Comscore Tracker

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaan

Jangan sampai kamu menyepelakannya, ya

Belakangan ini banyak yang memilih perpustakaan untuk bekerja, mengerjakan skripsi, atau pun tugas dari kampus. Selain memiliki suasana yang sunyi, kamu juga akan mendapatkan ketenangan yang dibutuhkan agar tetap fokus.

Sebelum kamu datang ke perpustakaan, pastikan kamu mengetahui lima etika berikut ini. Tujuannya, tentu supaya kamu bisa menghargai pengunjung lain dan tetap berlaku sopan santun.

1. Jangan lupa menggunakan headphone atau earphone

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaanilustrasi earphone (pexels.com/lukas)

Salah satu barang yang tidak boleh ketinggalan saat ke perpustakaan adalah headphone atau earphone. Dikutip Medic Portal, meskipun kamu tidak menggunakan untuk mendengarkan lagu, tapi headphone atau earphone bisa menjadi penyelamat jika tidak sengaja memutar video dengan volume besar dari laptopmu.

Selain itu, suasana tenang di perpustakaan akan membuatmu lebih tenang. Namun, ada juga yang merasa ngantuk di waktu yang bersamaan. Sehingga kamu bisa mengatasi situasi tersebut dengan mendengarkan lagu dari laptopmu. Tujuannya, agar kamu tetap fokus dan merasa nyaman selama berada di perpustakaan.

2. Langsung ambil banyak buku yang dibutuhkan

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaanilustrasi perpustakaan (pexels.com/element5 digital)

Perpustakaan menyediakan banyak buku yang akan membantu saat mengerjakan tugas ataupun skripsi. Kamu bisa langsung ambil banyak buku dalam satu waktu. Supaya kamu tidak perlu bolak-balik dan berujung mengganggu orang lain di perpustakaan.

Namun, kamu juga jangan asal mengambil buku. Sebab, kamu bisa merepotkan orang lain yang membutuhkan buku tersebut. Padahal kamu tidak membaca atau bahkan membuka buku tadi. Jadi, pastikan kamu lihat dulu daftar isi dari buku yang hendak dipilih sebelum memutuskan untuk membawanya ke mejamu.

Baca Juga: 9 Perpustakaan Paling Megah di Dunia, Arsitektunya Bikin Melongo! 

3. Lebih baik jangan ke perpustakaan ketika sedang sakit

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaanilustrasi sakit (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Meskipun tidak ada peraturan tertulis soal ini, tetapi jika kamu ke perpustakaan dalam kondisi tidak fit akan mengganggu kenyamanan orang lain. Dikutip insider, ternyata banyak orang yang sedang sakit dan pergi ke perpustakaan untuk membaca sesuatu, lho.

Bila kamu memaksakan diri untuk berada di perpustakaan saat sedang sakit, sama saja tidak memikirkan orang lain. Bayangkan saja jika penyakitmu malah tertular ke orang lain. Tentu akan semakin bahaya, bukan?

Oleh karena itu, kamu tidak perlu memaksakan diri saat sedang sakit. Selain membawa kerugian untuk dirimu, kamu juga bisa menularkan penyakit tersebut ke orang lain.

4. Jangan takut untuk bertanya ke staf perpustakaan ketika kesulitan mencari buku

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaanilustrasi perpustakaan (pexels.com/cottonbro)

Dengan banyaknya buku di perpustakaan, sangat wajar bila kamu kesulitan mencari buku yang dibutuhkan. Jika kamu tidak menemukan bukunya setelah melakukan pencarian manual atau lewat komputer, kamu bisa bertanya ke staf yang berjaga.

Biasanya staf perpustakaan akan mencoba membantumu mencari buku tersebut. Mereka juga bisa saja memberi tahumu bahwa buku tersebut tidak tersedia. Selain menghemat waktu, kamu juga tidak akan merasa terlalu lelah untuk mencari buku di perpustakaan.

5. Bawa makanan dan minuman yang sesuai serta diperbolehkan oleh perpustakaan

5 Etika yang Perlu Diterapkan saat Kamu Mengunjungi Perpustakaanilustrasi sandwich (pexels.com/Tony Schnagl)

Sebagian perpustakaan mempersilakan para pengunjung untuk membawa makanan dan minuman. Namun, bukan berarti kamu bisa membawa makanan dan minuman sesuai keinginanmu saja. Kamu tetap perlu pikirkan apakah makanan yang akan dibawa menyebabkan kebinsingan atau bau yang menyengat.

Dilansir City of Sydney News, kamu pasti akan membutuhkan makanan ataupun camilan. Apalagi jika berada di perpustakaan selama seharian.

Namun, perhatikan juga apakah kamu diperbolehkan makan di dalam ruang perpustakaan atau tidak. Sebab, misalnya Perpustakaan Nasional di Jakarta Pusat, pihak pengelola tidak membolehkanmu makan di dalam ruang baca atau diskusi.

Untuk mengganjal perut, kamu pun harus makan di kantin yang telah disediakan. Kamu juga diwajibkan menaruh botol minummu di tempat khusus. Tujuannya, jika air minum tersebut tidak sengaja tumpah, maka tidak membahayakan buku-buku yang ada di sana.

Dengan menerapkan seluruh etika yang telah disebutkan tadi, kamu akan memberikan kenyamanan untuk diri sendiri serta pengunjung lainnya. Sehingga kamu bisa bekerja dengan tenang dan tidak mengganggu yang lainnya.

Baca Juga: 5 Perpustakaan Anak di Dunia dengan Interior Keren dan Nyaman

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya