Comscore Tracker

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompok

Latih kerja sama tim sejak di bangku sekolah, yuk!

Tugas kelompok sejatinya diberikan oleh para pengajar untuk melatih kemampuan kerja sama tim. Namun, yang menjadi masalah adalah sering kali terdapat satu atau bahkan banyak dari anggota yang mangkir dari tugas kelompok dan berujung hanya satu orang saja yang berkorban menyelesaikan seluruh tugas. Hal ini tentu tidak baik, lho.

Mereka yang berkorban mengerjakan seluruh tugas akan merasa terbebani, sedangkan mereka yang tidak mengerjakan cenderung akan terus bersikap seenaknya dan tidak bertanggung jawab terhadap tugas dan anggota kelompoknya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi anggota yang mangkir dari tugas tersebut? Lima cara berikut bisa menjadi solusi. Simak terus, ya!

1. Buat jalur komunikasi dan pilih seorang ketua

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompokilustrasi grup diskusi online (pexels.com/AnnaShvets)

Ketika pandemi berlangsung, semuanya dilakukan serba online. Termasuk sekolah dan aktivitas pemberian tugas. Untuk kelancaran proses pengerjaan tugas kelompok tersebut, kamu bisa mulai dengan memanfaatkan sosial media yang dimiliki sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan membuat grup berisi anggota kelompok.

Kalau tak ada anggota yang memiliki inisiatif, kamu bisa menjadi penggerak dalam grup. Mulailah berdiskusi, misalnya melalui sarana video conference atau pun hanya melalui ruang obrolan sosial media. Ajak anggota untuk memilih seorang ketua kelompok yang dapat diandalkan dan tentunya bertanggung jawab pada kelompok.

2. Buat kesepakatan dengan kelompok sejak awal

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompokilustrasi grup diskusi online (pexels.com/JuliaMCameron)

Demi mencegah adanya anggota yang mangkir dari tugas dengan berbagai alasan, cobalah untuk membuat kesepakatan sejak awal. Tetapkan sanksi bagi anggota yang tidak berpartisipasi. Kamu dapat mengusulkan untuk tidak mencantumkan nama anggota yang tidak mengerjakan tugas atau melaporkannya langsung ke pihak pengajar.

Terdengar jahat namun sebenarnya ini merupakan langkah yang baik, lho. Dengan begini, setiap anggota sadar akan tanggung jawabnya masing-masing dan memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam pengerjaan tugas.

3. Bagi tugas ke dalam beberapa poin

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompokilustrasi belajar (pexels.com/JuliaMCameron)

Pada tugas presentasi dan membuat makalah misalnya, ketua berhak membagi materi ke dalam beberapa poin. Dia juga bisa membiarkan anggota lain memilih materi apa saja yang akan dicari.

Setelah selesai mengerjakan masing-masing materi dengan baik dan seluruh materi terkumpul, bagi kembali anggota menjadi dua tim, yaitu tim membuat makalah dan tim menyiapkan slide untuk presentasi. Dengan begitu, setiap tim akan berusaha melaksanakan tugas dengan baik karena sudah memahami tanggung jawab masing-masing.

Baca Juga: Intip Pengalaman dan Tips Belajar Bahasa Asing ala 6 Idol Kpop ini!

4. Menentukan terlebih dahulu tenggat waktu pengerjaan tugas

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompokilustrasi grup diskusi online (pexels.com/JuliaMCameron)

Meskipun waktu pengumpulan tugas masih lama, jangan sampai kamu dan anggota kelompok berleha-leha. Jangan memilih untuk mengerjakan ketika sehari menjelang pengumpulan, ya.

Manfaatkan waktu semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk menentukan tenggat waktu pengerjaan tugas dengan baik, agar memiliki banyak waktu untuk mengoreksi tugas jika terdapat kesalahan dalam pengerjaan.

5. Tetap teliti dengan deadline pengumpulan tugas

Pelajar, Ini 5 Cara Agar Anggota Tidak Mangkir dari Tugas Kelompokilustrasi belajar (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Jangan sampai terlambat dalam mengumpulkan tugas, ya. Kamu sebagai anggota maupun ketua harus berusaha untuk selalu menuliskan kapan deadline pengumpulan tugas yang ditetapkan oleh pengajar. Dengan begitu, kalian mampu menyerahkan tugas kelompok tepat waktu dan tentunya memperoleh nilai yang memuaskan.

Itu dia lima cara yang bisa dilakukan oleh kamu sebagai pelajar untuk mengatasi anggota yang sering mangkir dalam mengerjakan tugas. Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara tersebut agar mampu membangun kerja sama tim yang baik sejak masih di bangku sekolah, ya!

Alia Azhara Photo Verified Writer Alia Azhara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya