Comscore Tracker

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadi

Berusahalah sebaik mungkin namun jangan memaksakan diri

Merasa malas belajar memang kerap terjadi dengan berbagai alasan yang mengikutinya. Namun, sebaiknya jangan biarkan rasa malas belajar itu menguasai dirimu ya. Apalagi rasa malas belajar itu sampai memengaruhi aktivitas atau kegiatan belajarmu.

Terkadang saat rasa malas belajar itu muncul, hal apa yang sebaiknya dilakukan? Tenang, ada lima tips penting untuk memudarkan rasa malas belajar tersebut. Yuk, kita simak dulu ulasan berikut!

1. Pahami dulu alasan kenapa kamu merasa malas belajar dan alasan kamu perlu lebih rajin untuk belajar

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadiilustrasi orang merenung (pexels.com/Quốc Bảo)

Untuk memudarkan rasa malas belajar tersebut, kamu perlu memahami alasan kenapa kamu merasa malas untuk belajar. Gak hanya itu saja, kamu pun sebaiknya mengetahui alasan kenapa kamu perlu lebih rajin untuk belajar.

Memang mungkin tidak terdengar penting bagimu, namun sebenarnya hal-hal sederhana seperti ini juga ikut menentukan lho. Dengan memahami berbagai alasan dan jawaban yang muncul dari dalam dirimu, kamu akan lebih tahu strategi untuk memudarkan rasa malas tersebut.

2. Jangan memaksakan diri untuk langsung menghilangkan rasa malas belajar tersebut, jalani prosesnya secara bertahap

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadiilustrasi orang membaca buku di perpustakaan (pexels.com/cottonbro)

Alasan kenapa rasa malas belajar itu sebaiknya dipudarkan dulu dan tidak langsung dihilangkan adalah karena tidak semudah itu untuk menghilangkan rasa malas belajar. Bahkan mungkin terkadang rasa malas itu akan semakin menjadi-jadi saat dilawan.

Bukan berarti membiarkan rasa malas itu berkembang ya, namun jalani saja proses untuk memudarkan rasa malas tersebut secara bertahap. Jadi, ada baiknya untuk tidak langsung memaksakan diri menghilangkan rasa malas belajar tersebut. Setuju, 'kan?

3. Tetapkan jadwal kapan kamu harus rajin belajar dan kapan kamu perlu 'malas' belajar

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadiilustrasi kalender (pexels.com/RODNAE Productions)

Nah, proses untuk memudarkan rasa belajar itu memang susah-susah gampang dan berbeda-beda bagi setiap orang. Salah satu tips yang bisa kamu coba adalah menetapkan jadwal kapan kamu harus rajin belajar dan kapan kamu perlu 'malas' belajar.

Bukan malas belajar yang sebenarnya ya, melainkan menetapkan waktu kapan untuk rileks atau berhenti sejenak dari segala kepenatan yang dirasakan saat belajar. Jadi, yuk coba luangkan waktu untuk membuat jadwal belajar tersebut ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Sahabat Malas untuk Percaya Padamu

4. Cari hal-hal positif yang bisa membantumu untuk semangat belajar dan juga memudarkan rasa malas belajar tersebut

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadiilustrasi orang sedang mencari buku (pexels.com/cottonbro)

Salah satu tips penting yang patut dicoba adalah mencari hal-hal positif yang bisa membantumu untuk semangat belajar. Selain itu hal-hal positif itu juga biasanya akan ikut memudarkan rasa malas belajar tersebut. Nah, hal-hal positif dan bermanfaat itulah yang perlu kamu cari tahu dulu agar bisa menerapkannya dalam kehidupanmu sehari-hari, terutama saat hendak belajar.

5. Cari tujuan jangka panjang yang tepat dan bisa membuatmu lebih bersemangat saat belajar

5 Tips untuk Memudarkan Rasa Malas Belajar yang Semakin Menjadi-jadiilustrasi perencanaan (pexels.com/Startup Stock Photos)

Rasa malas tentu akan semakin menjadi-jadi saat kamu belum punya tujuan jangka panjang yang bisa memotivasimu untuk lebih semangat belajar. Kenapa sebaiknya perlu menetapkan tujuan jangka panjang?

Ya, karena jika tujuan jangka pendek yang kamu tetapkan biasanya rasa malas belajar itu akan lebih cepat muncul kembali. Jadi, coba temukan tujuan jangka panjang yang tepat, realistis dan tentunya cocok untukmu.

Jadi, pada dasarnya untuk bisa memudarkan rasa malas belajar itu memang perlu proses. Meski mungkin tidak mudah bagimu, setidaknya cobalah sebaik mungkin agar bisa bertahan menjalani proses tersebut. Berusahalah untuk tetap semangat belajar, ya!

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Bikin Sadar Pentingnya Belajar, Yuk Jangan Malas

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya