Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar Beasiswa

Makanya gagal, ya gak heran…

Siapa, nih yang kemarin gagal lolos beasiswa? Padahal udah dapat kampus, tapi sayang banget beasiswanya belum dapat. Atau mungkin di antara kamu juga sudah mencoba banyak beasiswa — meski belum dapat kampus — namun gagal semua.

Nah, coba deh introspeksi dulu. Mendaftar beasiswa itu gak semudah daftarin diri buat bikin akun email. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan semua juga perlu strategi biar berhasil mendapatkannya. Di antaranya 5 kesalahan berikut kerap dilakukan saat mendaftar beasiswa sehingga bikin gagal mendapatkannya. Jangan lakukan, ya!

1. Minim cari informasi mengenai detail beasiswanya

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar BeasiswaUnsplash/Mikayla Mallek

Beasiswa itu ada banyak banget di dunia ini dan masing-masing tentunya punya persyaratan tersendiri. Makanya, kamu gak semestinya menyamaratakan ketentuan beasiswa yang akan dituju. Contohnya, ada beasiswa yang syaratnya harus sudah pernah bekerja selama dua tahun, sedangkan beasiswa lainnya mensyaratkan harus sudah pernah mengabdi kepada negara dalam hal apa pun.

Selain itu, ada beberapa kontrak yang harus disepakati di awal jika nantinya kamu mendapatkan beasiswa tersebut. Maka, jangan terburu-buru mendaftar. Kenali dulu informasinya, kenali karakter beasiswanya, bagaimana seleksinya sehingga kamu bisa menyesuaikan setiap langkahnya.

2. Meski udah siap mendaftar beasiswa, ternyata lupa mencari informasi tempat kuliahnya

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar BeasiswaUnsplash/Bonnie Kittle

Nah, ini nih yang kerap dilakukan sama pemburu beasiswa pemula. Memang, sih pertanyaan yang sering terlontar dalam hal ini adalah “mending daftar beasiswa dulu atau cari kampus dulu?”. Hmm, sebenarnya sebaiknya kamu sudah siap dengan dua hal tersebut sebelum daftar beasiswanya.

Tapi, alangkah lebih baik lagi kalau kamu udah tahu kampus mana yang mau dituju. Gak harus udah punya letters of acceptance (LoA), setidaknya kamu udah punya tujuan gitu, lho. Jadi pas diwawancara beasiswa, jawabanmu gak mengawang-awang sehingga bisa cukup meyakinkan penyeleksi.

Pastikan kamu juga sudah mempersiapkannya detail, ya mulai dari negara mana, kampus apa, jurusan apa, kalau perlu kenali juga kajian-kajian yang dipelajari di jurusan tersebut. Semakin detail kamu punya tujuan kampus, peluangmu dapat beasiswa semakin terbuka.

Baca Juga: 7 Beasiswa yang Sering Dipilih untuk Lanjutkan Kuliah ke Luar Negeri 

3. Persiapan dokumen persyaratan terlalu mepet

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar BeasiswaUnsplash/Helloquence

Percayalah, ada banyak sekali dokumen yang harus kamu siapkan untuk memenuhi syarat administrasi pendaftaran beasiswa. Mungkin kalau dibaca dan dibikin check list kayaknya gak terlalu banyak, tapi saat mengumpulkannya kamu akan merasakan betapa ribetnya mengurus semua dokumen itu.

Beberapa dokumen yang butuh waktu lama diurus biasanya dokumen sertifikat bahasa asing, surat kesehatan, dan surat rekomendasi. Belum lagi dengan biaya pengurusan dokumennya, kemudian memindainya, lalu mengunggahnya ke website beasiswa. Semua itu butuh waktu yang gak sebentar, lho!

Makanya, kamu harus persiapkan semuanya jauh-jauh hari. Kalau perlu dicicil setahun sebelumnya biar gak panik saat mendaftar nanti!

4. Menyepelekan belajar bahasa Inggris atau asing untuk syarat beasiswa

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar BeasiswaUnsplash/Alex Samuels

Dari keseluruhan persyaratan, kayaknya memang syarat yang satu ini yang paling sulit ditaklukkan. Gak mudah, lho ternyata mencapai skor IELTS 7,0! Nah, makanya kamu gak boleh menyepelekan perlunya belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing yang disyaratkan.

Dan, ya namanya belajar demi mencapai skor tinggi, tentu gak mungkin terwujud tanpa usaha yang keras. Jauh sebelum targetmu mendaftar beasiswa, sudah semestinya kamu belajar bahasa asing yang disyaratkan tersebut. Setidaknya kamu sudah menguasainya 50 persen. Kalau belum, ya mau gak mau sebaiknya pendaftaran beasiswamu diundur dulu.

5. Gak punya tujuan jelas mengapa mau melanjutkan sekolah dan berhak dapat beasiswa tersebut

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mendaftar BeasiswaUnsplash/Cole Keister

Wah, ini paling fatal, sih. Jangan sampai kamu melakukan hal yang ini karena pada akhirnya percuma juga mendaftar beasiswa. Pastikan kamu udah punya tujuan jelas dulu kenapa mau melanjutkan sekolah dan membutuhkan beasiswa tersebut. Jangan cuma berkedok “butuh bantuan uang kuliah”, tapi kamu gak punya motivasi lain untuk melanjutkan studi.

Ingat, beasiswa dan kuliah tinggi itu gak cuma buat orang-orang pintar. Justru orang pintar itu ada karena mereka mau belajar. Jadi, kamu gak boleh minder duluan saat mendaftar beasiswa karena merasa gak sepintar yang lain. Jadikan itu sebagai motivasimu untuk melanjutkan kuliah.

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat mendaftar beasiswa. Jangan sampai terjadi padamu, ayo persiapkan semua dengan baik jauh-jauh hari. Usaha gak akan mengkhianati hasil, kok. Semangat, ya!

Baca Juga: Mau Diterima Beasiswa? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Punya!  

Gendhis Photo Community Writer Gendhis

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You