Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di Kampus

#Eduniverse Kamu ikut organisasi kampus di bidang apa nih?

Banyak mahasiswa yang beranggapan kalau mengikuti organisasi kampus adalah hal yang merepotkan. Padahal ternyata, ikut serta dalam organisasi kampus memberikan banyak manfaat lho.

Ini 7 alasan kenapa kamu sebagai mahasiswa sebaiknya aktif dalam organisasi kampus.

1. Membangun relasi dengan teman kampus yang bukan satu jurusan

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/rawpixel

Seringkali dalam organisasi-organisasi kampus, orang-orang yang kamu temui adalah mereka yang berbeda fakultas dan jurusan. Pastinya, orang-orang yang tak akan pernah kamu temui kalau kamu hanya belajar di kelas saja. Mereka bisa jadi adalah orang-orang yang nantinya akan mendukungmu saat kamu keuslitan begitu terlepas dari universitas.

Apalagi dalam organisasi kampus, banyak sekali hal-hal baru yang akan kamu lakukan. Pastinya bisa memberimu teman baru dan mempererat persahabatan kalian juga.

2. Membuat kamu lebih kaya pengalaman

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/rawpixel

Membuat sebuah acara, berdiskusi, kerjasama tim, bakti sosial, dan masih banyak lagi kegiatan yang akan dilakukan oleh sebuah organisasi kemahasiswaan. Pastinya, kamu akan dituntut untuk bertemu dengan orang baru dan melakukan hal yang belum pernah kamu coba.

Banyak perusahaan yang menganggap bahwa pengalaman dalam sebuah organisasi sangatlah penting, sehingga ini akan menjadi nilai lebihmu saat kamu akan melamar keperjaan nantinya.

3. Ajang eksis! Siapa tahu ada perusahaan sponsor acara yang tertarik untuk mempekerjakan kamu nantinya

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/StockSnap

Dalam melakukan banyak event, pasti kamu dan teman-teman perlu mencari perusahaan yang akan mensponsori dan mendukung acaramu. Bisa saja, para perusahaan sponsor itu melihat pekerjaanmu yang baik dan berniat untuk merekrutmu.

Jadinya, kamu sekarang sudah punya rencana sebelum kamu lulus nanti.

4. Buat kamu lebih percaya diri dan melatih komunikasi

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/rawpixel

Dalam sebuah organisasi, kamu akan belajar untuk berkomunikasi dengan mereka yang berposisi diatasmu maupun yang harus kamu bimbing. Kamu juga akan mempercepat proses pencarian jati dirimu dan membuat kamu lebih percaya diri.

Carilah posisi dalam organiasasi yang kamu senangi, bisa saja ini memberimu bayangan, pekerjaan seperti apa yang nantinya akan kamu cari.

5. Kamu jadi punya tempat untuk mengembangkan kegemaran dan kemampuan

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/rawpixel

Ada banyak sekali organisasi yang ada di kampus. Mulai dari yang umum seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, sampai yang lebih mencondongkan kegemaran. Misalnya, organisasi paduan suara, olahraga, dan masih banyak lagi.

Dikumpulkan bersama orang-orang yang memiliki kegemaran dan keinginan belajar yang tinggi akan membuatmu terpacu untuk belajar dan menjadi lebih baik lagi.

6. Membuatmu punya jiwa kepemimpinan

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/Free-Photos

Dimana lagi tempat yang lebih tepat untuk membangun jiwa kepemimpinanmu daripada sebuah organisasi. Ada saatnya kamu belajar sangat banyak saat kamu baru turut bergabung. Namun, ada juga waktunya nanti kamu akan diberi tanggung jawab untuk memimpin saat kamu sudah jadi senior.

Kamu akan belajar banyak bagaimana caranya membuat kesepakatan, memimpin diskusi, membantu para juniormu, berbicara di depan umum, dan masih banyak lagi yang akan memberimu simulasi yang bagus sebelum masuk ke lingkungan kerja nantinya.

7. Bukankah lebih baik menghabiskan waktumu dengan hal-hal yang bermanfaat?

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Sebaiknya Ikut Organisasi di KampusPixabay/rawpixel

Sebagai seorang mahasiswa, apa yang biasanya kamu lakukan saat kamu punya waktu senggang? Menjadi anggota dalam sebuah organisasi akan memberimu kesibukan di luar kelas, yang pastinya sangat bermanfaat.

Ayo mulai manfaatkan waktu senggangmu dengan melakukan banyak hal positif bersama teman-temanmu.

Masih ragu untuk bergabung di organiasai kemahasiswaan?

Felicia Felicia Photo Writer Felicia Felicia

Felicia adalah seorang mahasiswa jurusan IT di salah satu universitas swasta di kota Medan. Disamping menjadi seorang mahasiswa, Feli juga bekerja di salah satu perusahaan branding di kota Medan sebagai seorang designer grafis. Tinggal di sebuah rumah yang sederhana bersama orang tua, kakek nenek dan seorang adik laki-laki, mempunyai mimpi ingin menerbitkan buku yang Feli tulis sendiri. Berpendapat kalau menulis adalah salah satu cara untuk menginspirasi banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya