Comscore Tracker

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill 

Banyak yang gratis, lho

Di zaman yang serba cepat dengan berbagai akses internet yang tersedia, kamu dapat mendapatkan berbagai manfaat dari sana. Termasuk dengan belajar secara online melalui situs yang menyediakan ilmu dan materi yang beragam. Ada berbagai bimbingan belajar secara online yang ditujukan untuk palajar sekolah sampai para profesional yang ingin mengasah skill dalam dunia kerja. 

Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan berbagai bimbingan belajar untuk menambah kemampuan dan mengasah keahlian kamu.

1. Khanacademy

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill khanacademy.org

Khan Academy adalah salah satu bimbingan belajar secara online yang sudah dikenal dan punya materi-materi yang variatif. Kamu dapat mengakses berbagai video yang berisi modul pembelajaran seperti Matematika, Seni, Ekonomi, Fisika, dan Ilmu Komputer. Situs ini juga bekerja sama dengan organisasi seperti NASA, Museum of Modern Art, California Academy of Sciences hingga MIT. 

Uniknya, kamu dapat ikut berpartisipasi jadi volunteer di situs ini. Salah satu keunggulan Khan Academy adalah memiliki SAT (Scholastic Assessment Test) yang merupakan syarat tes untuk masuk universitas di Amerika. Bukan hanya melalui PC, kamu dapat mengakses laman ini memakai iOS atau Android.

2. EdX

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill edx.org

EdX lahir dari dua kampus bergengsi Harvard University dan MIT yang ingin mendukung dunia pendidikan. Konten yang ada berupa kelas umum di sekolah. Bimbingan belajar ini jadi salah satu yang terbaik karena tergolong kompeten. Banyak puluhan universitas terkemuka di dunia yang telah menjadi partner dari EdX. Ini sangat menguntungkan karena pelajarnya dapat mencari kisi-kisi dan pembelajaran yang tepat untuk masuk ke universitas-universitas terbaik di dunia. Kamu juga akan mendapat sertifikat hasil belajar secara online.

3. Ruang guru

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill bimbel.ruangguru.com

Ruang guru merupakan bimbel online yang cukup dikenal di kalangan pelajar Indonesia. Pada situs ini, kamu dapat memilih beberapa studi seperti les online, ruang uji, atau ruang les. Untuk kamu yang membutuhkan tutor guna memperdalam pelajaran sekolah atau mengerjakan tugas, kamu dapat memakai ruang les online.

Sedangkan jika ingin fasilitas guru privat untuk datang ke rumah, kamu dapat memanfaatkan ruang les. Untuk harga, kamu dapat memilih langsung melalui website. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Masuk Universitas Favorit!

4. Brainly

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill brainly.co.id

Situs belajar yang diberikan oleh Brainly tergolong cukup seru dan interaktif karena kamu dapat mengajukan berbagai pertanyaan yang dikelompokkan dalam beberapa bidang studi pembelajaran. Ada pelajaran tertentu seperi Sejarah, Matematika, Bahasa, Ilmu Sosial, SAT, dan berbagai pertanyaan ilmu pengetahuan umum lain.

Setiap pertanyaan yang kamu berikan akan dijawab oleh berbagai user. Brainly dengan tagline For Students by Students, Question Everything Answer Everything sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar bersama orang-orang di berbagai belahan dunia. Banyak teman baru yang akan kamu peroleh jika belajar di situs ini. 

5. Canva Design School

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill designschool.canva.com

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan situs yang menyediakan design secara gratis seperti Canva. Ternyata, situs ini juga menyediakan ruang untuk belajar desain grafis secara online yang dinamai Canva Design School. Canva Design School termasuk kursus desain yang menyediakan pelatihan desain grafis dan workshop interaktif untuk para pengguna. 

Selain itu, kamu akan mendapatkan modul untuk belajar otodidak. Buat kamu yang ingin belajar desain, Canva cocok untuk pemula. Situs ini juga menyediakan kursus dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

6. Coursera

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill coursera.org

Coursera kerap kali digunakan para pengguna untuk menambah skill dan wawasan mereka, karena di situs ini kamu akan punya akses untuk belajar modul dari berbagai universitas terbaik di dunia. Seperti misalnya John Hopkins University, University of Michigan, dan Illinois yang merupakan tiga kampus besar. Ada banyak materi beragam mulai dari Algorithm, Paleobiology,  sampai tentang pajak. 

7. SquLine.com

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill squline.com

SquLine.com merupakan situs belajar secara online yang berbasis di ibu kota Indonesia. SquLine lebih menitikberatkan pada materi bahasa, yaitu Jepang, Mandarin, dan Inggris. Situs ini hadir untuk membantu para karyawan memiliki performa terbaik mereka di kantor. Kalau kamu ingin belajar bahasa asing, situs bimbingan belajar secara online ini bagus untukmu.

8. Udemy

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill udemy.com

Udemy adalah salah satu situs belajar online yang menyediakan fasilitas kursus desain grafis yang terbagi ke beberapa kategori. Bimbingan belajar ini tidak hanya mengajarkan para anggota dengan materi yang ada di sekolah, namun beberapa materi unik seperti pelajaran yoga, musik, sampai fotografi. 

Udemy juga membuka kesempatan buat kamu yang sudah ahli di bidang desain untuk jadi mentor di tempat kursus website. Udemy memiliki sekitar 30 ribu tutor dan guru yang dapat mengajar dalam lebih dari 80 bahasa. Siapa pun boleh mengunjungi situs ini dengan membayar sekitar 10 dolar atau sekitar Rp140 ribu saja. 

9. Quipper

9 Rekomendasi Bimbel Online Untuk Menambah Skill quipper.com

Quipper barangkali sudah banyak dikenal pelajar Indonesia. Quipper Video adalah salah satu bimbingan secara online yang memberikan materi dengan pembelajaran yang menyenangkan. Tutor akan menyampaikan materi dengan intonasi dan cara berbicara yang mudah dipahami. Selain itu, ada ilustrasi dan animasi video yang semuanya digarap dengan menyenangkan. Kamu dapat melihat kisi-kisi ujian nasional dan SBMPTN dari Quipper. Kabar baiknya, Quipper menjamin para anggota lulus 100 persen dari ujian nasional.

Itulah tadi beberapa situs yang menyediakan bimbingan belajar secara online. Sekarang tidak ada alasan untuk malas ikut kursus karena dengan memakai layanan online ini, kamu sudah dapat belajar sendiri dengan waktu dan tempat yang lebih fleksibel. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Masuk Universitas Favorit!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You