Comscore Tracker

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?

Nomor 4 pasti pernah (atau akan) kamu alami!

Empat tahun menempuh pendidikan di bangku kuliah memang akan menjadi hal yang menyenangkan. Mahasiswa dapat bertemu dengan banyak teman baru dan mengenal lingkungan baru. Bersosialisasi dengan banyak pihak dan beragam variasi lingkungan menyenangkan. Namun, tak semuanya itu enak. Setiap mahasiswa pasti pernah mengalami problematika ini. Kalau kamu mengalami yang mana?

1. Mahasiswa tidur di kelas, dosen marah.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?theodysseyonline.com

Paling parah ketika jadwal kelas jam delapan pagi dan 12 siang, rasa ngantuk luar biasa pasti menghampiri. Kelas jam delapan pagi, mata kuliah sejarah apalagi. Makin ngorok deh di kelas. Peristiwa ini sering terjadi manakala mahasiswa mulai bosan dan lelah di kelas. Ketiduran dan ngorok sudah menjadi hal yang tak asing lagi. Parahnya, kalau dosen tahu, dosen akan menegur bahkan ada yang marah. Hmm. Salah siapakah ini? 

2. Mahasiswa datang ke kelas terlambat akan di sanksi, tapi terkadang dosen juga sering telat masuk kelas kok.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?rhstoday.com

Terlambat masuk kelas pasti pernah kalian alami, sekalipun terlambat satu menit aja. Biasanya, dosen yang ketat tidak akan memberikan batas keterlambatan. Nah, hal ini kalau dilanggar, terkadang bisa mempengaruhi nilai akhir nanti. Mahasiswa tidak boleh terlambat dengan alasan apapun itu. Hmm. Apakah hal ini juga berlaku untuk dosen? Eits, para dosen kalian pernah terlambat masuk kelas ga sih?

3. Kalau mahasiswa bertanya ke dosen, kadang akan dijawab "Kamu sudah cukup dewasa untuk menyelesaikan masalah itu sendiri".

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?footage.framepool.com

Hapalan, tugas projek, meringkas, menganalisis sudah menjadi makanan sehari-hari mahasiswa. Setiap hari kalau gak ada tugas, bukan mahasiswa namanya. Seperti tumbuhan, tugas mahasiswa itu selalu bertumbuh dan berkembang. Tapi, kalau mahasiswa bertanya tentang tugas dan mencari ke dosen. Pernah gak sih kalian menerima jawaban, "Kamu udah cukup dewasa kok untuk menyelesaikan masalah itu sendiri". Selain itu, ada dosen yang bilang, "Saya kira kapasitas kamu sudah mampu untuk berpikir mengenai logika ini". Hmm~

4. Lagi deadline skripsi dan butuh bimbingan, eh si dosen bilang, "Saya ada meeting selama dua hari".

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?natcom.org

Kalau sudah denger kata skripsi rasanya super frustasi buat dikerjain tapi senang karena satu langkah lagi bisa mengantongi gelar. Pekerjaan berat memang akan terjadi di waktu skripsi karena banyak hal yang harus dianalisis dan dikerjakan. Suntuknya lagi, kalau seorang mahasiswa mulai mengerjakan skripsi dengan dosen pembimbing yang sering pergi dan amat sibuk. Wah, alamat kamu mengerjakan skripsi dengan terpontang-panting. 

5. Mahasiswa terlambat kumpul tugas, dosen pusing memasukkan nilai loh.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?huffingtonpost.com

Jangan berpikir bahwa tugas dosen itu mudah dan praktis. Seorang dosen harus mengurus banyak mahasiswa dan banyak jenis pekerjaan. Belum lagi mengurus urusan diri sendiri dan keluarga. So, mahasiswa harus rajin-rajin kumpul tugas dengan tepat waktu. Jika tidak, maka seorang dosen akan kerepotan untuk memasukkan nilai ke dalam sistem.

Baca Juga: Tipe-tipe Dosen Ini SERING BANGET Bikin Kamu Gondok Abis!

6. Dosen harus berpikir keras nilai akhir mata kuliah berdasarkan banyak aspek.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?engageny.org

Memberikan nilai kepada mahasiswa itu ternyata tidak semudah yang dipikirkan loh, bukan asal memberikan nilai. Para dosen harus berpikir secara hati-hati karena banyak aspek yang ada di dalamnya. Dosen harus mempertimbangkan berdasarkan kurikulum dan skala yang sudah ditentukan. Oleh sebab itu, mahasiswa harus memenuhi banyak aspek tersebut supaya nilai akhir pun tidak mengecewakan.

7. Mahasiswa sebel abis ketika dosen tiba-tiba batalin kelas tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?i.huffpost.com

Dilema terjadi ketika mahasiswa diberi kesempatan untuk libur kelas. Mengapa dilema? Terkadang, dosen membatalkan kelas secara mendadak tanpa memberitahu satu minggu atau satu hari sebelumnya. Alhasil, udah jauh-jauh dari rumah ke kampus, kelas ditiadakan. Eh, sudah bangun pagi jam tujuh pagi, kelas ditiadakan. KZL!

8. Dosen itu punya banyak murid, jadi maklum aja kalo gak ingat nama mahasiswa.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?skoll.org

Sering dilupain namanya? Sudah biasa. Dosen itu mengajar banyak mahasiswa dalam satu hari, mana mungkin bisa mengingat satu persatu nama mahasiswanya. Kalaupun diingat, yang diingat adalah mahasiswa yang paling nakal dan paling aktif di kelas. Nah, kamu termasuk mahasiswa yang jenis apa?

9. Rasa bangga muncul ketika salah satu mahasiswanya berhasil juara lomba tingkat Nasional atau Internasional.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?we-ha.com

Wah, bukan senang lagi, bahkan rasa bangga pun muncul dari seorang dosen yang berhasil membimbing anak didiknya menuju ke ranah Nasional dan Internasional. Seorang mahasiswa sejatinya dapat berprestasi sehingga mampu mengasah kemampuan diri dan melatih jiwa kompetisi. Hal ini bermanfaat nanti setelah masuk dalam dunia kerja.  Ayo buat bangga Fakultasmu!

10. Mahasiswa wajib paham suasana hati dosen, kalo gak pasti ada salah paham.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?youtube.com

Konon, kamu wajib punya satu trik ini supaya urusan mu lancar. Mahasiswa harus paham dan mengerti situasi hati dosen. Kalo lagi badmood, jangan minta aneh-aneh ya. Kalo lagi happymood, buatlah mereka senang dan nyaman mempunya mahasiswa seperti kamu.

11. Bertahanlah untuk sopan dan nurut, karena itu buat jalan menuju kelulusan jadi mulus.

Problematika yang Biasanya Dialami Mahasiswa di Kampus, Kamu yang Mana?huffingtonpost.com

Sesulit-sulitnya urusan kamu di kampus dan sekejam-kejamnya dosen di kampus, cobalah bertahan. Paling tidak hingga kamu memperoleh gelar sarjana. Karena kamu masih membutuhkan mereka untuk membimbing menuju dunia di masa depan.

Biar ini jadi problem, tapi kamu wajib sabar ya demi masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Alasan Logis yang Menjawab "Kenapa Dosen Selalu Benar?” 

Topic:

Berita Terkini Lainnya