Comscore Tracker

5 Video TEDx Ini Bisa Memotivasimu Belajar Bahasa Asing Lho

#EdFunFact Biar makin semangat!

Gak bisa dipungkiri jika sekarang kita hidup di era yang sangat terbuka, dimana batas-batas negara bukan lagi sebuah masalah. Kita bisa mengetahui sebuah kejadian yang sedang terjadi di belahan bumi lainnya hanya dalam hitungan menit.

Hal ini juga mampu mendorong kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan seperti teknologi, pendidikan dan ekonomi. Akan tetapi kemajuan ini juga menuntut kita untuk mampu berkomunikasi bahasa yang lebih global seperti bahasa Inggris, Arab maupun Mandarin.

Banyak orang mengeluhkan karena kesulitan untuk mempelajari bahasa asing. Hal ini bisa saja disebabkan karena metode belajar yang keliru.

Namun kamu jangan khawatir, 5 pembicara TEDx ini akan membagikan cara-cara efektif agar kamu bisa menguasai bahasa asing.

1. Sid Efromovich

https://www.youtube.com/embed/-WLHr1_EVtQ

Sid Efromovich adalah seorang polyglot, artinya adalah seseorang yang mampu menguasai lebih dari 4 bahasa, bahkan Sid mampu menguasai 7 bahasa asing. Sid tumbuh di Brazil dan telah mengunjungi banyak negara.

Saat ini dia tinggal di Amerika Serikat dan telah memberikan banyak workshop dan ceramah di tiga benua berbeda tentang bagaimana memelihara kebahagiaan dan pembelajaran bahasa asing.

Dalam video TEDx ini dia membagikan ide sederhana tentang teknik agar bisa berbicara bahasa asing apapun. Didorong science dan psikologi, materinya dalam video ini terlihat cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun yang ingin menguasai bahasa asing.

Salah satu tekniknya adalah melakukan kesalahan sebanyak-banyaknya. Kok gitu? tonton aja langsung ya penjelasannya.

Luar biasanya lagi, videonya ini telah ditonton lebih dari 8 juta viewers!

2. Matthew Youlden

https://www.youtube.com/embed/Yr_poW-KK1Q

Sama seperti Sid Efromovic, Matthew adalah seorang poyglot dan juga ahli linguistik. Dalam video ini dia menjelaskan langkah-langkah mudah cara mempelajari sebuah bahasa baru dan cara menghilangkan prasangka-prasangka keliru tentang pembelajaran bahasa.

Dia juga menceritakan tentang bagaimana mempelajari bahasa mampu mengubah kehidupannya dari seorang anak kecil kembar biasa menjadi seorang duta bahasa dan seorang dosen.

Telah mempelajari lebih dari 20 bahasa, misi Matthew adalah ingin membagikan kebahagiaannya tentang bahasa. Dia percaya jika dengan perangkat yang benar, serta pembelajaran yang menyenangkan, setiap orang mampu mempelajari bahasa baru dengan mudah.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Dia 7 Alasan Mengapa Harus Belajar Bahasa Perancis

3. Tim Doner

https://www.youtube.com/embed/xNmf-G81Irs

Tim Doner merupakan guru senior di Dalton School di New York yang telah mempelajari lebih dari 20 bahasa. Hebatnya, dalam TEDx dia mempraktikkan kemampuan beberapa bahasa asing seperti bahasa Mandarin, Arab, Jerman, Hebrew, Turki termasuk bahasa Indonesia. Lebih luar biasa lagi, dia mampu menguasai puluhan bahasa ini dalam usia yang masih sangat muda.

Dalam video ini dia menceritakan bagaimana cara memecahkan kesulitan berbahasa berdasarkan pengalamannya. Ketertarikannya terhadap bahasa sendiri dimulai saat dirinya masih berusia 13 tahun dengan belajar bahasa Prancis dan Latin. Tak hanya itu, dia pun mempelajari bahasa-bahasa 'unik' yang jarang orang tahu seperti Pashto, Ojibwa dan Swahilli.

Berkat kemampuannya tersebut, dia pun pernah diwawancarai media-media besar seperti The New York Times, BBC, The Today Show dan Reuters dengan berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Mandarin dan Persia.

4. Marianna Pascal

https://www.youtube.com/embed/Ge7c7otG2mk

Selanjutnya adalah Marianna Pascal yang menjadi pembicara TEDX di Malaysia. Dia menunjukan tentang bagaimana rahasia berbicara sebuah bahasa baru dengan kepercayaan diri adalah tentang bersikap, bukan kemampuan.

Dia menceritakan tentang kesamaan anaknya yang belajar piano dengam mereka yang mempelajari bahasa Inggris di Malaysia. Kesamaannya adalah cara kita bersikaplah yang berperan lebih penting saat mempelajari sebuah bahasa asing.

Marianna Pascal sendiri adalah seorang aktris Kanada, dan saat ini juga merupakan pelatih komunikasi untuk Miss Malaysia. Dia juga merupakan penulis buku best seller English Fasy & Easy.

5. Chris Lonsdale

https://www.youtube.com/embed/d0yGdNEWdn0

Video yang terakhir adalah penampilan Chris Lonsdale yang merupakan seorang direktur sebuah perusahaan peningkatan kualitas sumber daya manusia bernama Chris Lonsdale & Associates.

Dia juga membangun sebuah pendekatan unik agar orang-orang mendapatkan makna saat mempelajari bahasa dalaw waktu yang pendek. Berdasarkan psikologi dan ilmu bahasa yang telah dia pelajari serta alami, dia membagikan tentang bagaimana cara untuk menguasai sebuah bahasa dalam 6 bulan.

Video ini sangat menarik perhatian orang banyak, terbukti dengan jumlah viewer yang mencapai 13 juta.

Jangan lupa ditonton dan diperhatikan baik-baik ya. Dijamin deh belajar bahasa asingnya bakalan semakin semangat!

Baca Juga: 5 Channel YouTube yang Cocok Banget Buat Belajar Bahasa Jepang

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You