Comscore Tracker

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lho

#EdFunFact Tinggal cari saja deh!

Selalu meng-update pengetahuan kita dengan kosa kata baru menjadi keharusan bagi kita yang ingin lancar berbahasa asing. Nah, untuk menambah perbendaharaan kata kita, kamus adalah salah satu media belajar yang paling tepat.

Saat mendengar kata kamus, jangan hanya membayangkan sebuah buku tebal penuh dengan teks, ya. Beberapa kamus bahasa Inggris terkemuka di dunia sekarang sudah memiliki versi online yang bisa kita akses lewat ponsel maupun laptop.

Coba mampir saja ke lima situs kamus bahasa Inggris online berikut ini. Tinggal search kata yang ingin kita ketahui artinya dan dapatkan langsung penjelasan komplitnya. Praktis, kan? Gratis lagi!

1. Cambridge Dictionary

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lhodictionary.cambridge.org

Website: https://dictionary.cambridge.org/

Versi cetak Cambridge Dictionary diluncurkan oleh kampus top Inggris, Universitas Cambridge, pada 1995. Buat kalian yang belum punya kamusnya, kunjungi saja website Cambridge Dictionary online yang sudah beroperasi sejak 1999.

Untuk setiap kata yang kita cari, Cambridge Dictionary online memberikan beberapa definisi, contoh kalimat, tesaurus dan idiomnya. Ada pula penjelasan dan audio yang disediakan untuk mempelajari kata tersebut dalam versi Inggris UK dan Inggris Amerika.

Selain memberi penjelasan definisi kata dalam bahasa Inggris, kamus satu ini juga menyediakan terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Hanya saja, penjelasan yang kita dapat mungkin tak sedetail jika kita mencari definisi dalam bahasa Inggris.

2. Oxford Dictionary

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lhooxforddictionaries.com

Website (bahasa Inggris): https://en.oxforddictionaries.com/
Website (bahasa Indonesia): https://id.oxforddictionaries.com/

Masih dari kampus ternama Inggris, inilah Oxford Dictionary. Kamus ini mulai diterbitkan Oxford University Press pada 1884 dan saat ini bisa kita akses secara online.

Oxford Dictionary online memiliki feature yang serupa dengan kamus milik Cambridge. Bedanya, kamus Oxford memberi penjelasan tentang asal-usul sebuah kata dan kini memiliki website khusus untuk terjemahan bahasa Indonesia.

Baca Juga: 15 Gambar Ini Bantu Belajar Bahasa Inggris, Gak Perlu Kamus!

3. Collins English Dictionary

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lhocollinsdictionary.com

Website: www.collinsdictionary.com

Collins English Dictionary diterbitkan oleh salah satu penerbit terbesar di dunia, HarperCollins, di Glasgow pada 1979. Selang 32 tahun kemudian, website untuk kamus ini pun diluncurkan.

Tidak hanya menyediakan definisi dalam bahasa Inggris UK dan Amerika, Collins English Dictionary online juga memuat sejarah sebuah kata dan menampilkan grafik tren seberapa banyak kata tersebut digunakan dari tahun ke tahun.

4. Macmillan Dictionary

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lhomacmillandictionary.com

Website: www.macmillandictionary.com

Situs MacmillanDictionary.com diluncurkan pada 2009 atau tujuh tahun setelah versi cetak Macmillan English Dictionary dirilis. Penerbit kamus ini adalah Macmillan Education yang berbasis di London, Inggris.

Kamus online Macmillan menyediakan definisi dalam bahasa Inggris UK dan Amerika. Kamus ini biasanya juga memberi penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan sebuah kata.

5. Merriam-Webster

5 Kamus Bahasa Inggris Ini Ada Versi Online-nya Lhomerriam-webster.com

Website: www.merriam-webster.com

Versi cetak kamus Merriam-Webster dirilis oleh penerbit Amerika Merriam-Webster, Incorporated pada 1828. Pada 1996, Merriam-Webster meluncurkan website yang menyediakan kamus dan tesaurus secara online.

Merriam-Webster mengklaim sebagai “kamus online Amerika paling terpercaya”. Tidak seperti empat kamus di atas, kamus ini tidak menyediakan definisi dalam bahasa Inggris UK.

Secara keseluruhan, lima kamus online ini memiliki feature yang sama seperti definisi, contoh kalimat, tesaurus dan audio cara melafalkan kata. Karena mayoritas kamus online ini bukan situs penerjemah bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, jadi jangan heran ya kalau arti kata dan penjelasan di kamus-kamus ini pun menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: 14 Idiom Ini Bisa Bikin Bahasa Inggrismu Terasa Makin Keren 

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya