Comscore Tracker

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negeri

#Eduniverse: Jangan menyerah, kawan!

Kamu yang baru lulus dari bangku SMA, pasti saat ini sedang mempersiapkan menuju bangku kuliah. Tentunya, banyak hal yang harus kamu pikirkan dan persiapkan menuju bangku kuliah. Dari pilihan universitas hingga pilihan jurusan. Bisa jadi kamu saat ini sudah punya pilihan, namun sebagian dari kamu mungkin masih bingung dan bimbang akan melanjutkan pendidikan dimana.

Sebagian calon mahasiswa Indonesia pasti pernah memikirkan untuk kuliah di luar negeri dengan berbagai pertimbangan. Nah, kira-kira kenapa sih kamu wajib memikirkan untuk mencicipi kuliah di luar negeri? Berikut ini adalah lima alasan yang harus kamu pertimbangkan, check it out!

1. Sudah belasan tahun mencicipi pendidikan di Indonesia

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negerihancinema.net

Coba deh kamu hitung berapa tahun lamanya sudah mencicipi dunia pendidikan di Indonesia. Belasan tahun lamanya dari jenjang TK hingga SMA kamu sudah merasakan bagaimana sistem pendidikan di Indonesia. Tentunya, hal ini sudah memberikan kamu banyak pengalaman dan pengetahuan tersendiri.

Karenanya, gak salah kalau kali ini kamu ingin merasakan pendidikan di luar negeri. Mencari pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas untuk mengasah dan memperdalam ketertarikan di suatu bidang tertentu yang kamu minati.

2. Membangun dan memperluas jejaring

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negeridramabeans.com

Bukan hanya ilmu yang akan kamu peroleh, secara tidak langsung kamu akan membangun jejaring baru dengan lingkungan baru yang kamu tinggali. Jika kamu melanjutkan jenjang kuliah di Indonesia, besar kemungkinan akan bertemu dengan teman dari sekolah kamu sebelumnya.

Sudah saatnya kamu melangkah dan menjajaki jejaring baru dalam hidup sehingga memiliki wawasan yang lebih luas!

3. Melatih dan menambah kemampuan bahasa

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negerihancinema.net

Dimanapun negara yang kamu tuju untuk melanjutkan ke bangku kuliah, pasti kamu akan melatih kemampuan bahasa Inggris menjadi lebih baik karena sehari-hari kamu akan menggunakan bahasa Inggris. Menariknya, jika kamu menuju negara tertentu seperti Korea, Jepang, dan Jerman, kamu akan menambah kemampuan bahasa asing lainnya.

Walaupun harus belajar dari awal, paling tidak kamu sudah mempunyai kemampuan bahasa asing. Tentunya, hal ini menambah nilai plus saat kamu di dunia kerja nanti!

4. Membangun kemandirian diri

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negerihancinema.net

Melanjutkan pendidikan di luar negeri bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus disiapkan, seperti kebutuhan dana hingga pilihan universitas. Pastinya, hal ini harus kamu persiapkan sendiri karena kamu yang paling tahu mengenai kebutuhan kamu sendiri. Untuk mengatasi kebutuhan dana, kamu bisa mendaftar beasiswa karena banyak jenis beasiswa yang mulai ditawarkan untuk mahasiswa Indonesia.

Nah, hal ini akan membuat kamu lebih mandiri karena perlahan akan melatih diri sendiri untuk mengerjakan segala sesuatu sendiri. Semangat!

5. Membuka kesempatan peluang kerja di luar negeri

Calon MABA, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Merasakan Kuliah di Luar Negerihancinema.net

Karena kamu memiliki gelar dari universitas luar negeri, pastinya hal ini akan membuka kesempatan untuk memperoleh pekerjaan di luar negeri. Hal ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri karena pengalaman yang diperoleh pasti berbeda dan lebih menantang. Tentunya, peluang ini akan membawa kamu menjadikan nilai plus di bidang karir-mu dalam jangka panjang.

Walaupun harus berusaha keras mengalahkan beragam rintangan, pasti kamu bisa menghadapinya kok!

Bagi kamu yang bermimpi berkuliah di luar negeri, jangan pernah menyerah ya, guys~

Fransisca Stefanie Chandra Photo Verified Writer Fransisca Stefanie Chandra

a dreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You