Comscore Tracker

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seru

Bisa, yuk menampilkan presentasi yang gak membosankan

Pandemik COVID-19 yang mulai masuk ke Indonesia sejak 2020 lalu perlahan memaksa kita untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk belajar dan bekerja secara online. Gak cuma pembelajaran sekolah dan kuliah, sekarang pun ada banyak banget kegiatan kelas keterampilan yang dilakukan secara virtual.

Nah, di antara kamu mungkin ada yang berkesempatan sebagai pemateri kelas. Mengisi kelas offline dengan online tentunya punya nuansa yang berbeda. Kalau di offline kamu bisa berinteraksi langsung sama peserta, sedangkan di online, mau gak mau interaksinya juga virtual.

Susahnya adalah bagaimana supaya kelas online yang itu gak bikin peserta bosan hingga meninggalkan ruang kelas. Daripada bingung, coba simak beberapa tips persiapkan presentasi di bawah ini dan kamu bisa mencobanya nanti di kelas online-mu!

1. Jangan bikin slide materi presentasi terlalu banyak

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seruilustrasi membuat presentasi (pexels.com/fauxels)

Sama aja seperti presentasi biasanya, sebisa mungkin buatlah tampilan materi yang singkat. Kamu bisa menghitung jumlah slide dengan memperkirakan antara durasi penyampaian materi kelas dengan kepadatan materimu. Contohnya, kamu diberikan waktu 30 menit untuk presentasi, maka perkirakan untuk satu slide kamu membutuhkan waktu 2 menit untuk bicara. Berarti jumlah slide-nya kira-kira 15 buah.

Selain itu, penting diperhatikan jangan terlalu banyak menampilkan teks pada slide sebab bisa mengalihkan konsentrasi peserta. Dalam sebuah presentasi kelas, kamu harus bisa membuat peserta fokus mendengarkan kamu, bukan melihat slide presentasinya. Jadi, buat slide yang sesimpel mungkin--dengan desain menarik tentunya.

2. Buat selingan yang lucu di dalam slide presentasi

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seruilustrasi membuat presentasi (pexels.com/Anthony Shkraba)

Nah, 15 slide presentasi tadi hanya berisi materi. Tentu saja kamu boleh menambahkan slide asalkan isinya di luar materi. Oleh karenanya, kamu perlu memberikan slide selingan agar penyampaian materimu tidak membuat peserta bosan.

Selingan itu bisa berupa video, gambar lucu, atau lagu. Aplikasi pembuat slide presentasi masa kini udah canggih-canggih yang memungkinkan kamu mencantumkan media audio-visual seperti contoh di atas. Jadi, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik, ya!

Baca Juga: 5 Pertimbangkan Penting sebelum Join Kelas Online Berbayar

3. Adakan kuis di tengah presentasi

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seruilustrasi membuat presentasi (pexels.com/Michael Burrows)

Sama halnya seperti pelaksanaan kelas offline, kadang-kadang ada ice breaking, kan di tengah kelas? Entah itu senam ringan atau bermain game. Pokoknya ini adalah kegiatan refreshing singkat agar kamu, selaku pemateri, dan para peserta gak tegang melulu otak dan matanya.

Konsep ini juga bisa kamu adaptasikan dalam kelas online. Adakanlah kuis atau permainan sederhana di tengah penyampaian materi. Misalnya, kuis tebak-tebakan gambar, Kahoot, kuis di Google Form, atau sesederhana tebak kata. Gak harus lama-lama. Kamu hanya perlu meluangkan waktu sekitar 5--10 menit untuk memberikan kuis seperti ini. Apalagi kalau ada hadiahnya, pasti peserta kelasmu semakin bersemangat!

4. Latihan bicara sebelum presentasi

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seruilustrasi latihan presentasi (pexels.com/ThisIsEngineering)

Selain mempersiapkan slide presentasi dan acaranya, tentu saja kamu harus mempersiapkan diri juga. Pastikan ketika tampil di kelas kamu terlihat antusias, bugar, dan segar. Kalau pematerinya loyo, pesertanya bisa saja terpengaruh, lho dan malah malas ikut kelas. Kamu juga perlu menjaga intonasi suara. Harus yang bersemangat, tapi gak terlalu berisik.

Maka dari itu, sebelum hari H kelas berlangsung, sebaiknya kamu berlatih bicara terlebih dahulu. Hal ini penting, selain untuk mengetahui bagaimana semestinya nanti bicara di kelas, kamu juga bisa memperkirakan durasi waktu ketika materi disampaikan. Percayalah, practice makes perfect!

5. Pastikan internetmu stabil biar lancar saat kelas berlangsung

5 Hal Penting dalam Mempersiapkan Presentasi Kelas Online yang Seruilustrasi bekerja di rumah (pexels.com/Anthony Shkraba)

Hal yang bikin jengkel saat beraktivitas secara online adalah labilnya koneksi internet. Gak jarang, ya tiba-tiba koneksi terputus saat asyik-asyiknya melakukan panggilan video sama teman-teman? Apalagi kalau kejadiannya berkali-kali, malah akhirnya jadi malas melanjutkan panggilan video.

Begitu pula di kelas online, jangan sampai koneksi internetmu terputus di tengah menyampaikan materi. Wah, bisa-bisa pesertanya nanti kabur gara-gara pematerinya menghilang tiba-tiba. Kelasnya jadi gak seru, deh! Makanya, sebelum kelas berlangsung, kamu harus memastikan jaringan internetmu aman, ya. Tentu kelancaran kelas online akan bikin kamu turut bersemangat.

Sebenarnya mempersiapkan kelas online jauh lebih sederhana daripada offline. Namun, tetap saja perlu ada strategi yang berbeda supaya suasana kelas menjadi menyenangkan. Semoga tips di atas bisa sedikit membantumu, ya!

Baca Juga: Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Online

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya