Comscore Tracker

Netflix Luncurkan 10 Film Edukasi Gratis Selama Pandemik COVID-19

Bertujuan untuk media pembelajaran siswa selama pandemik lho

Di tengah pandemik COVID-19 ini, Netflix memberikan akses gratis untuk beberapa film dan seri dokumenter edukasi pilihan di akun resmi Youtube mereka. Dilansir dari Variety, hal ini bertujuan untuk membantu proses belajar mengajar selama karantina COVID-19.

Dengan hal ini, para guru atau pengajar bisa memanfaatkan konten Netflix ini sebagai bahan pembelajaran selama berada di rumah. Menurut kanal resmi Youtubenya, Netflix mengatakan terdapat sepuluh film dokumenter yang disediakan secara gratis oleh platform streaming tersebut.  

Film tersebut dapat diakses melalui kanal resminya di Youtube. Setiap judul akan disertai pula dengan panduan belajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Selain itu, terdapat konten Tanya Jawab yang melibatkan beberapa pencipta di balik setiap proyek mengenai pembuatan dan isi dari dokumenter tersebut.

Namun untuk saat ini, film dokumenter yang tayang baru tersedia dalam bahasa Inggris. Kendati demikian perusahaan menjanjikan akan segera menambahkan terjemahan ke lebih banyak bahasa. Berikut daftar film dan seri dokumenter edukasi dari Netflix.

1. 13th  

https://www.youtube.com/embed/qksFq4Ovjug

13th Film yang mengangkat isu tentang Amandemen Konstitusi ke-13 di Amerika Serikat ini disutradarai oleh Ava Du Vernay. Sutradara asal California, AS ini menjabarkan tentang perkembangan dari klausul kualifikasi kedua dalam kengerian kriminalisasi massal dan ledakan penjara di Amerika Serikat. Film ini menampilkan cuplikan arsip dan wawancara dengan para aktivis, politisi, sejarawan dan wanita dan pria yang sebelumnya di penjara.

2. Abstract: The Art of Design (Season 1)  

https://www.youtube.com/embed/DYaq2sWTWAA

Kisah ini akan menampilkan para visioner yang paling inspiratif dari berbagai disiplin ilmu yang karyanya membentuk budaya dan masa depan dunia. Abstract dikatakan sebagai inovasi sebuah film dokumenter yang mengisahkan para desainer terbaik di dunia dalam menatap masa depan.

3. Babies 

https://www.youtube.com/embed/e3HuD9Ehb_0

Film berserial dokumenter ini terbagi dengan lima episode dengan masa pembuatan kurang lebih sekitar tiga tahun. Dalam proses pembuatannya, serial ini melibatkan 15 keluarga dari beberapa negara di dunia. Film ini mengisahkan tentang perkembangan yang dialami bayi pada tahun pertamanya di beberapa negara.

4. Chasing Coral  

https://www.youtube.com/embed/b6fHA9R2cKI

Film dokumenter ini mencoba mendokumentasikan kisah sebuah tim yang terdiri dari seorang pengiklan, kutu buku, perancang kamera ternama, dan ahli biologi kelautan. Ceritanya akan berfokus pada masa mereka menciptakan kamera selang waktu pertama untuk merekam peristiwa pemutihan terumbu karang tepat di saat sedang berlangsung.

5. Explained 

https://www.youtube.com/embed/dM0krSvAQuw

Diproduksi bersama dengan Vox Media Studios dan Vox, serial dengan tujuh episode ini mengeksplorasi peristiwa terkini dan tren sosial lintas politik, sains, sejarah dan budaya pop.

Baca Juga: 7 Film Dokumenter Olahraga yang Bisa Kamu Tonton di Rumah Saat Bosan

6. Knock Down the House  

https://www.youtube.com/embed/_wGZc8ZjFY4

Film ini mengikuti kisah di belakang layar empat perempuan penuh tekad dalam menantang para politisi kaya raya dalam perebutan kursi Kongres tahun 2018. Film dokumenter ini disutradarai oleh Rachel Lears.

7. Our Planet  

https://www.youtube.com/embed/aETNYyrqNYE

Our Planet adalah film dokumenter yang dibuat di 50 negara. Film ini menggambarkan mengenai pandangan keindahan seisi bumi dan penghuninya serta dampak dari perubahan iklim yang mempengaruhi berlangsungnya kehidupan. Our Planet adalah serial dokumenter delapan bagian dari pencipta Planet Earth.

8. Period. End of Sentence. 

https://www.youtube.com/embed/KocJP8dG1OA

Film pendek ini mengisahkan tentang kehidupan para perempuan di pedesaan India. Dalam film ini terlihat tentang stigma menstruasi masih begitu kuat. Hal itulah yang membuat para perempuan tersebut menciptakan pembalut murah dengan mesin baru dan meningkatkan perekonomian mereka secara mandiri. Film yang mengangkat tentang para perempuan yang visioner ini disutradarai oleh Rayka Zehtabchi.

9. The White Helmets  

https://www.youtube.com/embed/3wj4ncIEDxw

The White Helmets disutradarai oleh Orlando von Einsiedel dan Joanna Natasegara sebagai produsernya. Film pendek yang mengikuti kisah tiga pekerja sukarelawan yang mengerahkan tenaga mereka di Aleppo, Suriah dan Turki pada awal 2016. Film ini menceritakan kehidupan tiga relawan yang mencoba menyelamatkan warga sipil yang terkena dampak dari serangan udara di kala perang. The White Helmets disutradarai oleh Orlando von Einsiedel dan Joanna Natasegara sebagai produsernya.

10. Zion 

https://www.youtube.com/embed/FWo0MN_tY1E

Zion karya Floyd Russ, mengikuti kisah Zion Clark yang terlahir tanpa kaki dan terjebak dalam pengasuhan. Hingga suatu ketika dia bertekad untuk mengejar apa yang ia sukai yakni menekuni dunia gulat.

Dengan diluncurkannya 10 film dari Netflix, diharapkan mampu menjadi salah satu  media bagi siswa dalam melakukan pembelajaran online selama pandemik Corona. Selain ini, media tersebut pembelajaran dinilai lebih menarik dan tidak mudah jenuh, sehingga siswa mampu meningkatkan minat belajar meskipun tetap #DiRumahAja.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter “Our Planet”

Febri Eka Pambudi Pambudi Photo Writer Febri Eka Pambudi Pambudi

Saya hanya pencerita yang mencoba menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya