Comscore Tracker

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat Presentasi

Mereka gak akan berpaling darimu deh!

Belakangan, semakin banyak acara yang menuntut kita untuk bisa melakukan presentasi di depan umum. Makin banyak workshop dan seminar, makin banyak presentasi konsep bisnis, dan sebagainya yang dilakukan oleh milenial.

Namun, ternyata untuk melakukan presentasi yang keren itu gak sederhana bagi pemula. Hal paling sulit adalah membuat audiens fokus pada kita selaku presenter dan gak bikin mereka bosan.

Nah, berikut ada beberapa kunci penting untuk menampilkan presentasi yang keren sehingga audiens pun gak ngantuk saat mendengarkan pemaparanmu. Perhatikan baik-baik ya!

1. Ceritakan sebuah kisah

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat Presentasikopikini.com

Manusia adalah makhluk naratif, artinya kognisi manusia dipengaruhi oleh cerita sehari-hari. Selain itu, tidak dipungkiri kalau kita lebih senang mendengarkan cerita yang ada drama dan alurnya dibandingkan argumen yang penuh teori.

Makanya, biar audiens terpaku padamu, kamu harus menyiapkan cerita yang menarik. Lebih bagus lagi kalau itu adalah cerita pribadimu yang bisa memperkuat topik presentasi.

2. Tampilkan data yang relevan

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat PresentasiPexels/ 祝 鹤槐

Setiap ucapanmu harus bisa dipertanggungjawabkan lewat data. Gak harus berupa grafik atau angka. Kamu bisa mengungkapkan gagasan berdasarkan hasil penelitian atau peristiwa sejarah. Hal ini akan semakin memperkuat kredibilitasmu sebagai presenter lho!

Jadi, sebelum naik ke atas panggung, pastikan kamu sudah mempelajari materi yang akan disampaikan. Kulik lebih dalam pengetahuan yang akan dipresentasikan sehingga audiens akan semakin paham.

3. Humor itu perlu!

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat Presentasihackernoon.com

Ini dia yang suka terlupa oleh presenter: humor! Bayangkan kamu mendengarkan sebuah pidato selama 2 jam, gak mungkin gak ngantuk kan?

Beda dengan pidato, dalam presentasi kamu harus menggunakan komunikasi 2 arah. Artinya kamu harus mengajak audiens berinteraksi. Salah satunya dengan mengungkapkan lelucon. Dengan lelucon, kamu pun akan mendapatkan feedback dari para audiens.

Hal ini penting supaya audiens gak bosan. Mereka akan respect denganmu karena presentasimu menyenangkan, gak membosankan, dan terkesan seru!

Baca Juga: Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!

4. Temukan topik yang disukai sama audiensmu supaya lebih 'klik'

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat Presentasiconductyourmedia.com

Meskipun kamu sudah ditugaskan untuk mempresentasikan tema yang jelas, namun kadang perlu ada topik-topik pendamping supaya penjelasanmu sampai pada pemahaman audiens. Contohnya, kamu diminta presentasi tentang menulis kreatif, maka cari contoh topik tulisan yang sekiranya disukai oleh audiensmu.

Dengan begitu, mereka akan lebih paham dengan poin yang sedang kamu jelaskan.

5. Ajak mereka untuk bicara, tanyakan sesuatu

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat PresentasiPexels/rawpixel

Ya, sangat penting untuk mengajak mereka bicara. Karena ini akan merangsang otak audiens juga untuk berpikir. Sehingga otak mereka tidak cuma digunakan untuk mengolah suara, tapi juga kemudian bekerja untuk menemukan sebuah jawaban. Sampaikan aja pertanyaan yang receh sebagai ice breaking.

Sekali lagi, tujuannya adalah supaya mereka gak bosan mendengarkan presentasimu!

6. Penting! Jangan terlalu fokus pada slide presentasimu

6 Kunci Penting buat Menarik Perhatian Audiensmu saat Presentasiillinois.edu

Kamu harus fokus ngobrol dengan audiens, jadi gak perlu terlalu terpaku dengan slide presentasi yang udah dibuat. Slide presentasimu harus fokus pada visual aja, jangan kebanyakan kata.

Selebihnya, kamu bisa lebih banyak menjelaskan tentang poin slide yang sedang ditampilkan. Hal ini tentu akan membuat audiensmu lebih fokus pada penuturan ketimbang slide ciamik yang tampil pada layar.
 
Itulah 6 kunci penting yang harus kamu perhatikan saat presentasi supaya audiens memperhatikanmu dari awal sampai akhir. Jangan buat mereka ngantuk. Jangan buat mereka bosan. Tampilkan presentasi yang seru sehingga materi yang kamu sampaikan pun terpahami oleh audiens. Siap?

Baca Juga: 5 Gaya Presentasi Ini Bakal Bikin Audiens Gak Berpaling Darimu!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya