Comscore Tracker

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumah

Bisa improve skill-mu meskipun di rumah saja

Beberapa pekan sejak mulai menerapkan physical distancing  di rumah, apakah kamu mulai bingung harus melakukan kegiatan apa lagi untuk mengisi waktu? Ini adalah saat yang tepat untuk memanfaatkan waktumu menjadi lebih produktif meskipun hanya di rumah.

Salah satunya adalah dengan menambah wawasan dan skill tentang berbagai bidang yang kamu minati. Kamu bisa upgrade wawasan dan skill baru dengan mengikuti kelas online gratis berikut ini. 

1. edX

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumahedx.org

Platform edukasi online yang diprakarsai oleh Harvard dan MIT ini sudah diikuti lebih dari 20 juta peserta belajar.Materi pembelajaran diberikan dalam bentuk video pendek yang dilengkapi dengan latihan-latihan interaktif yang memungkinkan kamu untuk langsung mempraktikkan materi yang sesudah dipelajari. 

Selain materi edukasi yang terpercaya, edX juga menawarkan sertifikat kelulusan gratis maupun yang berbayar. Untuk mendapatkannya, peserta harus berhasil menuntaskan program kelas yang telah diambil atau memenuhi syarat kredit yang ditetentukan.  

2. Khan Academy

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumahkhanacademy.org

Berdiri pada 2008, platform edukasi non-profit ini bertujuan menyediakan pendidikan gratis bagi semua orang. Khan Academy memiliki materi di bidang matematika, computer science, pemrograman, sejarah, scinece & engineering. Materinya disajikan dalam bentuk video interaktif dan latihan soal.

Bekerja sama dengan institusi terpercaya seperti MIT, NASA, The Museum of Modern Art, dan The California Academy of Sciences,  platform ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa, materi untuk anak-anak mulai dari TK juga tersedia. Hingga saat ini, semua kelas di Khan Academy bisa kamu ikuti secara gratis. 

Baca Juga: Ini Lho 6 Manfaat E-Learning di Masa-masa Work From Home

3. Udemy

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumahudemy.com

Udemy merupakan platform edukasi online sekaligus marketplace pengajaran yang saat ini memuat hingga ratusan ribu materi pembelajaran. Bidang materi yang diajarkan terdiri atas ilmu komputer, seni, hingga kesehatan. Jika kamu memang berminat untuk mendalami suatu bidang yang kamu sukai, kamu bisa mengikuti kelas berbayar.

Setelah menyelesaikan sebuah course dan memenuhi persyaratan, Udemy juga menawarkan certificate of completion yang bisa menjadi bukti atas skill yang kamu miliki.

4. Coursera

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumahfacebook/Coursera

Platform pendidikan online asal Amerika ini menawarkan berbagai kursus dan program seperti disiplin pengetahuan yang bisa ditemui di universitas. Program yang menawarkan sertifikat dan gelar dapat diikuti secara berbayar. Untuk program-program tersebut, Coursera bekerja sama dengan universitas dan perusahaan seperti Yale, University of Pennsylvania, Google, IBM, dan banyak lagi.

Sedangkan program yang bisa diikuti secara gratis, merupakan program yang hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pembelajarnya.

5. Stanford Online

5 Platform Belajar Online yang Bisa Kamu Ikuti Secara Gratis di Rumahstanford.edu

Platform edukasi keluaran dari Stanford University punya konten kursus gratis, program pendidikan global dan executive, program profesional sertifikat pascasarjana, gelar lanjutan, dan pembelajaran seumur hidup. Konten dari materi yang disajikan tidak perlu diragukan lagi, karena course merupakan berasal dari berbagai fakultas dan program dari Stanford Law School, Stanford Business School dan Stanford Medical School. 

Nah, sekarang giliranmu memilih. Kelima platform belajar online di atas mempunyai konten materi belajar gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan. Untuk menjadi produktif, modal awalnya hanyalah waktu dan kemauan. Meski di rumah saja, tidak ada halangan untuk mengembangkan diri, bukan?

Baca Juga: 5 Situs Kursus Online yang Patut Kamu Coba untuk Menambah Skill

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya