Comscore Tracker

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021

#IDNTimesLife Jangan sampai salah jurusan!

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah impian banyak orang, terutama siswa kelas 12. Tak terasa, momen yang mereka nantikan, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sudah di depan mata.

Setiap tahunnya, baik UTBK atau SBMPTN, selalu memiliki peraturan yang berubah. Tahun 2020 adalah waktu di mana UTBK dan SBMPTN mengalami perubahan yang signifikan karena harus menyesuaikan dengan situasi pandemik.

Jangan jadikan hal tersebut untuk lengah dan bermalas-malasan ya! Dikutip dari pres rilis Ruangguru, berikut persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum menempuh UTBK SBMPTN 2021.

1. Kenali jurusan dan universitas impianmu. Jangan sampai kamu salah memilih!

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021unsplash.com/@nate_dumlao

Mengenali pilihan jurusan di kampus impian adalah hal yang wajib diketahui sebelum mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi masuk PTN. Dengan mengenali jurusan dan kampus yang kamu inginkan, kamu bisa menghitung peluang yang ada.

Berdasarkan data tahun terakhir dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), 167.653 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui UTBK untuk SBMPTN 2020. Sedangkan angka pendaftar SBMPTN 2020 mencapai 703.875 peserta.

Dari data tersebut, kita bisa melihat bahwa ada persaingan cukup ketat dalam memperebutkan universitas. Untuk itu, sebaiknya kamu mulai mencari informasi tentang jurusan dan kampus yang kamu inginkan.

Hal tersebut dilakukan agar kamu dapat menghitung peluang masuk jurusan dari kampus incaran. Jangan karena salah strategi, kamu justru kehilangan peluang mendapatkan kampus dan jurusan yang kamu impikan!

2. Pahami syarat-syarat yang ditentukan dan jangan sampai keliru!

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021unsplash.com/@martenbjork

Selain memahami jurusan dan kampus yang diimpikan, kamu juga harus paham persyaratan seleksi PTN. Seperti yang sudah disebutkan di atas, peraturan mengikuti UTBK SBMPTN selalu berubah setiap tahunnya.

Pastikan kamu selalu update mengenai informasi terbarunya. Kamu bisa mendapatkan informasi resmi di website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk lebih detailnya.

Baca Juga: [QUIZ] Tes Kemampuanmu dengan Soal TPA UTBK-SBMPTN untuk Jurusan Saintek Ini

3. Seperti pepatah "practice makes perfect", perbanyaklah latihan soal!

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021unsplash.com/@windows

Dengan sering berlatih soal yang diujikan di UTBK dan SBMPTN, otakmu akan lebih mudah menstimulasi pertanyaan yang dikerjakan. Terlebih, kamu akan mendapatkan kepercayaan diri ketika mengisi soal pada saat hari ujian tiba.

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian agar tidak sakit pada hari H

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021Pexels.com/Samson Katt

Melakukan persiapan untuk UTBK SBMPTN adalah hal yang baik dilakukan. Tetapi, kamu harus ingat bahwa tubuh butuh istirahat! Kamu tak bisa memaksakannya selalu terjaga. Kesehatan fisik dan mentalmu adalah hal terpenting.

Banyak sekali cara untuk tetap menjaga kesehatanmu di kala melakukan persiapan. Kamu bisa berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Belum lagi, di masa pandemik, kita harus ekstra menjaga kesehatan agar memiliki imunitas yang stabil. Maka dari itu, mulai sekarang kamu bisa banget untuk menerapkan gaya hidup sehat ya!

5. Berdoa dan tawakal adalah kunci

5 Persiapan yang Wajib Kamu Lakukan Sebelum Menempuh UTBK SBMPTN 2021unsplash.com/@mili_vigerova

Selain melakukan persiapan UTBK SBMPTN yang maksimal, kamu harus menyertainya dengan doa dan tawakal. Tanpa doa dan tawakal, usahamu bisa jadi tak akan mencapai 100 persen lho! 

Selain itu, kita akan lebih bersyukur jika hasil akhirnya sesuai dengan yang kita harapkan. Namun jika tidak, kita bisa lebih bersabar dan pasrah.

Itulah informasi yang dapat membantumu dalam melakukan persiapan UTBK dan SBMPTN 2021. Semoga bermanfaat ya! Terus semangat dan selalu yakin dengan kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: [QUIZ] Simulasi Soal TKA UTBK-SBMPTN untuk Jurusan SAINTEK

Topic:

  • Fahira Rahma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya