Comscore Tracker

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliah

Penting diketahui agar tidak salah langkah #IDNTimesLife

Memilih jurusan kuliah yang cocok itu memang tidak mudah bagi sebagian orang. Terkadang cocok tidaknya dengan jurusan kuliah yang dipilih malah baru dirasakan saat sudah menjalani prosesnya.

Jika sudah seperti itu, seringkali diri pun kebingungan tentang keputusan yang harus diambil, entah itu berhenti, pindah atau tetap melanjutkan jurusan kuliah yang sudah terlanjur dipilih. Supaya kamu bisa tetap berpikir secara realistis terhadap keputusan yang akan diambil, yuk simak dulu ulasan berikut! 

1. Pertimbangkan berulang kali dengan matang soal waktu, biaya dan tenaga

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliahilustrasi jam tangan (pexels.com/Erik Mclean)

Pertama, sebaiknya dirimu mempertimbangkan dengan matang soal waktu, tenaga dan biaya yang sudah ataupun perlu dikeluarkan. Hal ini penting dipertimbangkan secara logis agar mengurangi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Sikap realistis juga penting agar kamu bisa memikirkan dengan lebih tepat dan akurat tentang keputusan serta langkah-langkah yang perlu diambil. 

2. Tidak ada salahnya mendengar suara hati, namun pertimbangkan juga dengan logis

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliahilustrasi orang merenung (pexels.com/Engin Akyurt)

Keputusan yang kita ambil sering juga dipengaruhi oleh suara hati yang kita dengar. Sebenarnya, gak ada salahnya kok kalau kamu memilih untuk mendengar suara hatimu. Ya, suara hati memang sangat memengaruhi perasaan atau suasana hatimu dalam memutuskan sesuatu.

Namun sebaiknya pertimbangkan juga dengan logis ya, misal kamu ingin pindah jurusan kuliah namun hanya tinggal satu tahun lagi menuju kelulusan, di sini kamu perlu menyeimbangkan antara suara hati dan logikamu dalam membuat keputusan.

3. Sebaiknya segera cari dan mintalah saran dari orang yang tepat

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliahilustrasi orang merenung (pexels.com/cottonbro)

Di tengah kebimbanganmu saat sadar salah jurusan kuliah, mungkin ada baikmya kalau kamu segera mencari dan meminta saran dari orang yang tepat. Hal ini penting karena ketika keraguan dan kebimbangan melanda, kadang kita perlu nasihat atau saran dari orang yang tepat dan bisa dipercaya. Dengan begitu mungkin ada pemahaman baru atas solusi yang sedang dicari.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Kuliah di Jurusan Arsitektur, Siap Jadi Arsitek Hebat!

4.  Sebaiknya jangan terburu-buru dalam memutuskan meski kamu sangat menginginkannya

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliahilustrasi sedang membaca buku (pexels.com/Giftpundits.com)

Supaya kamu bisa tetap realistis meski sedang bingung dan galau, sebaiknya ingatlah untuk tidak terburu-buru dalam memutuskan meski kamu sangat menginginkannya. Hal ini karena keputusan yang kamu buat secara terburu-buru lebih mungkin meninggalkan penyesalan di kemudian hari, lho. Jadi, sebaiknya pikirkan dulu dengan matang ya!

5. Sadari kalau keputusanmu mungkin tak hanya berdampak pada dirimu, melainkan orang di sekitarmu juga

5 Tips agar Tetap Realistis Saat Kamu Sadar Salah Jurusan Kuliahilustrasi orang sedang berdiskusi santai (pexels.com/Jopwell)

Ya, kita juga perlu realistis kalau keputusan yang kita buat mungkin tak hanya berdampak pada diri sendiri, melainkan pada orang terdekat di sekitar kita. Jika hasil keputusan itu ternyata baik, tentu tidak ada masalah ya. Namun apa jadinya kalau hasil keputusan tersebut juga berdampak buruk pada orang terdekat? Inilah kenapa kita perlu hati-hati dan realistis ketika memutuskan sesuatu.

Jadi, itulah kelima tips penting agar kamu tetap realistis saat sadar salah jurusan kuliah. Semoga kelima tips di atas juga bermanfaat bagi kamu yang masih bingung dan bimbang ketika harus mengambil keputusan yang bijaksana. 

Baca Juga: Kamu Terlanjur Salah Jurusan kalau Muncul 5 Tanda Ini Selama Kuliah

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya