Comscore Tracker

7 YouTuber Ini Bagikan Tips Belajar Bahasa Asing, Berfaedah Guys!

Jangan takut dibilang "sok bule"!

Ibarat banyak jalan menuju Roma, belajar bahasa asing bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun dari beragam cara yang tersedia, tak ada yang bisa membuatmu fasih dalam semalam saja.

Tujuh YouTuber ini pun tak tahu-tahu mahir berbahasa asing tanpa melalui proses belajar. Bahkan ada jatuh bangun juga lho yang mereka alami di tengah perjuangan mereka dalam menguasai suatu bahasa. Coba simak, deh tips-tips dari mereka ini!

1. Gita Savitri Devi

https://www.youtube.com/embed/MOd1jnMbyo8

Meski sudah kursus lebih dulu di Indonesia, tahukah kamu Gita sempat kesulitan berkomunikasi dengan bahasa Jerman saat awal pindah ke Berlin untuk kuliah? Sambil mengulang kursus di Jerman, ia terus melatih diri dengan banyak membaca dan mengumpulkan lima kosakata baru per hari.

Gita juga fasih berbahasa Inggris, guys! Tak melulu mengandalkan kursus, ia memanfaatkan berbagai materi belajar yang tersedia gratis di internet. Buat kamu yang lagi belajar bahasa Inggris, ada beragam situs edukatif yang direkomendasikan Gita dalam video berikut.

https://www.youtube.com/embed/VnIvouNJ5kg

2. Shallow Stuff

https://www.youtube.com/embed/BYEiXJpPb1c

Diledek “sok Inggris” dan “sok bule” sempat membuat pemilik channel Shallow Stuff ini ogah berbicara bahasa Inggris dengan siapa pun. Tapi dari pengalaman tak mengenakkan itu, beauty vlogger ini kini memberimu semangat untuk berani berbahasa Inggris tak peduli apa yang dikatakan orang.

Kamu juga bisa menemukan tips belajar bahasa Jerman di channel Shallow Stuff. Walau tidak ditujukan untuk keperluan studi sastra dan persiapan tes bahasa, berbagai tips seru berikut dijamin berguna buat meningkatkan skill berkomunikasimu sehari-hari.

https://www.youtube.com/embed/THIO5Po2j48

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Bahasa Inggris Sejak Remaja

3. Nessie Judge

https://www.youtube.com/embed/u0868llldQo

Kesalahan yang kamu buat saat belum fasih berbahasa asing tidak perlu membuatmu malu. Nessie yang kini lancar berbahasa Inggris pun tak luput dari salah kok. Ingat saja kata Nessie: "Jangan gengsi pas dibenerin orang! Jangan kesel kalau misalkan ada yang ngoreksi! Jangan sakit hati pas ada yang ngetawain!"

4. Wirda Mansur

https://www.youtube.com/embed/f5xdplVUPjc

Apa yang dialami Wirda menunjukkan bahwa motivasi tak selalu berasal dari hal menyenangkan. YouTuber sekaligus penulis buku ini justru terdorong untuk belajar bahasa Inggris setelah merasa down karena perkataan ayah dan gurunya. Ia termasuk yang gemar belajar dengan menonton acara dan buku berbahasa Inggris.

5. Ryan Proto

https://www.youtube.com/embed/5sGGaOzEXqY

Ryan memberi tips dari sisi berbeda. Kalau YouTuber lain menyebutkan apa yang perlu dilakukan untuk menguasai suatu bahasa, YouTuber yang berkuliah di Universitas Coventry di Inggris ini sebaliknya. Ia membantumu terhindar dari berbagai kesalahan saat belajar bahasa Inggris.

6. Viancqa Kurniawan

https://www.youtube.com/embed/DXbei_kziPI

Dengan menonton video di atas, kamu bisa mendengar bagaimana jagonya Viancqa berbahasa Inggris. Tapi perlu kamu tahu, mahasiswi Universitas Coventry ini sempat lelah dan tak mau belajar bahasa Inggris lagi lho. Beruntung, Viancqa menemukan semangatnya kembali hingga ia kini bisa membagikan tipsnya denganmu.

7. Sacha Stevenson

https://www.youtube.com/embed/xketOgihb9E

Sekarang giliran Sacha memperlihatkanmu bagaimana kalau bule belajar bahasa Indonesia. YouTuber kelahiran Kanada ini memulai semuanya dari dasar seperti membaca buku pelajaran SD dan majalah anak-anak. Ia melatih speaking-nya dengan berbicara pada satpam, asisten rumah tangga, sopir hingga pemilik warung.

Bukan cuma tips yang bisa kamu dapat dari para YouTuber ini. Kamu juga bisa mengambil pelajaran dari semangat, ketekunan dan kesabaran mereka dalam mempelajari bahasa. Semoga bisa menjadi motivasi buatmu, ya!

Baca Juga: 6 Temuan Menarik Indeks Kecakapan Bahasa Inggris, Perempuan lebih Jago

Faidah Rahim Photo Verified Writer Faidah Rahim

"My philosophy is that worrying means you suffer twice." - Newt Scamander -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya