Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Dunia

#EdFunFact Sekolah kamu begini juga, nggak?

Tahukah kamu? Sejak tahun 2005, setiap tanggal 18 Oktober diperingati Hari Perpustakaan Sekolah Sedunia. Peringatan ini pernah diselenggarakan pada tahun 1999, kemudian diangkat kembali oleh Dr. Blanche Wools selaku Presiden IASL (International Association of School Libraries).

Bicara tentang Hari Perpustakaan Sekolah Sedunia, tentu nggak lengkap kalau belum menjelajahi perpustakaan-perpustakaan sekolah dari berbagai dunia. Banyak lho yang punya desain menarik, inspiratif, dan pasti bikin betah berlama-lama di sana. Nggak percaya? Coba tengok 6 perpustakaan sekolah terkeren di dunia berikut ini. Selamat mengambil inspirasi!

1. Potter Library, All Hallows' School (Brisbane)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniafultontrotter.com.au

Perpustakaan satu ini dirancang bukan hanya sebagai tempat bertukar informasi, melainkan juga area bersosialisasi. Para siswa, yang semuanya perempuan, bisa menghabiskan waktu di sini ketika jam istirahat atau setelah pulang sekolah. Tempatnya nyaman, luas, dan interiornya kekinian.

Yang lebih seru, pihak sekolah kerap menyelenggarakan nobar film di malam hari, workshop pengembangan diri, serta kegiatan Bookclub.

2. Cordwalles Junior School (Inggris)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniapinterest/L'aménagement des milieux documentaires

Indoor rasa outdoor. Kira-kira begitulah kesan saat kita masuk ke perpustakaan di Cordwalles Junior School. Rak buku, kursi, hingga wallpaper di dinding diberikan sentuhan nuansa alam menawan. Karpet berlumut yang tertutup karpet juga tampak fantastis.

3. Library Bus, Rosendale Primary School (Inggris)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniatheguardian.com

Mau mencoba sensasi membaca buku di dalam bus tingkat ala Inggris yang terkenal? Di sini tempatnya. Rosandale School berhasil menghadirkan Library Bus yang membuat membaca jadi lebih menyenangkan. Perpustakaan ini bahkan diletakkan di halaman sekolah, memberi kesempatan pada orang tua dan anak untuk membangun keakraban lebih erat melalui aktivitias membaca buku bersama.

Tidak heran, perpustakaan ini pernah dinobatkan sebagai Library Bus terbaik pada SLA (School Library Association) Library Design Award 2011 silam. Where reading is fun, begitu slogannya.

Baca Juga: Sekolah Hingga Perpustakaan, 6 Idol KPop Ini Dapat Kado Amal dari Fansnya

4. The Stephen Perse Foundation Junior School (Cambridge)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniaindependentschoolparent.com

Chadwick Dryer Clarke, arsitek ternama di Inggris, sukses menyulap perpustakaan di The Stephen Perse Foundation Junior School. Interiornya tampak megah dengan balutan desain kontemporer. Dinding dan atapnya didominasi warna putih, sedangkan aksesoris ruangan diberikan warna cerah yang kontras demi menstimulasi pikiran para murid.

Terlebih, perpustakaan ini memiliki banyak area kosong, dengan harapan para murid bebas mempraktikkan apa yang baru saja mereka pelajari. Storytelling di beberapa bagian tembok turut mencairkan suasana.

5. Locke JetSpace, Locke High School (Los Angeles)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniablog.greendot.org

Perpustakaan bergaya minimalis, tapi tetap elegan. Kursinya berwarna-warni dan diletakkan sedemikian rupa seperti sembarang ditaruh. Justru desain semacam itu membuat Locke JetSpace terasa lebih cozy untuk membaca dan berkumpul bersama teman. Di tengah ruangan terdapat rak buku heksagonal yang juga dapat dijadikan tempat duduk atau tempat bekerja.

Locke JetSpace didesain oleh No Right Brain Left Behind, sebuah agensi kreatif yang fokus pada bidang pendidikan. Di dalamnya dilengkapi perlengkapan audio dan visual yang membuat siswa lebih mudah belajar, teknologi mobile seperti iPad, dan masih banyak lagi.

6. The Duston School (Inggris)

Intip Yuk! Ini Lho 6 Perpustakaan Sekolah Terkeren di Duniahomeizy.com

Perpustakaan di The Duston School, Northampton, mengadaptasi desainnya agar bisa dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar dan aktivitas lainnya. Terdapat pula beberapa panel bagi siswa-siswa yang membutuhkan privasi lebih, terutama belajar khusus menjelang ujian.

Uniknya, dinding perpustakaan dihiasi mural yang membuat suasana lebih menyenangkan. Mural tersebut dibuat oleh Ashley Elliott, alumni dari The Duston School. Gambar yang terpampang melukiskan cakrawala kota London, tepat saat berlangsungnya Olimpiade London 2012.

Baca Juga: Tanoto Foundation Kembangkan 31 Perpustakaan di Tiga Provinsi

Hary Setiawan Photo Community Writer Hary Setiawan

Nulis Suka-Suka

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You