Comscore Tracker

5 Situs untuk Belajar Bahasa Inggris dari Universitas Cambridge

Mulai dari kamus sampai soal latihan, semuanya gratis!

Segudang materi untuk belajar bahasa Inggris memang bisa dengan mudah kamu temukan di internet. Bahkan universitas sekaliber Universitas Cambridge di Inggris tak ketinggalan menyediakannya secara online, lho.

Universitas Cambridge sendiri adalah salah satu universitas terbaik dunia. Jadi, mumpung ada kesempatan belajar bahasa Inggris dari kampus beken, manfaatkanlah! Yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi lima situs ini.

1. Cambridge Assessment English

5 Situs untuk Belajar Bahasa Inggris dari Universitas Cambridgecambridgeenglish.org

Setelah masuk ke situs cambridgeenglish.org, klik saja menu Learning English. Kamu pun akan menemukan lebih dari 80 soal latihan yang menguji kemampuan membaca, menulis, mendengar, grammar, kosakata hingga pelafalanmu.

Kamu juga bebas mengunduh soal-soal persiapan IELTS dan tes bahasa mulai dari level Pre A1 Starters hingga C1 Business Higher. Nah, buat kamu yang mau tahu sejauh mana level bahasa Inggrismu, kamu bisa mencoba tes yang tersedia di situs ini.

2. Channel YouTube Learn English with Cambridge

https://www.youtube.com/embed/5UL8GlYSx50

George yang berakting dalam video bak adegan dalam sitkom di atas adalah salah satu presenter channel  Learn English with Cambridge. Dengan cara yang demikian kocak, ia menunjukkan bagaimana mengakhiri percakapan dengan sopan dalam bahasa Inggris.

Para presenter Learn English with Cambridge berasal dari berbagai negara dan selalu mengemas materi dengan kreatif. Mereka siap menjelaskan beragam frasa, idiom, grammar hingga tips belajar bahasa Inggris di channel ini. Buruan subscribe, ya!

Baca Juga: 10 Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan Saat Ngomong Bahasa Inggris

3. Cambridge Dictionary

5 Situs untuk Belajar Bahasa Inggris dari Universitas Cambridgedictionary.cambridge.org

Ini dia situs dictionary.cambridge.org yang memungkinkanmu mengakses kamus online milik Cambridge University Press. Kamus ini tidak hanya memberi definisi suatu kata tetapi juga contoh kalimat, tesaurus hingga pelafalannya dalam bahasa Inggris British dan Amerika.

Jangan kira situs ini cuma sekadar kamus online, ya. Di sini, kamu bisa sekalian memperoleh penjelasan seputar grammar dan melatih penguasaan kosakatamu dengan aneka kuis. Komplet banget, kan?

4. Instagram @cambridgewords

Meningkatkan kosakata memang tak selalu harus dengan membuka halaman demi halaman kamus cetak. Dengan “stalking” akun Instagram @cambridgewords misalnya, kamu bisa mengetahui arti kata dan frasa bahasa Inggris lewat feed yang memikat.

Feed akun Instagram resmi Cambridge Dictionary ini sepintas mirip feed akun studygram yang biasa mengunggah foto buku, alat tulis dan kegiatan belajar. Bedanya, @cambridgewords selalu menyelipkan sebuah kosakata yang bisa kamu pelajari di setiap postingan.

5. Instagram @cambridgeenglish

Keberadaan akun @cambridgeenglish adalah bukti lainnya bahwa kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris tanpa perlu keluar dari Instagram. Nge-scroll down akun Instagram Cambridge Assessment English ini bakal menambah pengetahuan kosakata, idiom dan grammar-mu.

Kamu juga bisa menemukan kuis, tebak-tebakan, tongue twister dan kutipan inspiratif di akun ini. Yang tak kalah seru, ada seri video “Laugh and Learn” yang membantumu belajar dari suatu lelucon berbahasa Inggris di tiap episodenya.

Semua situs di atas tentunya bisa kamu akses lewat smartphone dan laptopmu. Sudah gratis, praktis pula. Yakin nih masih malas belajar bahasa Inggris?

Baca Juga: Selain "I'm Sorry", Ini 7 Kalimat Bahasa Inggris Ungkapkan Rasa Maaf

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya