Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!

Ada banyak perbedaan suasana di kampus dengan di sekolah 

Bagi kamu yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kamu pasti akan menemukan sesuatu yang berbeda.Banyak hal yang jarang dijumpai saat di bangku sekolah. Tentunya hal ini akan membuatmu merasa terheran-heran.

Ada banyak perbedaan suasana di kampus dengan suasana di sekolah. Buat kamu mahasiswa baru, kamu akan menemui beberapa hal yang sering ditemui saat di bangku perkuliahan. Yuk, simak!

1. Sering menjumpai seseorang yang nitip absen

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!ilustrasi mahasiswi (pexels.com/Zen Chung)

Hal pertama yang mungkin lumrah dilakukan oleh mahasiswa adalah menitipkan absen kehadirannya melalui seseorang. Tradisi ini disebut juga dengan titip absen. Biasanya, tindakan ini dilakukan oleh mahasiswa yang nakal. Mereka sengaja tidak ikut serta dalam kegiatan perkuliahan, tetapi tetap ingin dinyatakan hadir dalam kelas perkuliahan.

Kelakuan seperti ini dikategorikan sebagai tindakan yang menyimpang. Kamu pasti akan rugi jika hal ini kamu lakukan. Walaupun kamu dinyatakan hadir, tapi kamu tidak akan mendapatkan ilmu dari proses perkuliahan. Jadi, jangan dicoba, ya!

2. Bebas memilih jadwal perkuliahan

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!ilustrasi kegiatan perkuliahan (pexels.com/Yan Krukov)

Di bangku perkuliahan, kamu bebas memilih mata kuliah dan jadwal yang kamu inginkan. Biasanya ditawari oleh jurusan sesuai dengan minat mahasiswa. Tentunya hal ini akan membuat kegiatan perkuliahan yang kamu lakukan menjadi lebih fleksibel.

Hal seperti ini tidak akan pernah kamu temui saat di bangku sekolah. Di sekolah biasanya kita dituntut belajar dari hari Senin sampai Sabtu. Sedangkan di perguruan tinggi, kamu bebas memilih harinya. Jadi, waktu yang kamu miliki bisa kamu pakai untuk kegiatan produktif lainnya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mahasiswa Baru saat Memasuki Dunia Perkuliahan 

3. Kamu pasti sering bertemu dengan senior yang mengambil mata kuliah yang sama

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!ilustrasi kegiatan perkuliahan (pexels.com/Ivan Samkov)

Jangan kaget, apabila kamu dan kakak seniormu berada di dalam kelas yang sama. Hal ini sudah biasa terjadi saat kamu melaksanakan kegiatan perkuliahan. Bahkan ada juga lho, adik kelasmu yang mengambil mata kuliah yang sama denganmu.

Hal ini bisa terjadi karena kita diperbolehkan memilih mata kuliah yang diinginkan. Selain itu, biasa juga disebabkan kakak seniormu gagal memenuhi standar kelulusan dimateri perkuliahan tersebut, sehingga harus mengulang. Jadi, jangan heran, ya!

4. Kuliah dengan mahasiswa seangkatan dari jurusan lain

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!ilustrasi kegiatan perkuliahan (pexels.com/Andy Barbour)

Kamu akan menemukan hal yang berbeda saat belajar di perguruan tinggi. Di antaranya melaksanakan perkuliahan dengan teman seangkatan dari jurusan lain. Tentunya cukup jarang kamu jumpai di bangku sekolah, kan?

Ya, kegiatan ini dinamakan dengan perkuliahan umum. Biasanya diisi oleh mahasiswa baru dari berbagai jurusan. Di mata kuliah ini, kamu akan belajar mengenai hal dasar. Jadi, kamu tidak hanya kuliah, tetapi juga mendapatkan kenalan baru.

5. Mahasiswa dibebaskan menggunakan berbagai outfit, asalkan sesuai dengan aturan

5 Hal yang Sering Ditemui saat di Bangku Perkuliahan, Titip Absen!ilustrasi outfit mahasiswi (pexels.com/Sewupari Studio)

Ketika di sekolah, kita hanya diperbolehkan mengenakan outfit yang seragam. Tentunya kamu gak perlu mengkhawatirkan jenis outfit apa yang akan kamu gunakan. Namun, beda cerita saat di bangku perkuliahan. Kamu akan dipusingkan dengan hal ini.

Pasti kamu akan dipusingkan dengan outfit apa yang ingin kamu pakai untuk perkuliahan hari itu. Apalagi kamu ingin melakukan presentasi di depan kelas, pastinya kamu harus tampil kece dan menarik di hadapan teman-temanmu.

Sistem perkuliahan sangat berbeda dengan sekolah. Maka tak heran, banyak mahasiswa baru yang kaget mengenai sistem pendidikan di perguruan tinggi. Nah, setelah kamu membaca beberapa hal yang sering ditemui saat di bangku kuliah di atas, pasti kamu gak akan kaget lagi, deh!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Ada Hambatan di Perkuliahan

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya