Comscore Tracker

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITB

Karena ITB bukan sekadar kampus teknik

Mendengar kata 'ITB', yang pertama terpikir adalah orang serius, gak bisa bercanda, kaku atau bahkan tidak paham seni. Eits, jangan salah, di kampus ini ada juga jurusan seninya, lho! Meski pun yang bergerak di bidang seni tidak semuanya berasal dari jurusan ini.

Berikut beberapa nama seniman dan artis alumni ITB yang tidak asing di masyarakat.

1. Sudjiwo Tedjo.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBpinterest.de/sujanews

Siapa sangka di balik pembawaan eksentrik dan pemahaman luas dan mendalam soal budaya, pria kelahiran Jember, Jawa Timur ini tersembunyi kecerdasan di bidang ilmu pasti? Mereka yang beranggapan bahwa orang seni pasti alergi matematika dan fisika harus mengkaji lagi sosok Sudjiwo Tedjo, yang dulunya mengenyam pendidikan di dua jurusan sekaligus di ITB, yaitu Teknik Sipil dan Fisika.

2. Purwacaraka.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBid.wikipedia.org/wiki/Purwacaraka

Musisi kawakan nasional ini adalah alumni Jurusan Teknik Industri ITB angkatan 1979. Sangat berbeda dengan sebagian besar alumni ITB, Purwacaraka lebih menekuni dunia musik yang dimulainya dengan job kecil-kecilan seperti reuni anak sekolahan hingga pesta pernikahan. Merintis dari bawah, mungkin itu yang membuatnya punya nama selain punya bakat tentunya.

3. Aming.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBviva.co.id

Pria bernama lengkap Aming Supriatna Sugandhi ini kuliah di Jurusan FSRD ITB tahun 1999. Karirnya sebagai komedian sudah dimulainya jauh hari sebelum lulus di tahun 2006 dengan bergabung di acara komedi Extravaganza di Trans TV.

 

4. Indra Herlambang.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBMuhamad Solihin/Viva.co.id

Mengawali karir sebagai penyiar radio di Bandung, pria lulusan FSRD ITB ini dikenal luas sebagai presenter, aktor dan penulis.

 

5. Pak Raden.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBberitapetang.com

Lulusan Seni Rupa ITB tahun 1960 ini sangat berjasa dalam mengisi masa kecil anak-anak Indonesia lewat karyanya Si Unyil. Saking populernya Si Unyil, karya pria bernama Suyadi ini sampai mengalami re-make di tahun 2000an hingga masih bisa kita nikmati sampai sekarang.

6. Nirwan Dewanto.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBharipuisi.com

Pemeran tokoh Albertus Soegijapranata dalam film Soegija ini dikenal publik sebagai sastrawan, kurator atau kritikus seni. Tapi hanya sedikit yang mengerti kalau dia adalah lulusan geologi ITB tahun 1987.

 

7. Joko Anwar.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBAlchetron

Mengenyam pendidikan di Jurusan Teknik Penerbangan ITB, idealnya Joko Anwar berkarir di dunia yang 'serius'. Tapi ia mengawali karirnya justru sebagai jurnalis Jakarta Post. Akhirnya pria yang akrab dipanggil 'Joan' ini mendapat apa yang diidamkan dan berhasil menjadi sutradara muda ternama di negeri ini.

 

8. I Nyoman Nuarta.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBMajalah Home Living

Sudah pernah selfie di kawasan Garuda Wisnu Kencana di Bali belum? Atau sering lewat Patung Arjuna Wijaya yang lebih beken disebut patung kuda di dekat Medan Merdeka Barat? Nah, kedua patung ini cuma segelintir dari sekian banyak karya besar sosok I Nyoman Nuarta. Pria asal Bali ini dulunya mengenyam pendidikan di FSRD ITB dan lulus tahun 1979, dan juga dikenal luas sebagai salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru yang booming di tahun 1976.

 

9. Irawan Karseno.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBSatu Harapan

Pria kelahiran Surabaya 56 tahun silam ini lulusan Jurusan FSRD ITB angkatan 1977. Banyak karyanya yang terpajang di pameran lukisan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Teknik lukisannya yang unik dan kepiawaiannya membingkai harmoni dengan padanan cat dan garis menggunakan charcoal membuat pria yang sempat menjadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta ini berbeda dari pelukis lain.

 

10. F. Widayanto.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBGRYA

Pematung ternama ini jebolan FSRD ITB, dan mengambil spesialisasi pembuatan patung dari bahan keramik. Pangsa pasarnya papan atas dan premium sehingga hanya segelintir kolektor dan penikmat seni yang sanggup membeli hasil karyanya.

 

11. Harry Roesli.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBizaybiografi.com

Musisi kelahiran Bandung ini dulunya tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Mesin ITB hingga akhirnya memutuskan untuk fokus di dunia seni dengan melanjutkan pendidikan ke IKJ dan Jurusan Musik Elektronik di Rotterdam Conservatorium, Belanda.

 

12. Gito Rollies.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBsumber.com

Siapa yang suka rock pasti mengenal nama Gito Rollies. Pria yang wafat di tahun 2008 lalu sempat mengenyam kuliah di ITB dan memutuskan berkarir di dunia seni sebagai aktor dan penyanyi.

 

13. Candil.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBantiketombe.clear.co.id

Pria bernama asli Dian Dipa Chandra ini dulunya kuliah di FSRD ITB. Namun ia menempuh karir justru di dunia tarik suara dengan menjadi vokalis band Seurieus.  

 

14. Fariz RM.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBAlchetron

Memulai karir di bidang tarik suara semenjak SMA bersama temannya seperti Ikang Fawzi dan Addie MS, Faris muda memutuskan untuk kuliah di Jurusan Seni Rupa di tahun 1978. Alih-alih bermain dengan desain dan warna, pria ini terus melanjutkan passion-nya di bidang tarik suara.

 

15. Pandji Pragiwaksono.

Inilah 15 Seniman dan Artis Keren Jebolan Kampus ITBFajar

Tiada hari tanpa Stand-up Comedy bagi Pandji. Lulusan Desain Produk FSRD ITB angkatan 1997 ini juga dikenal sebagai aktor, musisi dan juga penulis.

 

Farid Solana Photo Community Writer Farid Solana

an apprentice in the world of wordsmith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:30:04

Progress: 749.492 dari 813.350 TPS (92.14877%)

Just For You