Comscore Tracker

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui Orang

Branding itu bukan hanya sekadar visual

Di era digital sekarang bisnis sangat memerlukan branding, terlepas dari besar atau kecilnya skala bisnis tersebut. Sudah banyak contoh dari pemain besar yang sukses bertahan lama sampai beberapa dekade dengan mengedepankan branding di bisnisnya, seperti Coca-Cola, Apple, Nike, dan lainnya.

Tapi masih banyak nih yang awam tentang konsep branding, banyak orang menganggap bahwa branding itu hanya sebatas tampilan semata. Tapi kalau kamu mau mempelajari sedikit lebih dalam tentang brand kamu akan mengetahui banyaknya manfaat dari branding untuk bisnis kamu.

Karena alasan ini saya merangkum lima hal yang perlu pembaca ketahui tentang branding dan manfaatnya untuk bisnis kalian:

1. Branding membuat konsumen tertarik dengan bisnismu

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui OrangOrang dengan kaca pembesar (https://unsplash.com/@laughayette)

Dalam bisnis, konsumer adalah kunci sukses dan sumber pendapatan untuk membantu bisnis tetap berjalan. Untuk bisa menarik perhatian dari konsumermu kamu perlu yang namanya branding.

Karena branding membantumu dalam menyampaikan nilai dan tujuan dari bisnismu. Ini membuat mereka tertarik dan aware tentang bisnismu

2. Dengan branding kamu membangun reputasi bisnismu

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui OrangPebisnis dengan setelan biru (https://unsplash.com/@tamarcusbrown)

Reputasi adalah penilaian dari individu baik itu konsumer atau bukan tentang apa yang dilihatnya dari bisnismu.

Di sini peran branding adalah membantu membentuk persepsi dan mempengaruhi penilaian dari individu tersebut yang akan membentuk reputasimu entah itu baik atau buruk, kamu yang putuskan.

Baca Juga: Kenali Dulu 5 Pondasi Penting untuk Branding

3. Branding bukan hanya sekadar logo

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui OrangLogo mercedes benz (https://unsplash.com/@mphotographym)

Ini yang sering kali pemilik bisnis salah kaprah tentang branding, bahwa hanya dengan logo saja cukup untuk membuat brand. Logo penting, dan sama pentingnya dengan warna, font, tagline, kartu nama, dll.

Namun jauh dari visual element tersebut membangun branding diperlukan konsistensi dan brand message yang di sampaikan berulang kepada konsumer.

4. Branding jauh dari hanya sekadar dekorasi visual

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui OrangKuas dan alat gambar (https://unsplash.com/@bamin)

Seperti poin nomor 3 brand itu lebih dari hanya tampilan visual semata, branding membantumu menjelaskan alasanmu melakukan bisnis, apa yang kamu percayai, apa yang ingin kamu gapai, dan alasan kenapa mereka lebih memilihmu dari kompetitormu.

Ini juga salah satu poin yang masih banyak orang belum ketahui tentang branding, kalau branding itu bukan cuma tampilan visual tapi branding adalah fondasi bisnismu.

5. Branding membangun koneksi terhadap konsumen

5 Hal tentang Branding yang Belum Banyak Diketahui OrangOrang ramai (https://unsplash.com/@nickxshotz)

Ini adalah hal terpenting dari branding, yaitu branding membantumu membuat ikatan khusus yang emosional antara brand dan konsumer.

Bila mereka sudah merasa dekat dan mengetahui tentang bisnismu, persentasi konsumer dalam memilihmu dari pada kompetitor akan semakin tinggi.

Branding bukan hanya sekadar logo dan visual yang menarik untuk bisnismu tapi menggambarkan tentang tujuanmu dan kenapa kamu lebih baik dari kompetitormu. Untuk sekarang branding sudah mencakup dari bisnis manajemen, marketing, advertising, desain, dan psikologi. Gimana, apakah kamu sekarang lebih memahami tentang branding?

Baca Juga: Menarik dan Otentik, Content Creator Harus Punya Personal Branding

Fauzan Novrizalni Photo Writer Fauzan Novrizalni

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya