Comscore Tracker

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesai

Manajemen waktu dengan bantuan timer berbentuk tomat

Menjadi mahasiswa di masa pandemik tidaklah segampang yang dikira. Karena kegiatan perkuliahan beralih menjadi daring, banyak sekali godaan yang menghasutmu untuk mageran. Hal ini tentu gak baik buat produktivitasmu. Terlebih lagi kalau tugas lagi banyak-banyaknya, bisa-bisa malah makin menumpuk, tuh.

Pastinya, kamu gak mau dapat nilai jelek hanya karena mager dan susah fokus, kan? Nah, ada satu metode manajemen waktu yang sangat efektif untuk menjaga konsentrasimu ketika belajar. Namanya adalah teknik Pomodoro.

Biar gak penasaran, mending langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini! Baca sampai habis, ya, Guys.

1. Belajar dengan timer tomat

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesaiilustrasi tomat (freepik.com/Racool_studio)

Seperti yang telah disinggung di awal artikel, teknik Pomodoro merupakan salah satu metode manajemen waktu yang bakal membantumu untuk menyelesaikan tugas dalam kurun waktu tertentu. Teknik ini diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada awal tahun 1990-an ketika dirinya masih seorang mahasiswa.

Dengan menggunakan timer dapur berbentuk tomat, Cirillo berusaha mengerjakan tugas-tugasnya dalam rentang waktu 25 menit, dengan diselingi istirahat 5 menit. Nah, penggunaan timer tomat itulah yang menjadi cikal bakal penamaan teknik ini, di mana dalam Bahasa Italia, pomodoro bermakna 'tomat'.

2. Keutamaan yang disuguhkan teknik Pomodoro

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesaiilustrasi mengerjakan tugas (unsplash.com/Green Chameleon)

Pengin banget menyelesaikan tugas, tapi malah sering terdistraksi sama lingkungan sekitar. Nah, di sinilah teknik Pomodoro hadir sebagai solusi. Dalam waktu yang singkat, yaitu selama 25 menit, kamu dituntut untuk senantiasa fokus. Apabila berhasil melakukannya, kamu akan terasa lebih produktif dan pastinya tugas makin cepat kelar.

Selain meningkatkan produktivitas, ada keutamaan lain dari metode manajemen waktu ini, lho. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membantu mencapai target belajar;
  • Menjauhkanmu dari berbagai macam gangguan/distraksi;
  • Menambah motivasi;
  • Membantu mengambil keputusan dengan lebih baik;
  • Menghindarimu dari melakukan multitasking;
  • Mengubah kebiasaan belajar (ke arah yang lebih baik);

3. Memangnya benaran efektif?

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesaiilustrasi menggunakan laptop (pixabay.com/janeb13)

Kepopuleran teknik Pomodoro bukanlah tanpa sebab. Hal ini tentunya karena sudah banyak yang menerapkan dan menikmati dampak positifnya. Salah satu yang mengakui keampuhan metodi ini adalah Kat Boogard, seorang penulis lepas yang gak memercayai hacks peningkat fokus dan produktivitas.

Sebelum mengenal teknik itu, Boogard biasanya hanya mengisi to-do list-nya, lalu mencoba untuk menyelesaikan semuanya. Namun, siapa sangka manajemen waktu ala Francesco Cirillo tersebut mengubah pikirannya.

Boogard merasa, teknik Pomodoro sangat berbeda lantaran memacumu untuk selalu berkonsentrasi dan bijak memanfaatkan waktu lewat "tekanan" yang diberikan. Di samping itu, menurutnya, teknik ini juga membantumu menjadi lebih bugar. Sebab, kamu bisa beristirahat, selama 5 menit, sehingga mencegahmu duduk seharian.

Sebagai tambahan, jurnal yang diterbitkan di Cognition mengungkapkan kalau istirahat singkat di sela-sela pekerjaan mampu membantu mempertahankan konsentrasi yang kamu miliki. Pastinya, teknik Pomodoro memenuhi kondisi tersebut. Jadi, masih ragu untuk melakukannya?

Baca Juga: Jadi Lebih Fokus, 5 Tips Belajar dengan Teknik Pomodoro

4. Cara melakukan teknik Pomodoro

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesaiilustrasi jam (freepik.com/fabrikasimf)

Sebagai penggagas metode manajemen waktu ini, Cirillo membagi 4 babak yang masing-masing terdiri atas 25 menit belajar dengan selingan istirahat selama 5 menit. Namun, bukan berarti kamu harus langsung menyelesaikannya selama 25 menit tersebut, ya. Bagi tugasmu sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan.

Supaya lebih jelas, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Terlebih dahulu, pilih tugas yang ingin kamu kerjakan;
  • Jauhkan segala macam distraksi yang bisa mengacaukan konsentrasimu. Dalam hal ini, senyapkan atau buat ponselmu dalam mode pesawat;
  • Kemudian, selama 25 menit ke depan, usahakan untuk tetap fokus saat mengerjakan tugas;
  • Jika sudah, istirahat sebentar selama 5 menit. Di sini, kamu bisa melakukan apa saja, mulai dari menggerakkan badan, ke kamar mandi, ataupun memainkan ponselmu;
  • Lanjut kembali sampai keempat babaknya terlewati. Setelah itu, kamu bisa mengambil istirahat yang lebih panjang (kurang lebih 15–20 menit).

Dalam pelaksanaannya, tentu kamu gak harus sepenuhnya terpatok dengan yang dilakukan Cirillo. Misalnya, kamu bisa mengganti durasinya menjadi 1 jam. Terus, kamu juga bisa menggunakan timer yang ada di handphone ataupun aplikasi khusus sebagai pengganti timer tomat.

5. Kalau masih gak fokus, harus gimana, dong?

5 Hal tentang Teknik Pomodoro, Bantu Tugas Cepat Selesaiilustrasi perempuan frustrasi (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Terkadang, ekspektasi gak sejalan dengan realita. Niatnya pekerjaan rumah jadi cepat selesai dengan teknik Pomodoro, malah berakhir sama saja. Hal ini bisa terjadi karena kamu masih sering teralihkan dengan lingkungan sekitarmu. Alhasil, kamu pun jadi gak fokus.

Semisal handphone adalah gangguanmu, cobalah untuk membuatnya senyap dan menjauhkannya dari jangkauanmu. Semisal ruangan tempat kamu belajar terlalu bising, coba gunakan headset ataupun earphone. Kamu juga bisa pindah ke tempat yang lebih tenang, seperti perpustakaan.

Namun, kalau ternyata orang adalah gangguanmu, katakan kepada mereka kalau kamu sedang sibuk mengerjakan tugas untuk beberapa menit ke depan. Kamu juga boleh sekaligus memberitahu waktu yang tepat untuk menghubungimu. Cara lainnya adalah dengan menghubungi mereka di sela-sela waktu istirahat atau ketika semua tugasmu sudah selesai.

Gak perlu takut tugas menumpuk karena teknik Pomodoro bakal membantumu menyelesaikan semua pekerjaan rumah menjadi lebih cepat. Jangan lupa sediakan air putih dan snack sewaktu belajar supaya kamu gak haus dan kelaparan, ya. Semangat ngerjain tugasnya!

Baca Juga: 5 Trik Simpel Tingkatkan Produktivitas, Ada Teknik Pomodoro, lho

E N C E K U B I N A Photo Verified Writer E N C E K U B I N A

Mau cari kerja yang bisa rebahan terus~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya