Comscore Tracker

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitif

Ayo belajar terus biar gak kalah sama yang lain!

Umumnya ketika kamu berada di sekolah atau di kampus kamu melakukan aktivitas belajar. Namun belajar tidak hanya di sekolah atau pun di kampus saja melainkan dalam keseharianmu juga merupakan aktivitas belajar. Banyak hal yang dapat kamu pelajari di dunia ini seperti ilmu sains, ilmu sosial, ilmu agama, ilmu kehidupan dan lain sebagainya.

Dengan belajar yang berkelanjutan kamu dapat merasakan indahnya dari belajar. Konsistensimu dalam belajar memberikan makna dan arti dari hidup dan kehidupan. Seakan-akan kamu menjadi kecanduan belajar karena sebuah hal yang luar biasa yang kamu dapatkan dari belajar. Karena dengan belajar berkelanjutan kamu dapat terus bersaing dalam kemajuan ilmu dan teknologi yang terus berkembang sekarang ini.

Nah, ini lima tips dalam menerapkan belajar berkelanjutan agar kamu tetap kompetitif dan tidak kalah dengan orang lain. Berikut penjelasannya!

1. Jadikan belajar sebagai prioritas

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitifparadite.com

Jika kamu ingin menerapkan belajar berkelanjutan, kamu harus jadikan belajar menjadi sebuah prioritas. Hindarilah segala sesuatu yang dapat mendistraksi kamu dalam belajar. Buat sebuah komitmen pada dirimu sendiri bahwa kamu akan selalu semangat dan antusias dalam belajar. 

Setelah minatmu dalam belajar sudah mulai terbentuk, cobalah untuk mempelajari segala sesuatu yang kamu sukai terlebih dahulu. Dengan begitu kebiasan belajar dapat kamu mulai dalam dirimu. Buat dirimu hobi untuk belajar dulu, ya!

2. Selalu sediakan buku

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitifunsplash.com/Daria Nepriakhina

Sediakan selalu buku-buku yang nantinya akan kamu pelajari. Buku akan menjadi bahan pokok untuk kamu agar tidak kehabisan topik yang ingin kamu pelajari. Semakin banyak buku yang kamu siapkan maka kamu akan bisa terus memperpanjang proses belajarmu. Sudah berapa banyak buku yang kamu punya, nih?

Baca Juga: Yuk, Belajar Filosofi Kehidupan dengan Permainan Tradisional Dakon 

3. Buat list apa saja yang akan dipelajari

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitifunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Kemudian jangan lupa untuk membuat list belajar yang akan kamu pelajari. Tujuannya yaitu agar kamu dapat menyusun jadwal belajarmu dengan efisien. 

Sebaiknya dalam memulai untuk belajar dengan berkelanjutan, janganlah membuat list belajar yang terlalu banyak. Kamu bisa memulai membuat list belajar cukup dengan 1-2 materi dalam satu minggunya. Setelah itu kamu bisa perlahan-lahan menambah list belajarmu sesuai yang kamu inginkan.

4. Bergaul dengan orang-orang yang pintar

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitifunsplash.com/Edvin Johansson

Dengan siapa kamu berteman akan menentukan kemampuanmu dalam berkembang. Tak heran orang yang bergaul dengan orang yang pintar akan tertular kebiasan-kebiasan baik kepadanya.

Bergaullah dengan orang-orang yang pintar atau bisa juga mengikuti organisasi yang berisikan orang-orang intelektual. Cobalah meniru kebiasaan temanmu yang membuat dia dapat mengembangkan potensinya.

5. Praktikkan apa yang telah dipelajari

5 Tips Menerapkan Belajar Berkelanjutan Agar Kamu Tetap Kompetitifunsplash.com/Austin Distel

Dan yang terakhir yaitu praktikkan segala sesuatu yang telah kamu pelajari. Ilmu-ilmu yang didapatkan jika tidak dipraktikkan akan menjadi sia-sia. Ilmu yang kamu miliki akan bermanfaat saat kamu mempraktikkannya.

Praktikkan ilmu-ilmu yang kamu dapatkan seperti melakukan penelitian atau eksperimen. Jika kamu dapat mempraktikkan ilmu kamu dengan benar bukan tidak mungkin kamu akan memperoleh hasil luar biasa yang akan menguntungkan dirimu.

Karena belajar gak hanya sekali dan untuk saat ini, kamu perlu mempelajari metode belajar yang berkelanjutan. Berniat mencobanya?

Baca Juga: 6 Tips Belajar Penuh Konsentrasi Agar Terhindar dari Banyak Gangguan

Falana Rofako Photo Verified Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya