Comscore Tracker

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsi

Persiapan ini perlu dilakukan jauh-jauh hari

Mengerjakan skripsi memang sangat penting bagi mahasiswa tingkat akhir. Nah, untuk kamu yang saat ini termasuk dalam kategori mahasiswa baru, ada baiknya melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum menjadi mahasiswa tingkat akhir.

Sebab, mahasiswa tingkat akhir biasanya punya kesibukan yang jauh lebih banyak dibandingkan mahasiswa baru. Nah, agar pengerjaan skripsi semakin lancar ke depannya, sebagai mahasiswa baru kamu perlu menyiapkan lima persiapan dasar berikut.

1. Persiapkan tekad dan mentalmu terlebih dahulu

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsipexels.com/Anastasiya Gepp

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan tekad dan mentalmu sebagai persiapan dasar sebelum nantinya mengerjakan skripsi. Dari awal masuk perkuliahan, kamu tentu tahu bahwa nantinya kamu akan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengerjakan skripsi.

Selagi masih ada waktu, latih tekad dan mentalmu dengan mengerjakan tugas kuliah dan ujian secara maksimal. Dengan begitu ketika kamu telah menjadi mahasiswa tingkat akhir, dirimu tak akan terkejut lagi dengan tugas dan tanggung jawabmu dalam mengerjakan skripsi.

2. Persiapkan dana sedini mungkin dari awal memasuki masa perkuliahan

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsipexels.com/Karolina Grabowska

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang hal-hal teknis seputar persiapan dasar lainnya, maka persiapan yang satu ini tentu tidak boleh kamu lupakan. Ya, persiapan dana tentu juga penting dalam menjalani proses perkuliahan, terutama saat hendak mengerjakan skripsi di akhir semester nanti.

Setiap mahasiswa tentu punya kondisi finansial yang berbeda-beda, oleh karena itu perlu rasanya mempersiapkan dana yang disisihkan untuk kebutuhan perkuliahan terutama saat proses pengerjaan skripsi berlangsung. Sebab biasanya ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan saat proses pengerjaan skripsi seperti biaya buku, biaya print atau mencetak skripsi dan lain sebagainya.

Baca Juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Gak Stres Berlebihan saat Skripsi

3. Persiapkan kemampuan bahasa Inggris dengan sebaik-baiknya

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsipexels.com/Cleyder Duque

Seperti yang ktia ketahui, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang saat ini penting untuk dikuasai. Dalam dunia perkuliahan pun, sedikit banyak kemampuan bahasa Inggris itu juga diperlukan lho.

Banyak istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang mungkin akan kamu temui dalam berbagai pelajaran, apalagi saat harus mengerjakan skripsi nantinya. Tak hanya itu saja, umumnya mahasiswa tingkat akhir juga akan berhadapan dengan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) sebagai salah satu syarat untuk kelulusan. Jadi, terus belajar dan latih kemampuan bahasa Inggrismu, ya!

4. Persiapkan skill komputer dengan latihan yang tepat

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsipexels.com/Vlada Karpovich

Ya, kemampuan yang satu ini juga tidak boleh kamu sepelekan lho. Skill atau keahlian dalam menggunakan komputer dan internet juga sangat penting dalam membantumu mengerjakan skripsi.

Setidaknya, kuasailah beberapa skill dasar komputer yang biasanya banyak dibutuhkan seperti skill untuk menguasai program microsoft office, mengetik dengan cepat dan masih banyak lagi. Di zaman sekarang yang sudah mengalami banyak kemajuan dalam bidang teknologi informasi, rasanya skill komputer ini adalah keahlian dasar yang juga wajib dikuasai. Bagaimana menurutmu?

5. Persiapkan rencana yang matang

5 Persiapan Dasar yang Membuatmu Lancar dalam Mengerjakan Skripsipexels.com/Artem Podrez

Persiapan yang satu ini juga tak kalah penting untuk menunjang semua persiapan dasar yang telah dijelaskan di atas. Pada awalnya, membuat rencana itu mungkin terlihat abstrak dan tak begitu bermanfaat, namun setelah melalui banyak proses dirimu akan sadar betapa pentingnya rencana itu perlu disiapkan dengan matang. Tentunya dengan harapan agar nantinya proses pengerjaan skripsi dapat berjalan lancar dan tanpa halangan.

Jadi, itulah kelima persiapan dasar yang dapat membuatmu lancar dalam mengerjakan skripsi. Selain kelima persiapan dasar di atas, sebenarnya masih ada banyak persiapan dasar lain yang tak kalah penting untuk dijalankan. Intinya, berbagai persiapan dasar yang telah kamu lakukan harus didasari sikap yang konsisten dan bersungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Bikin To Do List saat Mengerjakan Skripsi

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya