Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!

Mahasiswa baru harus coba, nih!

Tak hanya soal mata kuliah dan tugas-tugas, memasuki dunia perkuliahan yang sama sekali baru pasti juga membuatmu sedikit khawatir akan pergaulan di dalamnya. Bagaimana jika tidak bisa menyesuaikan diri dengan teman-teman baru di kampus nanti, menjadi salah satu pertanyaan yang muncul di benak sebelum memulai masa perkuliahan. Buang jauh-jauh pemikiran itu karena berikut ini, ada trik yang bisa kamu coba agar kamu gak jadi mahasiswa yang pasif di awal perkuliahan, dan pada akhirnya bisa menambah teman baru. 

1. Jangan lewatkan masa orientasimu!

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!pixbay.com

Masa pengenalan kampus menjadi langkah awal kamu untuk bisa lebih mengenal kehidupan kampus. Kamu juga bisa memanfaatkan acara pengenalan kampus ini untuk menambah teman-teman baru. Di saat-saat seperti ini, cobalah lebih aktif untuk berkenalan dengan siapa saja. Jangan takut untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa mereka adalah orang-orang yang seumuran denganmu dan mereka akan menjadi orang yang menemani masa-masa kuliahmu. Karena sebenarnya, itulah tujuan utama dari adanya masa orientasi, membuat kamu bisa berkenalan satu sama lain dan mendapatkan teman sebanyak-sebanyaknya. 

2. Kunci utamanya adalah selalu bersikap ramah

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!pexels.com

Ini nih hal yang paling penting! Cobalah untuk selalu bersikap ramah terhadap semua orang. Jangan pernah pasang muka jutek! Mulailah dengan tersenyum saat bertemu dengan orang-orang baru. Saat berbicara pun, usahakan kamu memiiki nada ketertarikan terhadap topik pembicaraan. Kalau kamu sudah bersikap ramah di awal, dijamin deh orang-orang akan nyaman bila berada di dekatmu.

Baca Juga: 7 Pemikiran Keliru tentang Kuliah S2, Yuk Jangan Ragu Sekolah Lagi!

3. Lebih proaktif, bisa membuat kamu diingat oleh orang

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!pexels.com

Jangan takut dan merasa malu untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu, ya! Karena jika kamu tidak proaktif, kamu akan sulit untuk menjalin pertemanan. Cobalah untuk mengobrol dengan teman sekelasmu dan mulailah dengan topik pembahasan yang ringan, seperti seputar tugas atau mungkin bisa berbicara tentang hobi. Walaupun terasa kurang nyaman, itu adalah salah satu langkah awal untukmu agar bisa mengenal orang-orang yang mungkin bisa menjadi temanmu selama di bangku perkuliahan dan bisa jadi kesempatan buat kamu diingat oleh orang-orang.

4. Jangan jadi kupu-kupu! Ikut organisasi bisa memperluas koneksimu, lho

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!pixabay.com

Di awal perkuliahan, jangan sampai kamu jadi mahasiswa kupu-kupu, ya! Cobalah untuk ikut organisasi yang ada di kampusmu. Kamu bisa pilih jenis organisasi yang sesuai dengan minat kamu. Mengikuti organisasi bisa menjadi salah satu cara supaya kamu lebih aktif. Selain menambah koneksi atau teman-teman dari berbagai jurusan dan dari berbagai angkatan, ikut organisasi juga dapat melatih soft skills yang kelak berguna untuk masa depan. Gak rugi deh kalau kamu gabung ke organisasi kampus!

5. Jadilah dirimu apa adanya!

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menambah Teman di Awal Perkuliahan!pexels.com

Hal terpenting adalah jadilah dirimu sendiri. Jalinlah hubungan pertemanan dengan siapa saja dan jangan seolah-olah kamu memakai topeng. Di depan kamu bersikap baik, tapi di belakang malah sebaliknya. Jangan sampai, ya! Percaya deh kalau kamu jadi dirimu sendiri, orang-orang akan menerima kamu apa adanya. Kamu tidak harus membuat semua orang suka denganmu dan mengikuti keinginan mereka dengan mengubah kepribadianmu. Be yourself!

Baca Juga: 5 Hal Ini yang Pasti Selalu Diingat Para Pejuang Skripsi, Memorable!

Jadi intinya, buat kamu mahasiswa baru jangan sampai menjadi mahasiswa kupu-kupu, ya. Beranikan diri kamu untuk mengenal orang lain dengan mengikuti hal-hal di atas, agar kehidupan perkuliahanmu lebih berwarna. Selamat mencoba!

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Elfida

Just For You