Comscore Tracker

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib Catat

Terus semangat para penggerak pendidikan!

Sebagai seorang guru sudah seharusnya kita terus membenahi diri untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar. Tujuannya tak lain agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan, lalu apa yang mau disampaikan guru dapat diterima siswa dengan baik.

Berikut ini merupakan tujuh tips yang dirangkum khusus untuk kamu guru muda atau pendidik yang masih pemula dalam dunia pendidikan.

1. Kuasai materi yang akan diajarkan dengan baik

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi guru mengajar(pixabay.com/steveriot1)

Menguasai materi yang akan diajarkan merupakan hal paling penting dalam persiapan mengajar. Terlalu sering melihat buku atau catatan saat menjelaskan di depan kelas akan menghambat keefektifan guru dalam mengajar. Untuk itu guru perlu melatih kemampuannya dalam mengajar, khususnya untuk guru yang masih pemula.

2. Siapkan media dan metode pembelajaran yang membuat suasana kelas menjadi hidup

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi media pembelajaran(unsplash.com/Adam Winger)

Pemilihan media dan metode pembelajaran yang tepat merupakan poin yang tidak kalah penting dalam meningkatkan keefektifan dalam mengajar. Media pembelajaran yang tepat akan membuat suasana belajar menjadi hidup, karena siswa akan merasa dilibatkan dalam proses pembelajaran.

3. Buatlah kontrak belajar

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi diskusi kontrak belajar (unsplash.com/NeONBRAN)

Kontrak belajar sebaiknya didiskusikan dengan siswa di awal pertemuan. Kontrak belajar biasanya, berisikan tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan belajar mengajar. Jelaskan punishment yang akan didapat siswa jika melanggar kontrak belajar, lalu reward yang akan diberikan guru jika siswa melaksanakan kontrak  belajar dengan baik.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan oleh Kamu yang Ngaku Sebagai Guru Muda

4. Berikan apresiasi kepada siswa yang aktif

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi siswa belajar secara mandiri(pixabay.com/Victoria_Borodinova)

Apresiasi atau reward yang diberikan guru terhadap siswa bisa dalam bentuk pujian, hadiah, ataupun tambahan nilai. Hal ini akan membuat siswa merasa dihargai kerja kerasnya. Selain itu apresiasi yang diberikan guru akan menginspirasi siswa lain untuk ikut berpartisipasi aktif di kelas.

5. Berikan dorongan atau semangat kepada siswa yang pasif

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi siswa pasif(pixabay.com/ken19991210)

Jika media dan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar sudah baik, namun masih ada siswa yang cenderung pasif, berarti ada masalah internal dalam diri siswa tersebut. Upaya yang dapat dilakukan guru ialah memberikan semangat dan dorongan untuk memunculkan motivasi siswa dalam belajar.

6. Upayakan untuk selalu tersenyum

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi guru yang ramah(unsplash.com/ThisisEngineering RAEng)

Selain senyum adalah ibadah, senyum juga berdampak positif bagi orang di sekitarmu. Manfaat senyum tak hanya dirasakan oleh kamu sebagai guru, tetapi juga dapat dirasakan oleh siswa di dalam kelas. Tersenyum juga akan membuat kamu terkesan ramah dan bisa meningkatkan gairah siswa dalam belajar.

7. Jadilah guru yang ramah tapi tetap tegas dan berwibawa

7 Tips Efektif Mengajar di Kelas, Guru Muda Wajib CatatIlustrasi guru(pixabay.com/DiggityMarketing)

Walaupun harus memiliki sikap ramah, seorang guru juga wajib memiliki sisi tegas dan berwibawa. Sebagai seorang guru kamu harus memegang kendali atas kegiatan pembelajaran di kelas. Jika suasana belajar sudah mulai tidak kondusif, kamu harus mulai menampakkan sikap tegas agar kegiatan belajar mengajar bisa kembali kondusif.

Kamu bisa terapkan di sekolah tempatmu mengajar agar pembelajar di kelas lebih efektif dan menyenangkan.

Baca Juga: 4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Hani Fatinisa Photo Writer Hani Fatinisa

Culture enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya