Comscore Tracker

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar Lolos

#IDNTimesLife Masih ada peluang masuk PTN

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah umumkan pada Senin (23/03/2021) lalu oleh Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ada sekitar 110.459 dari 595.093 perserta yang lolos SNMPTN di tahun ajaran 2020/2021 ini.

Bagi yang gagal, tak perlu berkecil hati. Masih ada jalur lain, seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk ikut SBMPTN, syarat utamanya adalah melakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pendaftaran UTBK-SBMPTN ini dibuka sejak 15 Maret-1 April lalu serta dilaksanakan pada 12-18 April dan 26 April-2 Mei mendatang. Dengan waktu yang singkat, lakukan persiapan UTBK-SBMPTN yang IDN Times rangkum dari pres rilis Zenius berikut.

1. Berlatih menggunakan soal UTBK tahun lalu

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar LolosPexels.com/olia danilevich

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai berlatih menggunakan soal-soal UTBK tahun lalu. Dengan demikian, kamupun bisa mengukur tingkat kesulitan soal UTBK itu seperti apa dan juga mengukur seberapa jauh kesiapan yang sudah kamu lakukan.

Setelah berlatih soal UTBK tahun lalu, kamu bisa melihat pembahasan atau kunci jawaban soal yang sudah kamu kerjakan. Hal tersebut dapat membantumu memahami soal sehingga nanti kamu bisa melewati jebakan-jebakan soal yang ada di dalam soal UTBK.

2. Memperdalam materi yang sudah kamu kuasai

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar LolosPexels.com/Katerina Holmes

Selanjutnya, kamu bisa memperdalam materi yang sudah kamu kuasai. Kamu bisa mengupas tuntas seberapa banyak bahan materi UBTK, terutama untuk bahan materi Tes Potensi Skolastik (TPS).

Pasalnya, TPS sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Jadi sebisa mungkin, kamu sebagai siswa, harus mampu mendalami semua konsep dan dasar teori dari semua materi TPS.

3. Deliberate practice

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar LolosPexels.com/cottonbro

Masih menurut Zenius, deliberate practice adalah latihan sesuatu yang kamu rasa sulit secara berulang-ulang, sampai kamu benar-benar mengerti dan bisa. Saat berlatih soal, kamu bisa melihat titik kelemahanmu ada di materi apa.

Kamu bisa terus gali titik kelemahanmu itu dengan memperbanyak latihan variasi soal tentang materi atau topik tersebut. Lama-lama, kamu pasti akan terbiasa dan lihai.

Baca Juga: 5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021

4. Mengikuti try out UTBK

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar Lolosunsplash.com/nguyendhn

Setelah kamu mempelajari dan memahami seluruh materi hingga melakukan latihan soal, tak ada salahnya latihan soal campuran dengan ikut try out UTBK. Setelah hasilnya keluar, kamu bisa evaluasi kembali apa saja kelemahanmu dan tinjau kembali materi yang belum dipahami.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan latihan variasi soal lagi hingga materi tersebut bisa kamu kuasai dengan baik. Semakin sering latihan, semakin baik!

5. Membuat jadwal belajar yang efektif

Gagal SNMPTN? Lakukan 5 Persiapan UTBK-SBMPTN Ini agar LolosPexels.com/Julia M Cameron

Yang terakhir, membuat jadwal belajar dengan menyesuaikan poin-poin di atas. Dengan demikian, waktu yang sangat singkat ini, bisa kamu pergunakan sebaik mungkin.

Kamu juga bisa menerapkan metode spaced repetition di mana proses pembelajaran yang singkat dan kuat, dibarengi dengan jeda. Ini cukup lebih efektif dibandingkan kamu melakukan sesi belajar yang panjang.

Itu tadi persiapan UTBK-SBMPTN yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat, tidak lolos SNMPTN bukan berarti impianmu menuju universitas impian terhenti ya! Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapainya. Selamat berjuang!

Baca Juga: 5 Cara Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri Impian Tahun Ini

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya