak seorang penari. Misalnya, menghadap ke depan, ke belakang, berjalan mengarah ke samping kanan atau kiri, berjalan mundur, dan sebagainya. Adanya unsur ruang dapat menambah nilai keindahan dalam sebuah tarian. Sehingga, penonton yang menyaksikan gak akan pernah bosan. Inilah sebabnya, tarian juga menjadi sarana hiburan masyarakat.

Menari merupakan kegiatan yang gak hanya sekadar hobi. Sebab, dalam sebuah tarian terdapat berbagai hal yang bisa dipelajari dan jika dihayati, akan bermanfaat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan dalam tarian terdapat maksud dan tujuan.

Tari adalah salah satu bagian dari cabang kesenian. Apakah kamu memiliki hobi menari? Tarian apa saja, nih yang kamu gemari? Apa pun itu jenis tariannya, teruslah tekuni, karena dapat memberikan manfaat positif untukmu. Mulai dari kesehatan mental dan fisik yang selalu terjaga baik, hingga meningkatkan kualitas hidup dan keterampilan dalam bersosialisasi.

Bahkan, di waktu yang bersamaan, menari juga dapat menurunkan tingkat depresi seseorang. Hal ini memiliki alasan, karena menari adalah kegiatan bergerak, di mana mampu menghasilkan keringat dan menimbulkan rasa tenang di pikiran, serta rasa damai di perasaan.

Baca Juga: 5 Alasan Hobi Menari Bisa Sehatkan Badan dan Segarkan Pikiran

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya